Sukses

10 Cara Mudah Menghilangkan Stres di Tempat Kerja

Liputan6.com, Jakarta Mengalami stres di tempat kerja memang tidak menyenangkan. Menjalani hidup juga menjadi tidak tenang. Namun, sebenarnya cara hilangkan stres di tempat kerja sangat mudah dilakukan.

Sebelum membahas cara hilangkan stres, ketahui bahwa awal dari stres di tempat kerja adalah tekanan. Selain itu, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan seperti satu atau dua teman toxic yang memengaruhi pikiran bisa memicu terjadinya stres di tempat kerja. 

Membiarkannya justru akan membuat pekerjaan menjadi tidak maksimal. Bisa-bisa akan membuatmu mengundurkan diri lebih awal. Di sini pentingnya mengetahui cara hilangkan stres di tempat kerja.

Berikut penjelasan mengenai cara hilangkan stres di tempat kerja yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Hilangkan Stres di Tempat Kerja

1. Menghilangkan Penyebab Stres Kerja

Salah satu cara yang paling ampuh menghilangkan stres kerja adalah dengan cara menghilangkan penyebabnya. Jadi, memang penting untuk membicarakan penyebabnya dengan diri sendiri terlebih dahulu. Jika sudah teridentifikasi maka akan semakin baik cara mengatasinya.

Namun permasalahannya tidak semua penyebab stres bisa dihilangkan begitu saja, seperti beban kerja misalnya. Tetapi kamu bisa mengatasinya dengan membiasakan diri menghadapinya. Belajar dari kesalahan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Kemudian mempersiapkan rencana kerja lebih baik agar lebih ringan untuk menjalankannya.

2. Menentukan Prioritas

Menentukan prioritas pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu bisa menjadi solusi, jika sudah terlalu banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Jika dihadapkan dengan keadaan seperti ini maka otak akan secara otomatis tidak mampu berpikir jernih, sehingga mereka akan mengerjakan tugas seadanya tanpa skala prioritas.

Perencanaan prioritas daftar tugas bisa dimulai dari yang paling penting dan mendesak sampai pada pekerjaan yang kurang penting dan bisa ditunda. Jangan lupa juga untuk membuat target waktu pengerjaannya. Sehingga waktu akan menjadi terstruktur dengan baik. Dan jangan mencoba untuk mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus. Hal ini justru akan membuat pengerjaan tugas menjadi lebih lama dari biasanya.

3 dari 6 halaman

Cara Hilangkan Stres di Tempat Kerja

3. Olahraga Teratur

Agar bisa mengurangi resiko terkena stres dan memiliki kesehatan mental yang baik, melakukan olahraga minimal selama 20 menit dalam seminggu. Semakin lama waktu olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan, juga akan membuat risiko stres benar-benar berkurang.

4. Curhat

Alih-alih memendam masalah sendiri, akan lebih baik untuk mengungkapkannya walaupun tidak akan ada solusi yang didapatkan. Misalnya dengan teman kerja, saudara, keluarga, dan pasangan. Tentu saja hal semacam ini bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kelebihan curhat atau bercerita dengan teman kerja adalah kalian tidak akan merasa sendiri dalam menghadapi persoalan berat di tempat kerja.

4 dari 6 halaman

Cara Hilangkan Stres di Tempat Kerja

5. Makan dan Minum

Selain untuk mengisi perut, konsumsi juga makanan dan minuman yang dapat mengurangi stres di tempat kerja. Misalnya seperti:

- Alpukat dan pisang, hal ini disebabkan karena keduanya memiliki kandungan kalium, mineral yang penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap rendah.

- Teh, ternyata dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah yang membuat tubuh bisa menjadi lebih tenang dan rileks.

- Wortel, dengan mengunyah makanan yang renyah seperti wortel juga dapat membantu mengurangi stres.

- Susu, bisa diandalkan untuk meredakan otot yang tegang dan jika diminum sebelum tidur, maka tidur akan terasa lebih tenang.

- Cokelat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat menurunkan kadar hormon stres. Selain itu, cokelat juga mengandung gula, yang dapat melepaskan serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

6. Liburan

Liburan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan tingkat stres, kejenuhan, dan kepenatan di tempat kerja. Pilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai. Hal ini untuk mengantisipasi stres akibat lalu lintas yang macet.

5 dari 6 halaman

Cara Hilangkan Stres di Tempat Kerja

7. Menonton Hiburan

Menonton hiburan yang disenangi juga ternyata sangat ampuh mengurangi stres di tempat kerja. Hal ini bisa dilakukan ketika sudah selesai dengan pekerjaan dan bisa terbebas untuk tidak memikirkannya lagi. Kamu bisa menonton hiburan yang bersifat humor, karena sudah pasti akan membuat tertawa.

8. Jangan Berpikir Berlebihan

Memang tidak ada yang salah dengan memikirkan masalah, tetapi yang salah adalah terlalu berlebihan dalam memikirkannya hingga membuat stres. Terlalu sering memikirkannya justru akan membuat masalah nampak lebih pelik untuk diselesaikan.

Pikirkanlah masalah secukupnya, sadari bahwa akan selalu ada permasalahan dalam hidup. Masalah itu akan berakhir jika sudah waktunya. Fokus untuk menyelesaikannya justru akan lebih membantu.

6 dari 6 halaman

Cara Hilangkan Stres di Tempat Kerja

9. Konsultasikan Kepada Psikiater

Jika sudah merasa tidak bisa menanggung beban stres lebih lama maka usahakan untuk mengonsultasikannya kepada psikiater. Dengan psikiater, maka penanganan stres akan lebih maksimal dilakukan. Jangan lupa untuk menguatkan diri ketika ada pada posisi ini, agar saat dihadapkan dengan permasalahan yang sama akan lebih mudah diatasi.

10. Istirahat

Stres bisa muncul ketika terlalu letih bekerja, sehingga dengan beristirahat stres akan lebih banyak berkurang. Misalnya bisa dengan meminum kopi, ngobrol dengan teman, atau bermeditasi selama 5 menit. Jika masih harus mengerjakan tugas, maka berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Atau bisa juga dengan pergi ke kantin untuk makan siang dengan lebih fokus agar stres lebih cepat hilang.