Sukses

10 Cara Atasi Pegal Linu Sendiri di Rumah, Mudah dan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Pegal linu termasuk permasalahan yang paling sering dikeluhkan. Pegal linu bisa disebabkan oleh kesalahan cara duduk, posisi tidur, stres, hingga kelainan otot. Olahraga memang termasuk salah satu cara atasi pegal linu. Namun, olahraga berlebihan juga tidak dianjurkan.

Pada umumnya, pegal linu terjadi karena ada kerusakan pada jaringan otot. Jaringan otot ini sudah berlebihan melakukan aktivitas berat. Sebenarnya, tubuh juga sudah memicu peradangan untuk memperbaiki. Meski begitu, cara atasi pegal linu sendiri tetap harus dilakukan.

Cara atasi pegal linu ini juga cukup sederhana. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Jangan membiarkan nyeri otot berlangsung lebih lama. Selain berbahaya, juga akan mengganggu aktivitas lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara atasi pegal linu sendiri di rumah dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020).

2 dari 7 halaman

Cara Atasi Pegal Linu

Obat Alami

Cara atasi pegal linu selanjutnya dengan obat alami. Obat alami yang dimaksud, suplemen kafein/suplemen bromelain. Kafein digunakan untuk menghalang adenosin. Ada bahan kimia dari kafein saat merespon rasa sakit dari nyeri.

Kafein juga dapat memengaruhi sistem otak dan tulang belakang. Respon ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Sedangkan enzim bromelain memiliki sifat antiradang. Cara kerjanya mirip dengan obat antiradang generik. Bromelain akan mempercepat pemulihan kerusakan jaringan otot akibat aktivitas yang berlebihan.

Jika tidak ada suplemen kafein bisa menggunakan secangkir kopi. Hal ini disebabkan kopi mengandung kafein. Minum 2 cangkir kopi dapat mengobati pegal linu.

Alternatif suplemen bromelain adalah memakan buah nanas. Nanas memiliki kandungan antioksidan untuk melawan stres. Termasuk mengobati kerusakan akibat peradangan. Begitu juga buah ceri yang bersifat antiradang. Sehingga buah ini dapat mengurangi peradangan.

3 dari 7 halaman

Cara Atasi Pegal Linu

Konsumsi Vitamin Tepat

Asupan vitamin membuat fungsi tubuh berjalan normal. Termasuk membantu menambah nutrisi yang kurang pada tubuh. Asupan ini sangat berguna untuk otot dan tulang. Jadi, perhatikan konsumsi vitamin agar pegal/nyeri dapat diatasi.

Vitamin yang dimaksud, vitamin B1/thiamin dan vitamin D. Kekurangan asupan thiamin dapat menyebabkan kerusakan saraf, nyeri, dan lemah otot. Sedangkan vitamin D akan menguatkan tulang dan otot bergerak dengan semestinya. Selain dari sinar matahari, bisa dengan menambah vitamin yang diminum langsung.

 

4 dari 7 halaman

Cara Atasi Pegal Linu

Mengonsumsi Keratin

Suplemen kreatin dapat membantu meredakan pegal linu. Cara atasi pegal linu ini mengandalkan asam aminonya. Asam amino akan menyalurkan energi ke sel-sel tubuh, terutama bagian otot.

Lebih banyak kreatin dalam tubuh berarti lebih banyak energi untuk memperbaiki otot-otot yang sakit. Namun, konsumsinya tetap ikuti anjuran dokter.

Berendam Garam Epsom

Berendam air hangat memang dapat mengurangi pegal linu. Namun, cara atasi pegal lebih cepat bisa dengan menambahkan garam epsom. Garam epsom akan terurai menjadi magnesium dan sulfat. Senyawa yang akan menjaga kesehatan otot secara alami. Termasuk, mengendurkan otot tegang dan sendi kaku karena langsung menyerap kulit.

 

5 dari 7 halaman

Cara Atasi Pegal Linu

Rutin Beryoga dan Meditasi

Yoga dan meditasi termasuk cara atasi pegal linu yang alami. Kedua olahraga ini membuat otot lebih lentur dan terhindar dari cedera. Gerakan-gerakan inilah yang akan memperkuat otot.

Bisa dengan rutin melakukannya seminggu sekali. Tujuannya agar otot terus terlatih dan terhindar cedera. Bergerak akan membuat rangka otot bersirkulasi dengan baik.

Konsumsi Air Putih

Menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk cara atasi pegal linu yang mudah. Air ini akan bergerak ke seluruh sistem dalam tubuh. Sehingga akan memudahkan meredakan peradangan, membuang racun, dan menyuplai nutrisi otot. Perhatikan juga warna urin untuk mengetahui kecukupan asupan air putih.

6 dari 7 halaman

Cara Atasi Pegal Linu

Oleskan Balsem

Aktivitas terlalu banyak dan olahraga berlebihan akan berbahaya. Dapat menyebabkan luka kecil pada serabut otot serta jaringan ikatnya. Sehingga, akan membuat pegal linu. Cara atasi pegal ini bisa mengandalkan olesan balsem.

Sensasi panas yang ditimbulkan akan membuat otot nyaman. Berbeda dengan kondisi pegal/nyeri otot kronis, lebih baik gunakan gel ibuprofen.

Kompres Air Dingin

Kompres air dingin termasuk cara paling cepat dan mudah. Cara atasi pegal linu ini dapat kecilkan pembengkakan. Bahkan juga meredakan cedera dan luka pada otot.

Kompres air dingin yang dimaksud, membalut es batu. Hindari mengompresnya tanpa membalut. Aplikasikan selama 15 sampai 20 menit pada bagian nyeri. Saat mengompres beri jeda setiap ingin mengulangi.

7 dari 7 halaman

Cara Atasi Pegal Linu

Melakukan Peregangan  

Lakukan peregangan sebagai satu cara atasi pegal linu. Prinsipnya, semakin lentur otot, maka semakin kecil kemungkinan otot menjadi kaku. Kegiatan yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Pijat

Pijat termasuk cara atasi pegal linu yang banyak disenangi. Namun, tidak dengan memijat seluruh tubuh. Lebih baik memijat bagian yang pegal/nyeri saja.

Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat, yakni tulang belakang. Bagian ini dimulai dari leher hingga tulang ekor. Memijat bagian yang tidak seharusnya justru berbahaya. Bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit.