Sukses

5 Fakta Cuexcomate Jadi Gunung Terkecil di Dunia, Tingginya Hanya 13 Meter

Liputan6.com, Jakarta Saat mendengar kata gunung, tentunya yang terlintas di benak adalah pemandangan bentuk tanah yang menjulang tinggi dan besar. Tak ajrang juga memiliki pemandangan yang indah. Gunung biasanya lebih tinggi dari daratan sekitarnya dan curam dari sebuah bukit. 

Beberapa persyaratan bentuk tanah bisa didefinisikan sebagai gunung jika puncanknya mencapai tinggi tertentu. Misalnya, Encyclopedia Britannica mendefinisikan gunung setidaknya punya tinggi sekitar 2000 kaki atau 610 meter.

Namun ternyata ada bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya, namun tidak masuk dalam kategori tersebut. Yakni Gunung Cuexcomate yang berada di Meksiko. Gunung ini disebut-sebut sebagai gunung paling kecil di dunia.

Disebut sebagai gunung terkecil, lantaran hanya memiliki tinggi 13 meter dengan garis tengah sekitar 23 meter. Gunung Cuexcomate ini berlokasi tepatnya di La Libertad, kota Puebla, Meksiko. Selama berabad-abad, masyarakat menyebutnya sebagai gunung terkecil di dunia.

Berikut ini 5 fakta Gunung Cuexcomate sebagai gunung terkecil di dunia, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (9/5/2020).

2 dari 6 halaman

1. Hanya Memiliki Tinggi 13 Meter

Di Kota Puebla yang berjarak sekitar dua jam dari Mexico City, terdapat gundukan kapur setinggi 13 meter dengan garis tengah sekitar 23 meter. Penampakan itu disebut dengan Gunung Cuexcomate. Nama Cuexcomate berasal dari Nahuatl Cuexcomac yang berarti mangkuk atau tempat menyimpan barang, dikutip dari Geo-Mexico.

Selama berabad-abad, masyarakat sekitar percaya jika Gunung Cuexcomate adalah gunung berapi terkecil di dunia. Namun seiring berjalannya waktu, para peniliti mulai melakukan observasi gundukan tanah tersebut.

 

3 dari 6 halaman

2. Terdapat Sumber Air Panas

Gunung Cuexcomate berada di tengah taman yang indah. Sekelilingnya dilengkapi dengan kursi-kursi taman, jalur pejalan kaki dan air mancur. Meski sekilas hanya seperti gundukan di tengah taman, ternyata gunung ini memiliki rongga di bagian tengahnya. 

Rongga tersebut bahkan bisa dilewati oleh manusia. Siapapun yang tertarik, bisa masuk ke dalam rongga tersebut karena ada celah yang terbuka cukup lebar dan tangga sebagai akses masuk. 

Begitu sampai di dalam gunung tersebut, pemandangan indah pun bisa disaksikan. Di rongga itu terdapat sumber mata air panas yang juga terdapat kolam. Kolam itu memiliki lebarnya 8 meter dengan kedalaman 17 meter.

Dulu banyak yang mengira jika rongga di dalam gunung itu adalah kawah. Sedangkan air panas yang ada di dalamnya adalah magma. Maka tak heran selama berabad-abad banyak orang yang menyebutkan jika Cuexcomate adalah gunung berapi.

4 dari 6 halaman

3. Sebuah Geiser

Banyak yang mengira jika Cuexcomate adalah gunung berapi, ternyata gunung ini adalah geiser. Geiser adalah sejenis mata air panas yang menyembur secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Pembentukan geiser bergantung kepada keadaan hidrogeologi tertentu yang hanya terdapat di beberapa tempat di bumi. Maka dari itu geiser adalah fenomena yang jarang ditemui.

Menurut ahli geologi yang meniliti Cuexcomate mengatakan terdapat 99% kandungan air panas yang mengandung seperti kalsit bukan magma. Kalsit merupakan kandungan yang terdapat pada geyser pada umumnya. 

5 dari 6 halaman

4. Terbentuk Akibat Letusan Gunung

Gunung Cuexcomate sendiri terbentuk lebih dari 950 tahun yang lalu. Tepatnya sebelum Gunung Popocatepetl meletus pada 1064 silam. Popocatepetl adalah sebuah gunung berapi yang aktif dan tertinggi kedua di Meksiko. 

6 dari 6 halaman

5. Jadi Tempat Wisata

Gunung unik yang berada di tengah kota ini tentunya menarik wisatawan. Hanya dengan 10 peso atau sekitar Rp 6.000, pengunjung bisa masuk dan menjelajahi bagian dalamnya, menikmati suhu segar dan air sebening kristal dari air terjun serta sungai bawah tanah. Dengan biaya yang murah, pengunjung juga bisa menyewa pemandu wisata untuk mendapatkan informasi dan pengalaman menarik. 

Di sekeliling gunung pun ditata dengan cantik. Ada pohon-pohon yang rindang dan bisa menjadi tempat berfoto. Ada juga beragam restoran sebagai tempat wisatawan berisirahat.