Sukses

7 Manfaat Vitamin B Complex untuk Tumbuh Kembang Anak

Liputan6.com, Jakarta Rajin memberikan asupan multivitamin pada tubuh si kecil tentu akan membuat mereka tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Salah satunya adalah vitamin B complex ini. Dan dengan mengetahui manfaat vitamin B complex maka keterlambatan tumbuh kembang anak tidak akan lagi menjadi kekhawatiran.

Manfaat vitamin B complex yang paling penting adalah tentang perannya yang mampu mengoptimalkan fungsi organ dan jaringan tubuh anak. Vitamin B complex ini termasuk kumpulan jenis vitamin B yang dapat larut dalam air. Hingga vitamin ini sangat dianjurkan untuk diberikan dalam menu makanan dan minuman sehari-hari pada anak.

Dan vitamin B complex ini bisa ibu temukan pada berbagai jenis sayur, buah, biji-bijian, telur, daging, gandum, hingga produk olahan susu. Namun, agar manfaat vitamin B complex bisa didapat dengan optimal oleh si kecil, tetap perhatikan konsumsinya. Jangan sampai berlebihan karena si kecil juga membutuhkan asupan nutrisi lain untuk tumbuh kembangnya.

Berikut penjelasan mengenai manfaat vitamin B complex untuk anak yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/5/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B Complex untuk Anak

1. Memproduksi Energi Anak Balita

Vitamin B1 (thiamin) sangat berperan penting untuk memproduksi energi dan membantu melindungi sistem saraf dari segala jenis kerusakan yang mungkin dapat terjadi pada anak balita. Bahaya jika anak kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh pada fungsi motorik anak-anak pra-sekolah.

Sementara untuk mendapatkan manfaatnya, ibu bisa memberikan asupan makanan pada si kecil yang kaya vitamin B1 seperti jagung, biji bunga matahari, ikan, kacang polong, kacang hijau dan roti gandum. Selain itu berikan juga mereka daging merah dan ikan yang disajikan dengan cara dikukus, direbus atau dipanggang.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Vitamin B2 memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh anak balita misalnya saja untuk menjaga kesehatan kulit, mata, lapisan usus, dan sel-sel darah anak agar tetap sehat. Vitamin B2 yang dikenal sebagai riboflavin ini merupakan salah satu dari delapan vitamin B complex.

Jenis vitamin B ini memiliki peran cukup besar untuk pertumbuhan dan kesehatan anak secara keseluruhan. Cara terbaik agar anak mendapat asupan vitamin B2 dengan optimal yakni dengan memberinya makanan kaya akan riboflavin. Sementara riboflavin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak ada pada telur, kedelai, produk susu, daging, brokoli, jamur, dan sayuran yang berwarna hijau.

3 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B Complex untuk Anak

3. Masa Pertumbuhan Anak Balita Secara Maksimal

Selanjutnya ada vitamin B6 yang mampu membentuk hemoglobin untuk membantu mengedarkan oksigen dalam darah ke seluruh tubuh menjadi lebih optimal. Tentu saja vitamin B6 (pyridoxine) sangat dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya, karena vitamin inilah yang dapat membantu organ dalam tubuh untuk dapat bekerja secara maksimal.

Asupan harian vitamin B6 yang direkomendasikan sekitar 2 mg untuk anak-anak di atas usia 4 tahun dan 0,66 mg untuk anak usia di bawah 4 tahun. Ibu bisa memberikan asupan vitamin B6 untuk anak dari daging atau hati sapi, ikan tuna, pisang, dan bayam yang juga dapat mendukung sistem pencernaannya dengan baik.

4. Memproduksi Sel Darah Merah Pada Tubuh Anak

Vitamin B9 ini memiliki peran penting dalam memproduksi sel darah merah pada tubuh anak. Vitamin ini lebih dikenal sebagai folat atau asam folat (bentuk sintetis) yang dapat membantu menenangkan dan memelihara sistem saraf maupun fungsi otak pada anak.

AKG harian vitamin B9 untuk anak-anak usia 1-3 tahun sebanyak 150 mikrogram dan 4-8 tahun sebanyak 200 mikrogram. Sumber vitamin B9 ini bisa ibu temukan pada brokoli, kacang polong, asparagus, bayam, dan sereal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Vitamin B Complex untuk Anak

5. Menjaga Sistem Saraf Anak

Manfaat dari vitamin B12 dapat membantu mengubah makanan menjadi energi dan menjaga sistem saraf tubuh anak agar tetap sehat. Bahkan vitamin ini mampu melawan asma yang menyerang anak usia dini. Dan nutrisi penting dari vitamin B12 ini bisa ditemukan dalam sumber makanan hewani seperti ikan salmon, daging, susu dan telur.

6. Kesehatan Rambut dan Kuku Anak

Vitamin B penting untuk pertumbuhan rambut dan kuku anak. Berbagai gangguan kulit dan kuku bisa dialami anak jika kekurangan salah satu vitamin B complex ini. Misalnya saja seperti kulit anak menjadi kering, mudah terkena ruam, mudah berjerawat, dan kuku mudah pecah.

7. Sehatkan Pencernaan

Vitamin B complex ini dapat membantu produksi HCl (asam klorida), untuk membantu pemecahan lemak, protein, dan karbohidrat pada sistem pencernaan anak. Beberapa vitamin B kompleks yang berperan dalam pencernaan antara lain Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 dan Vitamin B6. Bila tubuh kekurangan salah satu vitamin ini, maka sistem pencernaan anak bisa terganggu. Hal ini disebabkan karena nutrisi penting tersebut tidak dapat diolah oleh tubuh dengan maksimal.