Sukses

Manfaat Kubis untuk Diet, Ketahui Kandungan dan Cara Mengolahnya

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang menyangkan dengan manfaat kubis untuk diet ini. Dilansir dari healtline.com, ternyata kubis mampu menurunkan berat badan hingga 4.5 kg dalam waktu satu minggu. Orang-orang biasa mengolahnya menjadi sup kubis diet agar bisa menghasilkan berat badan lebih ideal.

Alasan manfaat kubis untuk diet bisa diandalkan karena kubis memang kaya akan serat dan sangat rendah lemak. Namun, tidak hanya dengan mengonsumsi kubis ya, tubuh harus tetap diberi asupan vitamin dan mineral agar diet bisa lebih maksimal. Dan ingat bahwa diet menggunakan sup kubis tidak boleh dijalankan lebih dari satu minggu.

Selain itu, batasi pula konsumsi gula selama proses mengandalakan manfaat kubis untuk diet ini berlangsung. Misalnya saja bisa mengganti gula dengan mengonsumsi buah pisang, buah beri, buah semangka, dan buah melon yang mengandung gula alami serta kandungan air tinggi. Dan tetap lakukan olahraga rutin setiap hari agar sistem metabolisme tubuh tetap bekerja secara optimal. Termasuk konsumsi minimal empat gelas air mineral setiap harinya.

Kalori dengan pola makan sup diet ini sangat rendah yakni sekitar 800-1.050 per hari. Sedangkan para ahli sepakat bahwa diet yang dilakukan dengan kalori di bawah 1.200 per hari tidak aman kecuali atas saran dokter.

Sebelum melakukan diet dengan sup kubis, akan lebih baik juga untuk memahami alasan penting di balik kandungan kubis untuk diet. Selain itu ketahui pula cara mengolah sup kubis diet yang benar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat kubis untuk diet, Sabtu (9/5/2020).

2 dari 4 halaman

Kandungan Penting dalam Kubis

Antioksidan

Meski warna kubis lebih pucat jika dibandingkan dengan sayuran hijau yang lain, tetapi kubis merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Kubis memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, misalnya saja seperti vitamin C yang berperan penting untuk mendukung daya tahan tubuh manusia.

Serat

Perlu diketahui juga bahwa dalam satu mangkuk sajian kubis terhitung 90 gram, terdapat 3 gram serat di dalamnya. Sehingga kubis ini sangat baik untuk sistem pencernaan saat melakukan upaya penurunan berat badan. Bahkan sangat ampuh untuk membuat perut bisa kenyang lebih lama. Nah, dengan ini maka upaya menjaga pola makan yang tidak seimbang menjadi lebih terkontrol.

Vitamin

Kubis juga mengandung vitamin K dan folat. Sehingga sangat baik untuk memenuhi asupan mineral dan vitamin esensial yang dibutuhkan oleh tubuh selama proses mengandalkan manfaat kubis untuk diet berlangsung. Jadi tidak heran jika manfaat kubis untuk diet banyak diandalkan oleh kebanyakan orang.

3 dari 4 halaman

Sayur Kubis Melancarkan Sistem Pencernaan

Jenis sayuran seperti kubis yang kaya akan serat sudah pasti sangat membantu sistem kerja saluran pencernaan. Begitu juga dari 2 jenis serat yang ada, sayur kubis tergolong dalam jenis serat yang tidak larut dalam air. Berarti pula bahwa kubis tidak akan menyatu dengan air di dalam tubuh, sehingga kubis akan berjalan melewati sistem pencernaan.

Dilansir dari World Journal of Gastroenterology bahwa serat yang tidak larut dalam air memiliki sistem kerja yang lebih baik pada sistem pencernaan. Utamanya bekerja dengan baik dalam usus ketika sedang berupaya mencerna makanan. Termasuk sangat efektif menggerakkan tinja dalam usus sehingga permasalahan pencernaan seperti sembelit akan mudah dihindari.

Jadi tidak mengherankan jika kubis dijadikan menu utama bagi yang sedang menjalankan program diet. Manfaat kubis untuk diet sudah pasti sangat erat kaitannya dengan sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan sehat, maka berat badan sudah pasti dapat terkontrol dengan baik. Sehingga upaya penurunan berat badan menjadi lebih optimal.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Sup Kubis Diet

Bahan-Bahan:

- 1 sendok teh minyak zaitun

- 1/2 kubis hijau, cincang

- 1 cangkir seledri, rajang

- 1 cangkir bawang, potong dadu

- 1 cangkir wortel, potong dadu

- 1 paprika hijau, potong dadu

- 2 siung bawang putih, cincang

- 4 cangkir kaldu ayam atau kaldu sayuran

- 14 ons tomat kalengan potong dadu

- 1 sendok teh oregano

- 1 sendok teh kemangi

- 1/2 sendok teh cabe kering

- 1/2 sendok teh garam

Langkah-Langkah:

1. Tambahkan minyak zaitun ke dalam panci kemudian tumis selama dua menit. Tambahkan seledri, bawang bombai, wortel dan paprika dalam minyak lalu tumis sampai lunak.

2. Masukan bawang putih ke dalam panci dan terus masak sampai bawang putih harum kurang lebih sekitar 2 menit.

3. Masukkan kaldu dan tomat dalam panci lalu didihkan.

4. Kecilkan api dan tunggui hingga mendidih. Aduk terus-menerus agar tidak ada yang menempel di bagian dasar panci.

5. Tambahkan kubis dan rempah-rempah. Terus masak sup sampai kubis lunak, sekitar 15-20 menit. Cicipi sup dan sup kubis diet siap disajikan