Sukses

5 Resep Menu Buka Puasa dengan Olahan Wortel, Mudah dan Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Salah satu hal yang kerap dirindukan adalah momen buka puasa dan sahur.

Menyiapkan menu buka puasa hampir dilakukan oleh setiap orang ketika bulan berkah ini tiba. Tak jarang seseorang membuat menu sendiri dengan mencari resep menu buka puasa untuk dinikmati saat berbuka.

Resep menu buka puasa yang simpel dan praktis selalu dijadikan acuan untuk seseorang yang ingin membuat menu enak namun mudah. Salah satu resep menu buka puasa yang bisa dijadikan pilihan adalah resep menu dengan olahan wortel.

Banyak orang yang tidak suka dengan sayur berwarna orange satu ini. Namun jika diolah dengan campuran bahan lainnya, wortel dapat menggugah selera. Sayuran satu ini menghasilkan ragam menu yang menarik. Resep menu buka puasa dengan olahan wortel satu ini tentunya sehat untuk disantap saat waktu buka puasa tiba.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 5 resep menu buka puasa dengan olahaan wortel yang praktis, Selasa (5/5/2020).

2 dari 6 halaman

1. Resep Menu Buka Puasa: Cake Wortel Kukus

Resep menu buka puasa pertama yang bisa dicoba adalah resep menu buka puasa cake wortel kukus. Resep menu buka puasa satu ini tentunya mudah dipraktikkan.

Selain rasanya cara membuatnya yang membuat, menu satu ini juga mengunggah selera. Seperti yang kita ketahui wortel mengandung ragam vitamin itu yang bermanfaat bagi tubuh. Olahan wortel dengan ragam menu juga dapat membuat seseorang yang tidak suka wortel menjadi tertarik dan ingin mencoba. Berikut resep menu buka puasa, cake wortel kukus.

Bahan :

1. 60 gr wortel, parut

2. 75 gr gula pasir

3. 75 gr tepung beras

4. 3 bh telur

5. 3 sdm minyak sayur

6. 1 ujung sdt SP

 

Cara Membuat :

1. Kocok telur hingga berjejak.

2. Masukan tepung, teknik aduk balik. Masukan minyak sayur.

3. Kukus 30menit / sampai matang. Kukusan tatakin kain/serbet

3 dari 6 halaman

2. Resep Menu Buka Puasa: Nugget Ayam Wortel

Nugget ayam wortel adalah reseo menu buka puasa selanjutnya yang dapat dicoba. Nugget adalah salah satu camilan atau lauk yang enak sekali sebagai teman nasi.

Rasanya yang enak, lezat dan praktis seringkali disajikan sebagai lauk bagi kalian yang tidak mempunyai banyak waktu didapur. Untuk nugget sendiri selalu enak dan lezat dinikmati di berbagai kesempatan.

Bahan Nugget Ayam Wortel :

1. Dada ayam 300 gram (dicincang halus)

2. Wortel ukuran besar 1 buah (diserut dengan serutan keju)

3. Telur 1 butir

4. Tepung sagu 60 gram

5. Air es 50 mililiter

6. Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh

7. Merica bubuk 1/4 sendok teh

8. Gula pasir 1/2 sendok teh

9. Garam sesuai selera

10. Bawang putih bubuk 1 sendok teh atau bawang putih secukupnya (haluskan)

 

Bahan Pelapis Nugget Ayam Wortel:

1. Tepung terigu protein rendah atau sedang 100 gram

2. Telur 2 butir (dikocok lepas)

3. Tepung panir orange (tepung khusus untuk nugget) secukupnya

 

Cara Membuat:

1. Langkah awal campur semua bahan dan bumbu, aduk hingga rata. Koreksi rasa, dengan cara ambil sedikit adonan, goreng lalu cicipi. Jika ada yang dirasa kurang, silahkan tambahkan bumbu sendiri sesuai selera.

2. Selanjutnya tuang adonan nugget ke dalam loyang yang dialasi plastik tebal dan di olesi dengan sedikit minyak. Kukus hingga matang, kurang lebih selama 30 menit. Potong-potong sesuai selera.

3. Setelah itu gulingkan nugget ke tepung terigu, lalu celupkan ke dalam kocokan telur, kemudian gulungkan ke dalam tepung panir sambil ditekan-tekan agar tepung panir melekat sempurna.

4. Agar tepung panir dapat menempel kuat di adonan nugget, simpan terlebih dahulu adonan ke dalam kulkas selama 15 menit.

5. Terakhir goreng nugget di minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan dan matang, angkat dan tiriskan. Untuk sisa nugget anda dapat simpan di wadah yang kedap udara dan di freezer untuk stock nugget beku atau yang tidak langsung dikonsumsi/goreng.

6. Resep Nugget Ayam Wortel Homemade Bergizi siap disajikan dengan saus sambal atau mayonese sesuai selera.

4 dari 6 halaman

3. Resep Menu Buka Puasa: Sup Krim Wortel

Sup krim wortel merupakan resep menu buka puasa sehat selanjutnya. Kamu bisa mencoba resep menu buka satu ini jika kamu pecinta vegetarian. Sayuran berwarna oranye ini pun dapat dijadikan berbagai olahan makanan dan minuman yang menyehatkan. Salah satunya olahan sup yang lezat.

Bahan :

1. 6 buah wortel

2. 1 buah kentang berukuran besar

3. 5 siung bawang putih, cincang halus

4. 2 sendok makan bawang bombay cincang

5. 1-2 sendok makan minyak zaitun

6. 2 lembar daun salam

7. 2 cangkir kaldu sayuran

8. Garam dan lada secukupnya

9. 1 cangkir susu almond atau mete

10. 2 sendok makan daun bawang cincang

 

Cara Membuat :

1. Kupas wortel dan kentang hingga bersih. Lalu, potong-potong dadu. Sisihkan.

2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dalam panci besar dengan api sedang selama 2-3 menit hingga matang. Lalu, masukkan kentang dan wortel bersama dengan air serta beri garam dan lada secukupnya.

3. Kecilkan api dan masukkan kaldu sayuran dan daun salam. Masak hingga wortel dan kentang lembut.

4. Ambil daun salam, kemudian haluskan wortel dan kentang menggunakan hand blender langsung pada pancinya.

5. Tambahkan susu almond atau susu mete ke dalam campuran sup. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Sajikan menu vegetarian ini di dalam mangkuk dengan taburan potongan daun bawang.

5 dari 6 halaman

4. Resep Menu Buka Puasa: Puding Wortel

Resep menu buka pusa selanjutnya yang bisa kamu coba adalah resep puding wortel. Puding adalah salah satu pencuci mulut yang lembut dan bisa dibuat dengan aneka bahan, salah satunya adalah wortel.

Selain lebih sehat, puding wortel tak butuh banyak gula atau pemanis karena ada rasa manis alami dari wortel itu sendiri. Tak hanya rasa, warna puding akan jadi jingga cantik yang alami.

Bahan :

1. Wortel sebanyak 3 buah ( serut kulit tipisnya hingga bersih )

2. Vanili essence sebanyak 1 sendok teh

3. Tepung hunkwe sebanya 60 gram

4. Gula putih sebanyak 200 gram

5. Garam halus sebanyak ½ sendok teh

6. Air bersih sebanyak 600 ml

 

Cara Membuat :

1. Wortel yang sudah dibersihkan kemudian dikukuskan hingga matang dan empuk

2. Wortel yang sudah dikukus kemudian dimasukkan kedalam blender lalu tambah dengan 300 ml air. blend hingga halus dan lembut lalu disisihkan

3. Campurkan tepung hunkwe bersama gula, vanili dan garam dalam blender dengan ditambah 300 ml air lalu bend hingga tercampur rata

4. Campurkan hasil blenderan tepung hunkwe dengan wortel yang sudah diblend kedalam panci lalu rebuskan hingga mendidih dan mengental

5. Bahan yang sudah direbuskan tersebut kemudian didiamkan agar uap panasnya hilang lalu tuangkan kedalam loyang yang sudah diolesi minyak dan simpan dalam freezer hingga mengeras

6. Angkat pudingwortel yang sudah mengeras lalu potong-potong dan sajikan.

6 dari 6 halaman

5. Resep Menu Buka Puasa: Dimsum Ayam Wortel

Resep menu buka puasa dimsum ayam wortel bisa dijadikan pilihan buat kamu yang ingin menikmati wortel dengan sajian berbeda. Makanan Tiongkok yang cukup popular di Indonesia salah satunya ialah dimsum. Rasanya lezat dengan tekstur yang sangat legit. Berbahan dasar udang dan ayam yang dibungkus dengan menggunakan kulit siomay, merupakan ciri khas dari hidangan ini.

Bahan :

1.1/2 kg dada ayam cincang

2.1 butir telur ayam

3.2 buah wortel parut,sisakan sedikit untuk topping diatas dimsum ayam

4.1 batang daun bawang iris

5.2 SDM tepung tapioka (me: sagu tani)

6.5 SDM minyak wijen

7.2 SDM kecap asin

8.1 bungkus Saori saos tiram

9.1 bungkus Royco ayam

10. secukupnya Merica halus

11. secukupnya Gula

12. secukupnya Garam

13. 1 bungkus kulit pangsit (me: merk 99)

14. 3 siung bawang putih, haluskan

15. 1 sdm bawang merah goreng 

 

Cara Membuat :

1. Siapkan wadah atau baskom,campur semua bahan dan bumbu jadi satu, kecuali kulit pangsit,dan sisakan sedikit wortel parut untuk topping

2. Aduk semua bahan jadi satu,koreksi rasa,lalu masukan kedalam kulkas,diamkan adonan dimsum selama 1 jam

3. Setelah satu jam, panaskan kukusan lalu masukan adonan dimsum ke dlm kulit pangsit,bentuk sesuai selera atau bentuk dimsum, selanjutnya tambahkan topping wortel serut diatasnya

4. Kukus adonan dimsum, sebelum nya olesi wadah atau kukusan dengan minyak secukupnya agar tidak lengket pada saat dimsum matang,,kukus selama 25-30 menit, angkat dan siap dihidangkan

5. Dimsum siap dihidangkan. Dan disantap hangat2 dengan sambal cabe botolan.