Sukses

6 Jenis Menu Makan Siang yang Praktis, Sehat, dan Padat Gizi

Konsumsi jenis menu makan siang yang sehat dan padat gizi, agar aktivitas harian bisa lebih semangat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu sibuk menjalani aktivitas jangan sampai membuatmu lalai memilih asupan jenis menu makan siang. Ada yang mengatakan bahwa menu makan siang terbaik yakni dengan mengonsumsi nasi. Meskipun tidak salah, tetapi masih kurang tepat.

 

Jenis menu makan siang yang tepat memang harus sehat dan padat gizi. Kriterianya terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, sayuran, buah, dan lemak baik. Porsi makannya juga tidak sembarangan, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Termasuk tidak mengandung lemak jahat dan santan.

Bisa menyempatkan diri menyantap makan siang, bagi beberapa orang itu bagian dari keberuntungan. Di tengah aktivitas harian yang cukup padat agaknya memang sulit untuk memersiapkan jenis menu makan siang yang sehat dan padat gizi.

Namun tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis menu makan siang praktis, sehat, dan padat gizi yang mudah ditemukan. Berikut telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gado-Gado

Gado-gado ternyata termasuk dalam jenis menu makan siang yang harus dicoba. Gado-gado juga sering disebut saladnya orang Indonesia. Selain praktis, makanan ini juga sangat sehat dan padat gizi. Hal ini disebabkan karena kombinasi yang seimbang antara kentang, lontong, telur, tempe, aneka sayuran dalam jumlah yang banyak. Ada tambahan saus kacang yang membuat gado-gado menjadi menu makan siang seimbang.

Kebutuhan karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta sayuran bisa terpenuhi dalam satu piring gado-gado ini. Namun tetap perhatikan cara penyajian tempe dan tahu dalam gado-gado, ya. Pilihlah tempe dan tahu yang diolah dengan cara dikukus. Termasuk hindari kerupuk agar menu makan siang ini tetap rendah lemak.

3 dari 7 halaman

Lalapan Ayam atau Ikan Bakar

Memilih jenis menu makan siang dengan lalapan ayam atau ikan bakar juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika tidak terlalu nyaman dengan sajian yang seperti itu saja, bisa juga dengan menambahkan sambal tomat atau sambal bawang. Perpaduan yang cukup nikmat dan mantap.

Tetap praktis dan bergizi seimbang, bahkan harganya juga tidak terlalu mahal hingga tidak merogoh kocek yang dalam. Namun tetap perhatikan porsi dari masing-masing makanan pendampingnya. Bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang tinggi serat. Kemudian sayuran lalapan lebih banyak, paling tidak 6-7 sendok besar. Sedangkan untuk lauk seperti ayam dan ikannya, pilih metode memasak dengan dibakar atau diasap.

4 dari 7 halaman

Menu Mi Sayuran

Ternyata mi sayuran termasuk dalam jenis menu makan siang yang praktis, sehat, dan padat gizi. Tips memilih menu mi sayuran yakni pilihlah mi dengan adonan yang masih basah, bukan mi instan atau mi kering. Perhatikan adonannya, pastikan adonan terbuat dari sayuran. Warna dari mi yang terbuat dari sayuran ini biasanya berwarna hijau.

Agar menu mi sayuran bisa lebih seimbang, tambahkan daging atau telur rebus. Kemudian tambahkan sayuran seperti jamur, sawi, selada, atau acar dalam jumlah yang lebih banyak, minimal 5-6 sendok besar. Boleh juga untuk menyajikannya dengan campuran bumbu alami agar sedikit mirip dengan mi ayam dan mi pangsit.

Namun tetap perhatikan untuk tidak terlalu banyak menambahkan garam dan kecap. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi asupan natrium yang berlebihan dalam tubuh.

5 dari 7 halaman

Sandwich

Roti isi atau yang lebih dikenal dengan sebutan sandwich ini bisa dijadikan pilihan jenis menu makan siang yang praktis dan sehat. Bagi yang tidak terlalu suka banyak mengonsumsi nasi, bisa menggantinya dengan roti isi yang dipadukan dengan bahan-bahan sehat.

Misalnya saja bisa memadukannya dengan selai kacang dan potongan buah-buahan, atau mengisinya dengan pilihan protein seperti daging sapi, daging ayam fillet, telur, ikan, atau keju. Termasuk dengan buah alpukat atau sayuran rebus sebagain salah satu sumber protein hewani maupun nabati.

Pastikan juga untuk tidak terlalu banyak mengisi roti dengan saus mayonaise dan mentega. Hal ini disebabkan karena dua bahan tersebut mengandung banyak lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh.

6 dari 7 halaman

Salad Sayuran

Salad sayuran juga bisa dijadikan pilihan jenis menu makan siang yang bisa memenuhi nutrisi harian yang seimbang. Hal ini disebabkan karena salad sangat tinggi serat. Jika ingin membuatnya sendiri juga cukup mudah, bisa dengan menyiapkan sayuran hijau yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil sebelum berangkat bekerja.

Nah, agar nutrisinya bisa cukup untuk menjalankan aktivitas sampai sore hari, tetap padukan salad dengan beberapa bahan yang memiliki sumber karbohidrat tinggi. Sumber karbohidrat ini misalnya saja seperti kentang bakar dan kentang rebus. Kemudian proteinnya bisa mengandalkan potongan daging ayam tanpa kulit. Serta jangan terlalu banyak menggunakan saus mayonaise karena saus ini mengandung banyak lemak jenuh.

7 dari 7 halaman

Nasi, Sayuran, dan Protein

Bagi yang tidak bisa lepas dengan sajian jenis menu makan siang nasi, bisa mencoba menu yang satu ini. Padukan antara nasi, sayuran, dan protein agar menu ini menjadi menu yang seimbang, sehat, dan padat gizi. Tidak perlu khawatir dengan konsumsi nasi. Nasi ini sangat aman dikonsumsi setiap hari asalkan porsinya tidak berlebihan. Tetapi akan lebih aman lagi untuk mengganti dengan nasi atau beras merah.

Lebih baik menggunakan nasi merah karena kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga akan membuatmu tidak terlalu kalap makan di malam harinya dan sistem pencernaan menjadi lebih sehat dari biasanya. Kemudian untuk pendampingnya, bisa dengan memadukan sayuran yang ditumis atau direbus. Sumber proteinnya pilih olahan lauk yang dipanggang, ditumis, dan direbus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini