Sukses

7 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar dan Penjelasannya, Bisa Dikelola dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta Jenis usaha modal kecil untung besar bisa kamu kelola dari rumah. Walaupun memiliki modal yang kecil dan hanya dikelola dari rumah saja, bukan berarti bisnis yang akan kamu jalani tidak akan mendapatkan untung besar. Bahkan, jika kamu tekun menjalaninya bisa saja usaha kecilmu menjadi besar. 

Dengan kehidupan yang dinamis, dibutuhkan ide usaha yang mampu bertahan lama dan bisa beradaptasi mengikuti berbagai perkembangan. Apalagi dengan ketersediaan internet yang sekarang sudah merambah tempat terpencil sekalipun, usaha kamu tentunya bisa cepat berkembang dengan kerja yang tekun dan disiplin.

Jenis usaha modal kecil untung besar terdiri dari berbagai macam usaha. Banyak orang yang ingin membuka usaha, namun bingung usaha seperti apa yang ingin dibuka. Apalagi dengan begitu banyaknya jenis usaha yang muncul saat ini. Tentunya berbagai peluang usaha yang memiliki keuntungan besar diincar banyak orang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/5/2020) tentang jenis usaha modal kecil untung besar

2 dari 8 halaman

Membuka Toko Online

Jenis usaha modal kecil untung besar yang yang pertama tentunya adalah membuka toko online. Ini merupakan peluang bisnis rumahan yang paling mudah dan tidak terlalu berat dikerjakan.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu hanya memerlukan smartphone dan melakukan promosi. Jika ada pesanan, kamu hanya perlu menghubungi supplier barang dan mereka akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pelanggan Kamu dengan menggunakan nama usaha Kamu. Jangan pernah sepelekan bisnis ini, walaupun simpel tetapi hasilnya menggiurkan.

3 dari 8 halaman

Aksesoris Handmade

Jika kamu punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan salah satu jenis usaha modal kecil untung besar yang mudah dan gampang. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini.

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang enggak akan segan untuk membayar mahal.

4 dari 8 halaman

Laundry

Bisnis seperti ini tentunya sangat banyak ditemukan di perumahan yang padat, terutama di kota besar. Usaha laundry saat ini merupakan peluang usaha yang sedang digemari saat ini, terutama di daerah perkotaan.

Hal ini dikarenakan mencuci pakaian kotor merupakan pekerjaan yang selalu dilakukan setiap hari. Namun saat ini banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Salah satu kunci sukses bisnis laundry adalah letak usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat. Setelah kamu memiliki tempat usaha yang strategis maka selanjutnya kamu harus mempersiapkan peralatan laundry yang berkualitas. Dengan memiliki alat laundry yang berkualitas maka hasil cuci kamu juga akan menjadi lebih baik.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan strategi pemasaran yang menarik dan unik. Kamu dapat menyebarkan selebaran di lingkungan sekitar tempat usaha kamu atau memberikan harga promosi yang menarik. Jenis usaha modal kecil untung besar satu ini tentu mudah sekali kamu lakukan dari rumah saja.

5 dari 8 halaman

Cuci Sepatu

Jenis usaha modal kecil untung besar ini tidaklah jauh berbeda dengan bisnis laundri. Bedanya, kamu hanya perlu mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta saja untuk membeli sikat sepatu, cairan pembersih sepatu, dan lainnya. Jika dalam satu hari kamu bisa mencuci 5 pasang sepatu dengan harga Rp 20.000 per pasang, maka dalam sebulan kamu bisa menghasilkan Rp 3 juta.

Bahkan, dalam 3 bulan kamu sudah bisa mempekerjakan satu karyawan untuk membantu kamu mencuci sepatu. Namun, kamu harus menentukan terlebih dahulu target konsumennya. Jangan sampai, bisnis kamu bangkrut karena pelanggan di lingkungan kamu memilih untuk mencuci sepatu sendiri.

6 dari 8 halaman

Cuci Motor dan Mobil

Jenis usaha modal kecil untung besar selanjutnya yang tak kalah menjanjikan dan menguntungkan saat ini adalah bisnis cuci mobil dan motor. Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar.

Usaha cuci mobil dan motor juga memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Walau terlihat sepele namun banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka secara rutin. Oleh sebab itu banyak pemilik kendaraan tersebut mencuci di tempat cuci mobil dan motor.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan bagi kamu. Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini kamu dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah kamu berada di tempat strategis maka kamu dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah.

7 dari 8 halaman

Camilan dan Minuman

Bisnis yang tidak akan pernah mati adalah bisnis makanan dan minuman, setiap orang pasti membutuhkan dua hal ini. Makanan ringan dan minuman segar pun bisa menjadi pilihan kamu untuk berbisnis. Jenis usaha modal kecil untung besar ini bisa dilakukan hanya dengan uang Rp 50 ribu - 100 ribu saja.

Caranya, dengan membeli makanan ringan di grosiran lalu dikemas sesuai dengan kreasi kamu. Selain itu, minuman segar seperti ice bubble atau jus juga bisa menjadi pilihan berbisnis. Kamu bisa memilih untuk membeli paket franchise atau membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di pasar dengan modal Rp 5 juta.

Jika per bungkus makanan ringan dijual dengan harga Rp 5.000, maka dalam sebulan kamu bisa langsung balik modal. Untuk minuman, jika dalam sehari kamu menjual 30 cup dengan harga Rp 6.000, maka dalam sebulan kamu bisa mengganti modal yang sudah dikeluarkan.

8 dari 8 halaman

Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Jenis usaha modal kecil untung besar dalam bidang kuliner atau makanan dan minuman yang juga bisa menjadi contoh adalah bisnis warung kopi. Warung kopi adalah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah kafe. Membukanya di malam hari karena anggaran dan tenaga yang terbatas, apalagi jika ini merupakan usaha sampingan, tentunya pagi harinya kamu gunakan untuk pekerjaan utama.

Membuka warung kopi di malam hari mejadi salah satu alternatif yang cukup menarik, apalagi bila kamu juga senang nongkrong. Kamu bisa sekalian memantau usahamu tersebut dengan terjun langsung.