Sukses

5 Resep Olahan Buah Naga Merah Cocok untuk Buka Puasa, Segar dan Menyehatkan

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan suci Ramadan, tentu rasanya tak komplit jika tak berbuka dengan menyajikan olahan es yang segar dan manis. Maka tak heran jika olahan es selalu hadir dan laris manis di pasar Ramadan.

Akibat adanya imbauan untuk tetap di rumah, maka sebaiknya anda membuat sendiri olahan es tersebut. Hal ini dikarenakan dengan menyajikan es bisa meredakan dahaga selama berpuasa satu hari penuh. 

Ada berbagai macam jenis olahan es yang bisa di buat di rumah, anda tidak perlu khawatir karena bahannya murah dan mudah didapatkan. Di antaranya adalah buah naga.

Oalahan dari buah naga bisa jadi pilihan anda untuk buka puasa. Berikut ini merupakan 5 resep olahan es buah naga merah yang mudah dibuat dan cocok untuk buka puasa. Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (3/5/2020).

 

2 dari 6 halaman

1. Smoothies bowl buah naga mix berry

Sedang menerapkan diet? Atau ingin buka puasa dengan menu yang enak dan menyegarkan? Maka smoothies bowl berbahan dasar buah naga bisa jadi pilihan terbaik anda. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di supermarket atau pasar, anda bisa membuat smoothies bowl yang super enak. Berikut resep dan cara membuatnya:

2 buah pisang cavendish

1/2 buah naga

3 buah strawberry

5 buah berry

2 buah raspberry

3 sendok madu, atau sesuai selerah

secukupnya Air

Cara membuat:

1. Pertama cuci bersih semua buah yang sudah disiapkan. Kemudian potong-potong buah tersebut hingga kecil. Masukkan ke dalam mangkok dan bekukan di freezer.

2. Setelah beku, masukkan semua buah ke dalam blender bersama dengan madu dan air hingga halus. Lebih nikmat jika ditambah dengan yougurt, namun opsional.

3. Setelah halus, tuang pada wadah atau mangkuk, hias dengan potongan buah berry, buah naga, dan raspberry. Jika ingin tampilan lebih menarik, anda bisa menambahkan biji selasih dan coconut flakes. 

3 dari 6 halaman

2. Jus buah naga

Selama berpuasa, tentunya dahaga sangat terasa. Maka dari itu, jika anda memiliki buah naga di rumah dan tidak mau ribet. Anda bisa membuat jus dari buah naga. Hanya membutuhkan gula, madu, air saja dan siapkan blender. Mudah bukan? Berikut merupakan resep dan cara membuatnya:

1 buah naga merah

gula pasir secukupnya (cairkan)

3 sdm madu

200 ml air

Cara membuat:

1. Pertama-tama, anda cairkan gula pasir dengan air hangat terlebih dahulu.

2. Kemudian potong dan cuci bersih buah naga. Setelahnya, siapkan blender.

3. Masukkan buah naga, gula yang sudah di cairkan, dan madu beserta air yang sudah disiapkan.

4. Blender bersama semua bahan-bahannya hingga terlihat sudah halus.

5. Tuangkan jus tersebut ke dalam gelas dan sudah siap disajikan. Jus ini bisa jadi menu yang sangat sehat dan anti ribet untuk buka puasa.

4 dari 6 halaman

3. Es krim berbahan dasar buah naga

Setelah seharian berpuasa. Maka menyajikan es krim untuk buka puasa bisa jadi pilihan yang tepat. Daripada harus beli di luar, maka anda bisa membuat resep di bawah ini untuk keluarga anda di rumah. Tenang saja, bahan-bahan yang diperlukan pun tidak mahal dan mudah dicari. Berikut resep dan cara membuatnya:

250 ml susu cair Ultra plain

200 gr buah naga merah

1-2 sachet susu kental manis campur di air setengah gelas

2 sdm tepung maizena4 sdm gula pasir

125 ml air matang

Ovalet secukupnya

Cara membuat:

1. Larutkan susu kental manis dan air hingga cair. Kemudian potong-potong buah naga dan di blender bersama dengan susu kental manis yang sudah dilarutkan. Kemudian saring untuk menyisihkan biji dan busa.

2. Lalu masak dengan api kecil, setelah sudah meletup-letup masukkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air. Kemudian aduk hingga rata lalu matikan api.

3. Dinginkan lebih dahulu di hingga suhu ruangan, lalu masukkan ke cetakan atau wadah yang akan digunakan.

4. Jika sudah dingin, masukkan ke dalam freezer selama 24 jam. 

5. Setelah beku campurkan dengan ovalet yang sudah di tim, lalu mixer sekitar 30 menit hingga mengembang.

6. Masukkan ke dalam wadah yang ada tutupnya. Setelah beku bisa disantap langsung atau ditambahkan cone atau roti.

5 dari 6 halaman

4. Agar-agar dari buah naga

Bosan dengan olahan buah naga yang itu-itu saja. Maka puding dari buah naga mungkin bisa cocok untuk menemani anda buka puasa. Cara membuatnya cukup mudah, seperti halnya puding biasa. Bahan-bahan yang diperlukan pun juga mudah dicari. Berikut resep dan cara membuatnya:

1 buah naga merah (haluskan)

8 sdm gula pasir

750 ml air

1 sachet agar

2 swalow

secukupnya Skm (susu kental manis)

Cara membuatnya:

1. Kupas satu buah naga merah, lalu sisihkan masukkan ke dalam mangkuk.

2. Siapkan bubuk agar-agar, gula, dan susu kental manis. Didihkan air di panci lalu masukkan bubuk agar-agar dan gula pasir. Gunakan api yang kecil dan aduk sampai rata. Masak hingga matang (muncul buih).

3. Haluskan buah naga, lalu masukkan ke dalam panci yang sudah matang, campurkan buah naga dengan susu kental manis. Aduk hingga rata dan dicicipi apakah sudah manis atau belum

4. Setelah matang, pindahkan dari panci ke wadah loyang agar-agar, diamkan di suhu ruangan lalu masukkan ke dalam kulkas. Tunggu hingga dingin dan mengeras.

5. Setelah dingin, keluarkan agar-agar dari loyang ke piring. Tinggal di potong dan siap disajikan untuk keluarga.

6 dari 6 halaman

5. Sup buah naga segar tanpa santan

Selama bulan Ramadhan, yang paling diminati adalah sup buah. Hal ini karena selama berpuasa sehari penuh, kita menahan dahaga dan ingin berbuka dengan sesuatu yang manis serta segar. Tentunya, buah naga bisa menjadi bahan dasar membuat sup buah yang sangat segar. Berikut merupakan resep olahan sup buah dari buah naga dan cara membuatnya:

Mangga 1 buah (pilih mangga aromanis yang masih mengkal, jangan terlalu matang)

Alpukat 1 buah

Storberi 1 pack

Melon 1/2 buah

Semangka 1/2 kilo gram

Selasih 5 gram, rendam hingga mekar

Nutrijel warna merah 1/2 bungkus

Kental manis putih secukupnya

Sedikit sirup cocopandan

Es batu secukupnya

Air es 500 mili liter

Gula pasir 200 gram

Air 100 mili liter

Cara membuat:

1. Pertama masak nutrijell terebih dahulu sesuai dengan saran pembuatan di kemasan. Namun tanpa gula pasir karena akan membuat sup buah terlalu manis.

2. ika sudah, tuang jelly ke dalam loyang atau cetakan puding. Dinginkan hingga mengeras.

3. Setelahnya potong-potong dadu atau sesuai selera anda. Lalu buat sirup gula yang terdiri dari Gula pasir 200 gram dan air 100 mili liter, dinginkan.

4. Potong-potong dan cuci bersih buah yang sudah disiapkan. Lalu masukkan ke dalam baskom atau mangkok.

5. Tambahkan selasih dan potongan jelly sesuai selera. Kemudian masukkan sirup gula dan sirup cocopandan. Jangan lupa untuk tes rasa.

6. Setelahnya bagikan ke gelas atau mangkok saji sesuai selera, tambahkan es batu secukupnya. Es buah siap dihidangkan sebagai menu buka puasa.