Sukses

10 Manfaat Makan Kuaci untuk Kesehatan, Jadi Camilan Sehat

Kuaci rendah kalori dan tinggi mineral.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat makan kuaci dapat menguntungkan kesehatan. Kuaci merupakan olahan biji-bijian yang dikeringkan dan diasinkan. Kuaci biasanya berupa biji bunga matahari, biji labu, atau biji semangka.

Kuaci memiliki rasa gurih, manis, dan nikmat. Manfaat makan kuaci ini bisa dijadikan camilan lezat yang sehat. Manfaat makan kuaci didapat dari kandungan nutrisinya yang tinggi. Kuaci baik itu biji bunga matahari, semangka, atau labu, cenderung rendah kalori namun kaya nutrisi.

Manfaat makan kuaci juga kaya akan antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Manfaat makan kuaci juga aman, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar. Manfaat makan kuaci juga bisa dimasukkan ke dalam makanan lain seperti salad, kue, atau topping makanan.

Berikut manfaat makan kuaci seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat makan kuaci

Kaya mangnesium

Kuaci adalah sumber magnesium alami yang sangat tinggi. Magnesium dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi kimia dalam tubuh. Magnesium penting untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membentuk dan memelihara tulang yang sehat, dan mengatur kadar gula darah.

Kaya zat besi dan seng

Manfaat makan kuaci dapat memenuhi kebutuhan zat besi dan seng dalam tubuh. Zat besi adalah komponen penting dari tubuh mengubah kalori menjadi energi. Mengonsumsi cukup zat besi dapat mencegah timbulnya gejala anemia seperti lelah, letih, dan lesu. Sementara seng, diperlukan tubuh untuk sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan dan saraf tubuh, pertumbuhan kembali dan pembelahan sel, serta indera pengecap dan penciuman.

3 dari 6 halaman

Manfaat makan kuaci

Atasi diabetes

Magnesium dalam kuaci juga berperan mengontrol glikemik dan mengurangi risiko diabetes. Orang dengan kadar magnesium rendah dikaitkan dengan risiko diabetes yang tinggi. Kuaci dianggap memiliki efek antidiabetik karena kemampuannya untuk menurunkan kadar glukosa plasma.

Indeks glikemik kuaci juga cenderung rendah. Mengemil makanan rendah kolesterol dan rendah indeks glikemik seperti kuaci dapat membantu mengelola diabetes.

Sehatkan reproduksi

Biji bunga matahari adalah salah satu sumber fitoestrogen yang baik. Fitoestrogen adalah metabolit nabati yang secara struktural dan fungsional mirip dengan hormon, terutama estrogen dan testosteron. konsumsi kuaci biji bunga matahari dapat membantu menyeimbangkan hormon reproduksi. Selain itu, kuaci biji semangka dan labu juga dapat meningkatkan kualitas sperma berkat kandungan sengnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat makan kuaci

Turunkan berat badan

Kuaci cenderung rendah kalori namun tinggi serat. Kuaci kaya akan serat makanan yang menjaga perut tetap kenyang, melancarkan pencernaan, dan mengontrol rasa lapar yang berlebihan. Kuaci juga mengandung protein yag dapat membantu penurunan berat badan lebih mudah. Protein ini membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Makanan tinggi serat juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sehatkan kulit

Kandungan vitamin E dan magnesium dalam kuaci juga dapat meyehatkan kulit. Magnesium juga bermanfaat bagi kulit dalam sintesis DNA dan RNA yang mencegah penuaan. Selain itu, seng pada kuaci juga membantu mencegah timbulnya jerawat. Vitamin E pada kuaci juga membantu mencegah radikal bebas yang bisa menimbulkan penuaan dini pada kulit.

Kuaci juga mengandung asam lemak esensial seperti asam linolenat, asam oleat dan palmitat, yang membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin, memberikan kehalusan pada jaringan kulit. Seng dalam kuaci juga dapat membantu mengubah triptofan menjadi serotonin, yang kemudian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Kualitasi tidur yang baik telah dikaitkan dengan kulit yang sehat.

5 dari 6 halaman

Manfaat makan kuaci

Tingkatkan kekebalan

Kuaci dikemas dengan vitamin B, zat besi, dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Magnesium dalam kuaci juga memiliki hubungan yang kuat dengan sistem kekebalan tubuh. Magnesium dapat berperan mengatasi dan mencegah alergi. Sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus pada kuaci juga membantu mencegah infeksi yang bisa menyerang tubuh.

Sehatkan otak

Magnesium dalam kuaci dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Konsumsi kuaci dapat mengurangi risiko penurunan kinerja otak yang terkait dengan penuaan. Kadar magnesium yang rendah dikaitkan dengan Alzheimer. Selain itu, seng pada kuaci juga penting untuk bagian hippocampus di otak. Vitamin B pada kuaci juga penting untuk sistem saraf.

6 dari 6 halaman

Manfaat makan kuaci

Kaya antioksidan

Kuaci bunga matahari, semangka, dan labu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Biji labu, semangka dan bunga matahari mengandung antioksidan seperti karoten dan vitamin E. Antioksidan ini berperan mencegah peradangan yang menjadi penyebab penyakit mulai dari radang sendi, diabetes, jantung, hingga kanker.

Sehatkan jantung

Kuaci kaya akan mineral dan elektrolit yang meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi kuaci dikaitkan dengan penurunan kolesterol jahat yang berbahaya bagi jantung. Kuaci mengandung zat besi, magnesium, mangan, dan kalium yang membantu menjaga cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung.

Magnesium, nutrisi kunci lain dalam biji semangka, bunga matahari, dan labu mencegah kehilangan kalium dan mendukung fungsi jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini