Sukses

7 Tips Bersihkan Rumah Jelang Lebaran yang Mudah Dilakukan

Ketahui tips bersihkan rumah jelang lebaran agar hari raya menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Sudah di akhir Ramadan, yang berarti pula sebentar lagi akan bertemu dengan hari lebaran. Banyak yang sibuk membuat kue untuk camilan sampai lupa memerhatikan tips bersihkan rumah jelang lebaran.

Padahal kebersihan rumah tidak kalah penting diperhatikan bukan? Tips bersihkan rumah jelang lebaran sudah pasti akan meringankan. Jadi, tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk mengeksekusinya, ya.

Membersihkan bukan berarti harus keluar banyak uang. Membersihkan rumah hanya perlu sedikit mengorbankan waktu luang. Jika masih sungkan, bisa dengan membaca tips bersihkan rumah jelang lebaran agar lebih bersemangat melakukan.

Berikut tips bersihkan rumah jelang lebaran yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/5/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Halaman dan Teras Rumah

Halaman atau teras adalah tempat yang akan diperhatikan pertama kali oleh tamu. Bisa dimulai dengan menggunting daun-daun tanaman yang sudah layu dan menguning. Kemudian potong rumput yang sudah panjang dan bersihkan pot-pot yang sudah mulai lusuh, dan jika sempat bisa mewarnai kembali dinding cat yang sudah rusak, dengan pemilihan warna yang bijak atau warna yang dapat memberikan energi positif.

Jangan lupa menyapu dan mengepel lantai teras, kemudian merapikan kursi dan meja agar terlihat bersih juga terawat. Agar kesan sejuk bisa lebih didapatkan, bisa dengan menjajarkan pot-pot tanaman dengan susunan yang lebih rapi. Pastikan setiap tanaman yang dipajang terlihat hijau.

Simpan Pajangan dan Aksesori Ruang

Pajangan atau aksesori ruangan yang berukuran kecil seperti patung meja, patung keramik atau hiasan kayu sebaiknya disingkirkan dulu dari ruang tamu saat Lebaran. Pindahkan ke ruang keluarga, kamar atau simpan di dalam boks untuk sementara misalnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ruangan yang akan terasa sempit. Adanya pernak-pernik berukuran sedang dan kecil akan membatasi ruang gerak tamu yang datang.

Kemudian jangan lupa untuk membersihkan jendela, mulai dari sisi bagian dalam ataupun luar jendela dengan spons pada tahap pembersihan awal. Lalu lanjutkan dengan mengelapnya dengan kain bebas serat dan seka seketika dengan squeegee yang lembab. Gunakan juga pembersih semprot dan sikat kecil, selang, atau bahkan pressure washer untuk membuat furnitur bersih dan terawat.

3 dari 5 halaman

Tips Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Sofa

Sofa merupakan furniture terbesar di ruang tamu. Nah, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, bisa dengan membersihkan seperlunya menggunakan lap lembab. Noda yang tidak bisa hilang bisa ditutupi dengan kain cantik bernuansa etnik.

Tetapi jika ingin mencucinya, tetap pilih metode pencucian paling lembut. Bantal juga harus dicuci dengan metode pencucian lembut. Kemudian pastikan seluruh kuman yang menempel musnah dan lanjutkan dengan pengeringan dalam suhu yang hangat.

Bersihkan juga debu dan tungau, hal ini disebabkan karena mereka menjadi salah satu penyebab alergi yang ada di rumah. Sedot debu di permukaan atas karpet atau sofa dengan penyedot debu dengan menggunakan ujung model upholstery.

Suguhan dengan Toples Cantik

Tidak perlu menambah jumlah vas bunga untuk mempercantik ruang, tetapi bisa dengan menambahkan toples-toples cantik untuk mempercantiknya. Akan lebih menarik lagi jika ukuran toples tidak terlalu besar.

Pilih toples yang berukuran kecil tetapi jumlahnya cukup banyak untuk disuguhkan di atas meja. Jangan lupa untuk tetap mengisi toples dengan kue dan permen-permen yang menarik. Bervariasi antara bentuk dan warnanya. Hal ini tentu akan membuat dekorasi menjadi lebih simpel dan unik.

4 dari 5 halaman

Tips Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Isi Vas dengan Bunga Segar

Selain toples, bisa juga dengan menambahkan vas bunga pada sudut yang aman untuk memperindah ruangan. Isi vas dengan bunga yang segar agar bisa berfungsi sebagai pengharum ruangan alami. Misalnya bunga sedap malam, anyelir, krisan atau melati.

Kalau tidak sempat membeli bunga yang harum, bisa juga dengan mengandalkan bunga berwarna cerah, kemudian taruh pengharum ruangan beraroma bunga pada sudut ruangan.

Siapkan Tempat untuk Ibadah

Sudah pasti akan ada tamu yang menumpang untuk melaksanakan ibadah salat. Jadi memang penting untuk menyiapkan tempat khusus beribadah. Tidak perlu ruangan yang besar, misalnya bisa dengan menggunakan kamar salah satu anggota keluarga tetapi bukan kamar utama atau salah satu sudut ruangan yang sudah dibersihkan. Rapihkan tempat tidur, karpet, meja rias (jika ada) serta perabotan lain di dalamnya. Sediakan beberapa alat ibadah yang bersih.

 

5 dari 5 halaman

Tips Bersihkan Rumah Jelang Lebaran

Bersihkan Kamar Mandi

Tentu saja tamu yang datang akan menggunakan kamar mandi untuk buang hajat, sekadar cuci tangan, dan mengambil air wudu. Nah agar lebih mudah untuk membersihkannya, bisa dengan mengandalkan disenfektan dan lap kain untuk membersihkan bagian luar dari toilet. Selain itu padukan dengan  pembersih toilet khusus bagian dalam, saat membersihkan bagian dalamnya usahakan untuk mendiamkan kurang lebih sepuluh menit sebelum menggosok dengan sikat toilet dan membilasnya.

Sikat toilet, wastafel, lantai, dan dinding kamar mandi sampai bersih hingga ke sudut-sudutnya. Kemudian lap cermin dengan pembersih kaca. Simpan semua toiletries seperti sikat gigi, shampo, deodoran, bungkus pembalut ke dalam boks tertutup sementara.

Ganti pula handuk minimal seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihannya. Pastikan pula untuk benar-benar mengeringkan handuk setelah memakainya dengan cara menjemurnya di tempat kering. Ganti handuk untuk tangan yang bersih. Bisa juga dengan menambah vas bunga kecil pada wastafel, serta pengharum ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.