Sukses

10 Manfaat Kurma Muda Kuning untuk Kesehatan, Tingkatkan Kesuburan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kurma muda kuning tak kalah menarik dari kurma kering. Biasanya kurma yang banyak dikonsumsi masyarakat merupakan kurma yang telah dikeringkan. Namun, kini kurma muda segar juga tak kalah populer. Kurma muda kuning merupakan buah kurma segar yang hampir matang.

Manfaat kurma muda kuning mulai banyak dicari karena khasiatnya yang terkenal dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, manfaat kurma muda kuning juga dianggap memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kurma kering biasa. Dari segi nutrisi, tidak ada perbedaan besar antara manfaat kurma muda kuning dan kurma kering.

Namun, ada sejumlah kandungan nutrisi dalam kurma muda yang lebih besar dari kurma kering. Ini membuat banyak orang penasaran akan manfaat kurma muda kuning. Manfaat kurma muda kuning ini bisa didapat dengan cara mengonsumsinya secara langsung, meminum air rebusannya, atau dibuat jus.

Berikut manfaat kurma muda kuning, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat kurma muda kuning

Lebih rendah gula

Dibandingkan dengan kurma kering, kurma muda kuning lebih rendah gula. Ini karena kurma muda kuning masih berupa buah segar dan belum mengalami proses pengeringan. Kurma segar juga memiliki indeks glikemik lebih rendah dari kurma kering. Ini berarti mereka memiliki dampak yang jauh lebih ringan pada kadar gula darah.

Jika Anda menderita diabetes atau cenderung sensitif terhadap makanan bergula, kurma segar merupakan pilihan camilan yang baik. Kurma segar berpotensi untuk membantu pengaturan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah, serat dan antioksidan.

Lebih banyak kandungan air

Kurma segar mengandung lebih banyak air daripada kurma kering yang kehilangan kandungan cairannya dalam proses pengeringan. Kurma muda kuning bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menghidrasi tubuh. Kurma juga mengandung kalium, zat besi, dan magnesium yang dapat mengembalikan stamina dengan cepat.

3 dari 6 halaman

Manfaat kurma muda kuning

Lebih rendah kalori

Kurma kering memiliki dua kali lipat jumlah karbohidrat. Sebaliknya, kurma muda kuning jauh lebih rendah karbohidrat. Ini membuat kurma muda kuning cocok bagi Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan dan harung mengurangi kalori. Serat dalam kurma juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Kaya antioksidan

Kurma kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Kurma mengandung flavonoid yang membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker tertentu. Ada juga karotenoid yang terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula. Kurma juga mengandung asam fenolik yang dikenal dengan sifat anti-inflamasinya.

4 dari 6 halaman

Manfaat kurma muda kuning

Tingkatkan kesuburan

Manfaat kurma muda kuning yang sangat populer adalah meningkatkan kesuburan. Kurma muda kuning kaya akan zat besi, serat, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesuburan. Kurma muda banyak digunakan sebagai obat alternatif dalam program hamil. Tak cuma bermanfaat bagi kesuburan wanita, kurma muda juga dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria. Kurma kaya akan asam amino yang juga bisa meningkatkan stamina seksual.

Baik untuk kehamilan

Selain untuk kesuburan, kurma juga baik untuk kehamilan. Kurma, baik kering maupun segar dinilai dapat meringankan persalinan jangka panjang pada wanita hamil. Mengonsumsi buah ini selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan menurunkan kebutuhan akan persalinan yang diinduksi.

Ini kemungkinan karena senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan tampaknya meniru efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan. Kurma juga dikenal dapat memperkuat otot-otot rahim pada bulan-bulan terakhir kehamilan.

Kurma juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Buah ini dapat membantu mencegah wasir selama kehamilan.

5 dari 6 halaman

Manfaat kurma muda kuning

Tingkatkan energi

Meski cenderung rendah kalori dan gula, kurma muda kuning tetap dapat meningkatkan energi. Konsumsi buah kurma segar yang kaya air dapat mengembalikan cairan tubuh dan meningkatkan jumlah energi. Rasanya yang segar juga dapat meningkatkan stamina untuk terus kuat beraktivitas.

Sehatkan otak

Kurma juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Kurma dapat membantu memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan di otak. Manfaat ini dikaitkan dengan kandungan antioksidannya yang kuat seperti flavonoid.

6 dari 6 halaman

Manfaat kurma muda kuning

Lancarkan pencernaan

Kurma muda kuning juga kaya akan serat yang dibutuhkan pencernaan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit. Konsumsi serat dapat membantu buang air besar secara teratur. Kandungan kalium dalam kurma juga dapat mengatasi diare. Konsumsi kurma secara keseluruhan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kuatkan tulang

Kurma adalah sumber tembaga, fosfor, magnesium, selenium, dan mangan. Semua nutrisi ini enting untuk menjaga tulang Anda tetap sehat dan mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis. Kurma juga kaya akan vitamin K, yang berperan dalam pembekuan darah dan membantu memetabolisme tulang.