Sukses

10 Tempat Wisata Pantai di Jawa Timur, Unik dan Eksotis

Beberapa pantai di Jawa Timur punya ciri khas yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata pantai di Jawa Timur bisa jadi pilihan destinasi menarik saat liburan. Jawa Timur memiliki jajaran pantai eksotis yang unik dan khas. Tempat wisata pantai di Jawa Timur ini tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Tempat wisata pantai di Jawa Timur ini berjajar mulai dari pantai selatan, selat Madura, hingga pantai utara. Tiap Tempat wisata pantai di Jawa Timur juga punya keunikan tersendiri.

Keunikan yang ada di tempat wisata pantai di Jawa Timur menjadi daya tarik wisatawan. Tak ayal, tempat-tempat wisata pantai di Jawa Timur ini menjadi favorit untuk berlibur.

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke pantai, tempat wisata pantai di Jawa Timur ini bisa dipertimbangkan. Berikut tempat wisata pantai di Jawa Timur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Malang

Pantai Balekambang

Tempat wisata pantai di Jawa Timur, berada di Malang. Pantai Balekambang berlokasi di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Terdapat 3 pulau yang terdekat dengan dengan pantai ini, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tepat di atas pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Pantai ini juga kerap disebut Tanah Lot-nya Jawa.

Pantai Tiga Warna

Sesuai namanya, pantai Tiga Warna memiliki tiga warna berbeda. Ada tiga warna pantai yang bisa terlihat di pantai ini, merah, hijau, dan biru.

Pantai ini memiliki penjagaan yang sangat maksimal. Misalnya saja terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang setiap harinya. Pembatasan jumlah pengunjung ini berguna untuk menjaga kelestarian serta kealamian dari pantai ini. Durasi berkunjung ke pantai ini juga dibatasi, yaitu hanya diberi waktu selama 2 jam.

3 dari 6 halaman

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Surabaya dan Sidoarjo

Pantai Kenjeran

Tempat wisata pantai di Jawa Timur selanjutnya berada di Surabaya. Pantai Kenjeran di Surabaya terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Kawasan pantai Kenjeran menjadi destinasi favorit warga Surabaya.

Pantai Kenjeran Lama merupakan sebuah pantai konvensional di mana pengunjung bisa bisa menikmati pemandangan alami dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sementara Pantai Kenjeran Baru, memiliki konsep yang lebih modern dengan daya tarik Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti, dan Waterpark.

Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan berada di Desa Kepetingan, Buduran, Sidoarjo. Pantai ini adalah pantai yang terkenal dan hits di Sidoarjo.

Meski lokasinya sedikit pelosok, pengunjung akan merasa puas dengan pemandangannya. Di sini juga banyak spot foto yang menarik dengan latar belakang alam yang indah. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan acara tradisi masyarakat setempat.

4 dari 6 halaman

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Banyuwangi

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah memiliki sebuah pulau kecil setinggi 200 meter dengan tanah dan pasir kemerahan. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai. Pantai ini dikenal dengan airnya yang jernih serta hamparan pasir putihnya yang membentang hingga 3 km.

Pantai Teluk Hijau

Letak Teluk Hijau ini berada di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Disebut Pantai Teluk Hijau karena air di pantai ini berwarna biru kehijau-hijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombol. Tak hanya warna air yang jadi daya tarik pantai ini, di sini pengunjung juga bisa melihat batu karang raksasa yang berada di pinggir pantai.

5 dari 6 halaman

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Madura

Pantai Nepa, Sampang

Pantai Nepa berlokasi di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Pantai ini juga menjadi satu dengan destinasi wisata menarik lainnya yaitu Hutan Kera Nepa. Pantai dengan hamparan pasir putih ini memiliki ombak yang tenang dan asri. Daya tarik dari pantai ini adalah adanya kera-kera yang hidup liar tak jauh dari pantai.

Pantai Slopeng, Sumenep

Pantai Slopeng merupakan objek wisata yang memiliki khas keindahan gunung pasir putih di sekitarnya. Namun, gunung pasir ini mulai menghilang dan digantikan dengan pohon dan guguran daun cemara.

Kendati demikian, banyak warga masih memanfaatkan keindahan pantai yang ada untuk dijadikan tempat liburan. Pantai ini semakin indah dengan keberadaan pohon siwalan, kelapa dan cemara.

6 dari 6 halaman

Tempat wisata pantai di Jawa Timur - Pacitan

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo begitu unik karena adanya air terjun yang langsung jatuh ke pantai selatan. Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini diapit oleh dua buah tebing yang tidak tinggi. Air terjun yang jatuh ke pantai ini sangat jernih dan segar sehingga tak jarang, pengunjung bisa mandi atau berendam di bawahnya.

Pantai Klayar

Keunikan dari pantai Klayar adalah semburan air unik dan gulungan ombak yang eksotis. Semburan air di Pantai Klayar terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur di lubang-lubang karang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini