Sukses

9 Manfaat Vitamin Rambut untuk Perawatan Kulit Kepala

Liputan6.com, Jakarta Manfaat vitamin rambut bisa beragam sesuai dengan kebutuhan kamu. Hal ini tentunya sangat penting, apalagi untuk wanita. Bagi seorang wanita, rambut merupakan mahkota yang harus selalu dijaga kesehatan dan kecantikannya.

Manfaat vitamin rambut dapat membuat penampilan semakin menarik dan enak dipandang. Hal ini terutama bisa didapatkan dari vitamin E yang memang memiliki kelebihan untuk kulit kepala. Pilihlah vitamin rambut yang sesuai dengan perawatan yang kamu butuhkan. 

Waktu terbaik memberi rambut asupan vitamin adalah setelah keramas mulai dari tengah hingga ke ujung rambut. Rambut yang masih setengah basah akan lebih mudah menyerap nutrisi, sehingga kilaunya akan tetap terjaga. Agar mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/5/2020) tentang manfaat vitamin rambut

2 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin Rambut

Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Manfaat vitamin rambut pertama adalah menstimulasi pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidannya dapat melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian yang ada di kepala, bahkan sampai ke kulit kepala. Kulit rambut yang sehat dapat memperbaiki pertumbuhan rambut menjadi lebat dan sehat.

Mempertahankan Kilau Rambut

Manfaat vitamin rambut berikutnya adalah mempertahankan kilau rambut. Hal ini terutama karena vitamin E yang dapat memperbaiki jaringan, sehingga rambut menjadi lebih berkilau dan lebih sehat. Kamu bisa mengombinasikan minyak rambut vitamin E beberapa bahan alami, dan lakukan pijat dari atas ke bawah untuk merelaksasi dan mendapatkan hasil yang baik.

Memberi Nutrisi Kulit Kepala

Manfaat vitamin rambut juga dapat memberi nutrisi bagi kulit kepala. Kurangnya nutrisi pada kulit kepala menyebabkan rambut tampak kering dan kusam. Rawatlah kulit kepala dengan minyak vitamin E, setidaknya dua kali sebulan untuk meningkatkan tekstur rambut.

3 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin Rambut

Memperkuat Folikel Rambut

Manfaat vitamin rambut khususnya vitamin E ini sangat baik. Nutrisi dan antioksidan hadir dalam minyak vitamin E yang dapat memiliki efek jangka panjang pada rambut. Gunakan minyak vitamin E untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah mereka dari memecah dengan mudah.

Solusi Rambut Bercabang

Rambut bercabang bisa menjadi salah satu pertanda rambut mulai rapuh. Vitamin E yang digunakan dalam waktu yang lama pada rambut mampu mengatasi masalah rambut bercabang. Jika kamu ingin lebih efektif lagi, gunakan vitamin E dengan minyak zaitun dan minyak kelapa dengan takaran yang sama. Lalu aplikasikan pada rambut, dengan dipijat perlahan. Memijat membantu melancarkan sirkulasi darah di ke kulit kepala.

Memperlambat Penuaan Rambut

Tanda-tanda penuaan pada kulit dan rambut akan melambat karena antioksidan berfungsi menguatkan dan menyehatkan jaringan tubuh. Kamu juga perlu menambahkan vitamin D, agar lebih efektif mencegah munculnya uban.

4 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin Rambut

Menambah volume pada rambut tipis

Ingin rambut terlihat lebih bervolume? Cobalah menerapkan minyak vitamin E pada rambut dan kulit kepala, setidaknya dua kali dalam sebulan untuk mendapatkan rambut tebal yang terlihat sangat cantik bahkan tanpa styling.

Mengembalikan kelembapan rambut kering

Manfaat vitamin rambut berikutnya adalah mengembalikan kelembapan rambut. Rambut kering tampak tak bernyawa dan membuat rambut Anda terlihat kusam. Cobalah menggunakan minyak vitamin E dalam perawatan mingguan rambut Anda.

Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah rambut yang paling umum terjadi. Jika kamu sedang menderita dari masalah ini, cobalah menerapkan minyak vitamin E pada rambut secara merata. Manfaat vitamin rambut satu ini tentunya diperlukan banyak orang.

5 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Rambut dengan Vitamin E

Gunakan vitamin E berupa minyak rambut

Selain bisa mendapatkan vitamin E dari makanan, kamu juga bisa mendapatkannya dari minyak rambut. Biasanya jenis vitamin E ini ditemukan dalam bentuk kapsul. Jika kamu memiliki jenis rambut kering, perawatan ini sangat cocok. Jika rambut berminyak, kamu tetap dapat menggunakannya tipis-tipis. Manfaat vitamin rambut ini adalah membuat batang rambut menjadi lebih lembut dan sehat.

Gunakan sebelum sampo atau kombinasikan

Kamu juga bisa menggunakannya sebelum menggunakan sampo. Oleskan dan pijat kepala perlahan, dan beri lebih perhatian bagian rambut bercabang. Gunakan penutup kepala atau shower cap dan diamkan selama satu jam, agar meresap dan lebih efektif.

Ketika mengombinasikannya dengan shampo, vitamin E tidak akan ikut hilang ketika terbilas, justru akan melapisi rambut Anda dan akan melembabkan rambut Anda secara perlahan.

Aplikasikan dengan conditioner

Perawatan ini cocok untuk rambut kering. Aplikasikan pada rambut, tunggu selama lima menit dan bersihkan dengan air dingin (air biasa). Biasanya conditioner juga sudah mengandung vitamin E, dengan pemakaian yang double, efeknya akan sangat terasa.

Hanya saja jika rambut berminyak, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, apakah membuat rambut semakin berminyak atau tidak.

Gunakan bahan alami

Kamu juga bisa menggunakan biji anggur untuk rambut normal, minyak wijen untuk rambut berminyak, dan minyak wortel untuk rambut kering. Ketika bahan tersebut mengandung vitamin E. Gunakan sedikit saja untuk rambut.