Sukses

8 Macam-Macam Windows 10, Serta Ketahui Versinya

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui macam-macam Windows 10 memang tidak terlalu berpengaruh terhadap pekerjaanmu menggunakan perangkat Windows saat ini. Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan sistem antarmuka pengguna grafis. Sistem ini sudah berevolusi sangat jauh hingga terbentuk Windows 10 yang ada saat ini.

Tetapi dengan mengetahui macam-macam Windows 10 sedikit banyak bisa membantu menggunakannya menjadi lebih maksimal. Windows 10 sendiri baru diperkenalkan pada bulan April 2014 lalu. Salah satu sistem operasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan antarmuka pengguna dari Windows 8, sehingga tampilan dari kedua sistem operasi ini memiliki banyak kemiripan.

Meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh seperti komputer meja dan laptop merupakan salah satu nilai lebih mengetahui macam-macam Windows 10. Windows 10 merupakan sistem operasi Windows NT yang memiliki sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista.

Berikut penjelasan mengenai macam-macam Windows 10 beserta versinya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/5/2020).

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Windows 10

Windows 10 Home

Windows 10 merupakan versi Windows yang paling sering digunakan. Dan untuk saat ini banyak sekali perangkat baru yang sudah menggunakan Windows ini yang dijual di pasaran. Hal ini disebabkan karena versi ini sangat cocok dipakai oleh konsumen secara umum. Fitur seperti cortana, virtual assistant, dan browser baru microsoft edge.

Continuum digunakan pada tampilan adaptasi saat menggunakan laptop 2 in 1. Sedangkan Windows Hello menjadi lebih mudah untuk masuk ke Windows bersamaan dengan face recognition, sidik jari, dan pengenalan biometrik lainnya. Aplikasi esensial semacam aplikasi photo, maps, mail, calender, music, dan vidio juga sudah tersedia. Sedangkan untuk game, Windows 10 Home sudah membawa suasana gaming dengan xbox.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Windows 10

Windows 10 Pro

Windows 10 Pro ini biasa digunakan oleh para profesional yang membutuhkan fitur khusus untuk menunjang pekerjaannya. Misalnya saja ketika membutuhkan aplikasi seperti software, adobe, autodesk, dan masih banyak lagi yang ada pada sistem operasi Windows 10 Pro. Apalagi jika pekerjaan profesional ini membutuhkan kolaborasi dengan banyak pekerja yang lain.

Pekerjaan juga menjadi lebih mudah terselesaikan dengan fitur-fitur yang sudah disediakan. Semua fitur Windows 10 Home sudah pasti ada pada  Windows 10 Pro ini. Saat membutuhkannya, tinggal upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro. Cara meng-upgrade-nya pun sangat mudah dilakukan. Langsung open microsoft store lalu cari Windows 10 Pro.

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Windows 10

Windows 10 Mobile

Windows ini merupakan sistem operasi khusus untuk smartphone dan tablet kecil. Sehingga tidak heran jika Windows 10 Mobile biasa ditemukan pada ponsel Lumia. Sebelumnya memang microsoft mempunyai Windows Mobile 7, kemudian diikuti dengan Windows Phone 8, dan terakhir muncul Windows 10 Mobile ini.Kelebihannya, ada fitur continiuum yang akan membuat smartphone dengan Windows 10 Mobile menjadi mini komputer saat dipasangkan pada monitor.

Windows 10 Enterprise

Jenis Windows 10 Enterprise lebih cocok digunakan bagi pekerja di perusahaan besar yang bonafide. Jadi tidak heran jika Windows 10 Enterprise hanya bisa didapatkan melalui Volume Licensing, atau harus membeli lisensi Windows secara partai yang banyak.

Kelebihan yang dimiliki Windows 10 Enterprise dibanding dengan versi lain adalah AppLocker yang memungkinkan admin membatasi beberapa aplikasi. Kemudian Direc Access yang memungkinkan pengguna mengakses dengan jaringan internal melalui VPN yang terkoneksi ketika terhubung pada jaringan internet.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Windows 10

Windows 10 IoT (Internet of Things)

Windows 10 IoT sengaja dibuat untuk perangkat dengan anggaran yang rendah. Namun masih bisa juga dipakai untuk perangkat berbasis Arduino, Raspeberry, dan sejenisnya. Windows 10 IoT terbagi menjadi 3 bagian, bergantung dari segi pemakainnya. Ada windows 10 IoT Core, windows 10 IoT Enterprise, dan windows 10 IoT Mobile Enterprise.

Windows 10 Education

Windows 10 Education ini memang jenis Windows 10 yang khusus didesain untuk sekolah. Sama halnya dengan Windows 10 Enterprise, pembelian lisensi Windows 10 Education juga harus secara partai atau dalam jumlah yang banyak.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Windows 10

Windows 10 Team

Windows 10 Team merupakan salah satu sistem operasi yang khusus dipakai pada perangkat surface hub. Surface hub ini merupakan komputer yang memiliki layar dengan resolusi yang cukup besar dengan ukuran sekitar 55 inch dan 84 inch. Dan surface hub hanya bisa dipakai untuk berkolaborasi saja.

Windows 10 Team ini memiliki keunggulan membuat pekerjaan yang dilakukan  bersama teman kantor menjadi lebih mudah dan nyaman. Tampilannya hanya sedikit berbeda dengan Windows 10 Home. Namun sayangnya sistem operasi dengan Windows Team tidak diperjualbelikan di Indonesia. Sehingga sedikit sulit untuk menemukannya.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Windows 10

Windows 10 Pro Workstations

Windows 10 Pro Workstations merupakan salah satu sistem operasi terbaik dari Windows 10. Windows 10 Pro Workstations ini memang sengaja ditujukan untuk pengguna dengan pemakaian intensif dan biasanya memakai prosesor khusus server. Misalnya saja seperti Intel Xeon, AMD Opteron, atau yang terbaru dari AMD yakni AMD Epyc.

Ditunjukan untuk pemakaian intensif karena Windows 10 Pro Workstations sangat mendukung komputer dengan spesifikasi seperti prosesor hingga 4 unit, 6 TB RAM, menggunakan ReFS File System (bukan NTFS), mendukung Non-Volatile Dual In-Line Memory Module (NVDIMM), dan Remote Direct Memory Access (RDMA).

Tentu versi Windows 10 Pro Workstations vrsi ini tidak ditujukan untuk orang sembarangan. Desainnya sengaja diperuntukkan untuk seorang video editor berat, developer game dengan kualitas tinggi, dan pekerjaan berat lainnya yang biasa memakai Windows 10 Pro Workstations.