Sukses

Selain Sahara, Ini 10 Gurun Pasir yang Paling Unik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Dalam istilah geografi, gurun, padang gurun atau padang pasir adalah suatu daerah yang menerima curah hujan yang sedikit yakni kurang dari 250 mm per tahun. Gurun dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan, jika dibandingkan dengan wilayah yang lebih basah. Kurang lebih sepertiga wilayah bumi adalah berbentuk gurun.

Salah satu gurun pasir yang tidak asing di telinga masyarakat adalah Gurun Sahara. Gurun yang terletak di benua Afrika ini adalah salah satu padang pasir terbesar di dunia. Apabila dilihat melalui gambar, gurun sahara terlihat indah namun sangat terik.

Selain Gurun Sahara, terdapat beberapa gurun pasir yang indah dan menarik di dunia. Beberapa gurun pasir tersebut menyajikan pemandangan yang indah dan menarik. Dalam bayangan setiap orang, penampakan gurun adalah hamparan padang pasir yang luas dan sangat terik. Ternyata terdapat beberapa gurun yang terlihat unik seperti dalam film kartun.

Salah satu film kartun yang identik dengan pemandangan gurun adalah Oscar Oasis. Tentunya film kartun satu ini sudah tidak asing di telinga para pecinta film kartun. Rupanya dalam dunia nyata terdapat gurun yang terlihat seperti dalam film kartun tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brain Berries tentang potret 10 gurun pasir yang paling unik di dunia, Minggu (10/5/2020).

2 dari 11 halaman

1. Gurun Atacama, Amerika Selatan. Gurun Atacama terletak di Peru dan Chili dan berada di sebelah barat Andes. Gurun tersebut dikenal sebagai tempat paling kering di dunia.

3 dari 11 halaman

2. Gurun Tabernas, Spanyol. Gurun tersebut terletak di Tenggara Spanyol. Jika sedang berkunjung, kamu akan menemukan kota-kota bergaya barat.

4 dari 11 halaman

3. Gurun Chihuahuan, New Mexico. Gurun yang luasnya 282.000 km² ini banyak tanaman dan hewan menakjubkan.

5 dari 11 halaman

4. Gurun Gobi terletak di Mongolia selatan dan barat laut China. Gurun tersebut terkenal karena menjadi bagian dari Jalur Sutra serta karena perannya dalam Kekaisaran Mongol.

6 dari 11 halaman

5. Gurun Thar yang terletak di Pakistan ini adalah gurun pasir terpadat di dunia dengan lebih dari 16 juta penduduk, terutama Hindu, Muslim, dan Sikh.

7 dari 11 halaman

6. Salar de Uyuni terletak di barat daya Bolivia. Salar de Uyuni pernah menjadi danau prasejarah bernama Lago Minchín.

8 dari 11 halaman

7. Taman Nasional Gurun Putih di Farafra, Mesir adalah salah satu keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Di Gurun Putih tersebut juga 100 sumur yang berasal dari zaman Romawi Kuno.

9 dari 11 halaman

8. Gurun Taklamakan terletak di barat daya Daerah Otonomi Uyghur Xinjiang di barat laut China. Taklamakan adalah gurun pasir terbesar kedua di dunia.

10 dari 11 halaman

9. Selain Sahara, di Afrika juga terdapat sebuah gurun yang bernama Gurun Namib. Gurun Namib merupakan salah satu gurun tertua yang terbentuk sekitar 55 hingga 80 juta tahun yang lalu.

11 dari 11 halaman

10. Gurun Mojave menyebar di beberapa bagian tenggara California dan selatan Nevada, juga sedikit menyebar di bagian Arizona dan Utah. Gurun Mojave terkenal dengan Death Valley, tempat terpanas dan paling kering di Bumi.