Sukses

5 Fakta Unik Tentang Bollywood, Pollywood, dan Tollywood yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Perfilman luar negeri tentunya selalu membuat masyarakat Indonesia terkesima dan jatuh cinta. Salah satunya adalah film India. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang mencintai film Asia satu ini. India merupakan negara yang paling banyak membuat film di dunia.

Kata Bollywood tentunya sudah tidak asing dalam dunia perfilman. Istilah Bollywood biasanya merujuk pada industri perfilman di India. Namun, Bollywood bukan salah satu industri film di India. India memiliki ragam industri film yang salah satunya adalah Pollywood dan Tollywood.

Bollywood sendiri adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Film India memang merupakan salah satu film yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Selain itu, film yang identik dengan kisah cinta dramatis namun menggemaskan ini juga selalu menyajikan musikal dalam film.

Kesuksesan Bollywood dalam industri perfilman dunia tentu merupakan suatu hal yang luar biasa. Perfilman India juga sudah banyak menyabet piala bergengsi. Namun, tidak banyak masyarakat yang mengetahui jika India memiliki produsen film lainnya selain Bollywood. Dilansir dari Brain Berries pada Jumat (1/5/2020) ini fakta yang tidak biasa tentang Bollywood, Pollywood, dan Tollywood.

2 dari 6 halaman

1. India Membuat Film Lebih Banyak daripada Amerika Serikat

Dilansir dari Brain Berries, India membuat film terbanyak dalam setahun. Jika dibandingkan dengan Hollywood, ketika Hollywood memproduksi maksimal 700 film per tahun, India menghasilkan sekitar 2000 film.

Meski memproduksi film banyak, namun anggaran dan harga tiket mereka lebih kecil. Oleh karena itu, box office hanya mampu menghasilkan sekitar 2 miliar dibandingkan dengan 10 miliar Hollywood.

3 dari 6 halaman

2. Film Bollywood Dapatkan Lebih Banyak Penghargaan

Seseorang tentu berpikir jika film Hollywood lebih banyak mendapatkan penghargaan dibandingkan film India. Namun, film-film Bollywood jauh leboh terkenal dan lebih banyak memenangkan penghargaan.

Film Titanic mendapatkan 10 Oscar dan The Lord of the Rings: The Return of the King memenangkan jumlah rekor 11. Tapi itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan "Kaho Naa ... Pyaar Hai" Bollywood. Film itu memenangkan 92 penghargaan dalam berbagai upacara dan berkat buku rekor Guinness.

4 dari 6 halaman

3. Bintang Bollywood Berasal Dari Prancis

Kalki Koechlin adalah seorang aktris Bollywood yang sangat terkenal di dunia hiburan India. Dia telah mendapat  banyak penghargaan. Salah satunya penghargaan film nasional yang merupakan penghargaan film paling bergengsi di India.

Namun, hal yang menarik adalah bahwa dia bukan orang India. Kalki Koechlin adalah orang Prancis. Orangtuanya berasal dari Prancis, tetapi dia dilahirkan di India. Kalki awalnya ditolak untuk peran yang membuatnya terkenal karena dia tidak mencari peran.

5 dari 6 halaman

4. Seorang Bintang Bollywood Memerankan Tokoh Ibu Saat Berusia 13 Tahun

Sridevi adalah legenda Bollywood. Dia memulai karirnya sebagai aktor cilik, tetapi pada usia 13, dia ditawari peran sebagai mahasiswa dan ibu tiri. Sridevi melakukan hal tersebut dengan baik sehingga aat ini ia menjadi seorang bintang yang dikenal. Berbeda halnya dengan film Hollywood, dimana seseorang yang berusia 30 tahun namun memerankan sosok remaja dalam sebuah film.

6 dari 6 halaman

5. Bintang Tollywood Memegang Rekaman Untuk Kredit Layar

Brahmanandam Kanneganti tetapi dia adalah bintang Tollywood yang memegang rekor untuk sebagian besar kredit layar. Brahmanandam Kanneganti telah muncul di lebih dari seribu film. Selain itu, film Tollywood terkenal karena suatu alasan yang salah.

Film Rudhramadevi seharusnya besar dan mengesankan karena menceritakan kisah salah satu dari sedikit penguasa wanita di negara itu dan karena mereka mendapatkan sejumlah perhiasan emas senilai $ 700.000 untuk dikenakan oleh aktris dalam film tersebut. Namun terdapat alasan lain yakni bahwa ada kisah pencurian besar-besaran ketika di set.