Sukses

6 Manfaat Kunir Putih yang Baik bagi Tubuh, Obat Alergi Alami

Manfaat kunir putih bagi tubuh ternyata sangat banyak, salah satunya sebagai obat alergi alami.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunir putih memang lebih jarang untuk ditemukan jika dibandingkan dengan berbagai manfaat dari kunir kuning. Padahal, manfaat kunir putih juga sangat berperan penting bagi terjaganya dan meningkatnya kualitas kesehatan tubuh.

Manfaat kunir putih atau jenis tumbuhan yang memiliki nama lain Curcuma zedoaria ini sering dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Kunir putih sendiri adalah jenis tanaman obat yang cukup banyak tumbuh di daerah Asia seperti Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, Thailand, India, dan tentunya Indonesia. Namun, saat ini kunir putih juga telah banyak dibudidayakan oleh orang-orang Eropa dan Amerika.

Oleh masyarakat Indonesia, biasanya manfaat kunir putih diambil dengan cara mengolah kunir putih menjadi bubuk. Kunir putih bubuk tersebut diolah menjadi bumbu yang di tambahkan pada masakan. Ternyata manfaat kunir putih yang dimasukkan pada masakan tersebut dapat memberi tambahan kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Selain itu, apa saja manfaat kunir putih yang bisa kita dapatkan? Berikut Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai manfaat kunir putih yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dengan takaran yang pas secara rutin, Sabtu (2/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sebagai obat alergi alami

Manfaat kunir putih yang pertama yaitu sebagai obat alergi alami. Kunir putih memiliki kandungan yaitu curcuminoids. Kandungan curcuminoids yang terkandung dalam kunir putih tersebut dapat bermanfaat sebagai obat alergi yang memang sudah terbukti mampu untuk mengatasi gejala alergi pada kulit. Manfaat kunir putih sebagai obat alergi tersebut dapat bekerja layaknya antihistamin.

Antihistamin tersebut berfungsi dalam menghambat aktivitas protein yang menjadi penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, dimana histamine tersebut merupakan zat kimia yang akan memicu reaksi alergi pada tubuh.

3 dari 7 halaman

2. Mencegah jamur dan mikroba

Selain mampu menjadi obat alergi alami, manfaat kunir putih lainnya bagi kesehatan yaitu membantu dalam pencegahan mikroba dan jamur. Pengolahan kunir putih yang benar, maka manfaat kunir putih tersebut juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sepsis, dan keracunan makanan.

Manfaat kunir putih yang dapat menjadi pencegah jamur tersebut, kunir putih dapat Anda jadikan sebagai obat untuk berkumur. Berkumur dengan kunir putih sangat ampuh mengurangi bakteri yang menyebabkan risiko penyakit pada mulut dan gigi.

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi nyeri sendi dan peradangan

Kunir putih ternyata memiliki sifat diuretik yang dapat membantu proses keluarnya zat beracun yang berbahaya dari tubuh. Beberapa zat beracun tersebut juga menjadi salah satu sebab yang menimbulkan nyeri pada sendi.

Selain itu, apabila kunir putih dikonsumsi dengan dosis yang tepat maka sangat mungkin untuk mengurangi suhu pada tubuh ketika mengalami demam. Karena kunir putih akan mematikan mikroba infeksius dan dapat meningkatkan produksi keringat tubuh.

Kunir putih juga memiliki kandungan anti-inflamasi. Kandungan ini bermanfaat dalam membantu pengobatan jika ada peradangan atau luka yang ada pada lapisan kulit di seluruh tubuh.

5 dari 7 halaman

4. Obat sakit maag

Jika Anda memiliki penyakit pada lambung, dan biasanya mengonsumsi obat kimia untuk mengatasi maag tersebut, maka Anda perlu untuk mencoba obat maag alami dari kunir putih. Karena, di dalam kunir putih terdapat banyak kandungan senyawa alami yang sangat baik bagi tubuh untuk mengatasi penyakit maag, seperti minyak atsin, gula, saponin, flavonoida, damar, protein toksin, amilium, tinanin, kurkumin, dan masih banyak lagi kandungannya.

Mengonsumsi kunir putih secara rutin, maka akan sangat membantu Anda yang menderita penyakit maag dalam meredakan penyakit maag tersebut. Karena, kunir putih tersebut akan bekerja untuk mengurangi keasaman pada cairan lambung penyebab sakit maag.

6 dari 7 halaman

5. Pencegah kanker

Tanaman kunir putih telah banyak diyakini sebagai tanaman yang akan membantu proses penyembuhan penyakit kanker. Pasalnya kunir putih memiliki beberapa kandungan senyawa pada seperti kurkuminoid, flavonoid, ethyl pmethocyvinnatate, bisdemothxycurcumin, dan demothxycurcumin.

Selain itu, kunir putih juga memiliki zat yang bernama Ribosom Inacting Protein. Senyawa tersebut merupakan jenis senyawa yang mampu mencegah, menonaktifkan, merontokkan, hingga memblokir adanya sel kanker di dalam tubuh. Uniknya, kemampuan zat tersebut tanpa harus merusak berbagai sel yang ada di sekitarnya.

Namun memang, tingkat keefektifan dari kunir putih tersebut dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

7 dari 7 halaman

6. Mencerahkan kulit wajah

Salah satu manfaat kunir putih lainnya yaitu dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah. Jadi, apabila kulit wajah Anda sedang terasa kusam, Anda bisa mencoba menggunakan kunir putih sebagai masker untuk membantu mencerahkannya.

Hal tersebut merupakan efek dari adanya kandungan nutrisi dan vitamin serta pati pada kunir putih. Kandungan itulah yang akhirnya membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Namun, tidak langsung begitu saja efek pencerahannya akan terlihat. Anda harus menggunakan masker kunir putih tersebut dengan rutin tentunya.

Nah, cukup beragam bukan manfaat kunir putih tersebut bagi tubuh kita. Selamat mencoba ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini