Sukses

10 Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Kaya Antioksidan Penting

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ubi ungu tak kalah sehat dari jenis umbi lainnya. Ubi ungu merupakan jenis ubi jalar yang sering ditemui. Ubi ini memiliki warna ungu gelap dengan rasanya yang manis dan gurih. Manfaat Ubi Ungu sarat akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting untuk tubuh.

Manfaat ubi ungu bisa dijadikan sumber karbohidrat sehat. Serat makanan dalam ubi ungu bisa sangat mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Manfaat ubi ungu juga bisa didapat dengan mudah. Ubi ungu bisa diolah menjadi beragam makanan lezat. Plus, warna ungu yang dimilikinya, memberi tampilan yang menarik.

Warna ungu pada umbi ini didapat dari kandungan antosianin. Senyawa ini yang membuat manfaat ubi ungu kaya akan antioksidan. Manfaat ubi ungu dapat mencegah penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Berikut manfaat ubi ungu bagi kesehatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/5/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat ubi ungu

Kuatkan kekebalan tubuh

Ubi ungu mengandung antosianin dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat meningkatkan kekebalan, menjaga tubuh dari penyakit berbahaya. Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan polifenol.

Antosianin pada ubi ungu memiliki efek anti-inflamasi dan membantu meningkatkan produksi sitokin yang mengatur respon imun. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya polifenol secara teratur telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker dan penyakit kronis lainnya.

Bantu kontrol gula darah

Flavonoid dalam ubi ungu telah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Satu studi tabung mengamati bahwa ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati.

Meski manis, ubi ungu cenderung memiliki indeks glikemik rendah. Artinya karbohidrat yang ada pada ubi ungu dipecah menjadi gula secara perlahan, menghasilkan pelepasan energi yang stabil alih-alih lonjakan gula darah.

3 dari 6 halaman

Manfaat ubi ungu

Bantu turunkan tekanan darah

Antioksidan dalam ubi ungun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara yang mirip dengan obat penurun tekanan darah umum yang disebut inhibitor enzim pengonversi angiotensin.

Bantu atasi gejala asma

Ubi ungu adalah sumber antioksidan dan vitamin A dan C yang baik. Kedua vitamin ini merupakan antioksidan yang membantu menurunkan risiko gejala asma. Sejumlah studi mengungkapkan orang yang menderita asma cenderung memiliki kadar vitamin A dan C yang rendah di dalam tubuhnya. Mengonsumsi ubi ungu bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini.

4 dari 6 halaman

Manfaat ubi ungu

Sehatkan usus

Ubi ungu penuh karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

Bantu penurunan berat badan

Sama seperti jenis umbi lainnya, ubi ungu kaya akan serat sehat. Serat ini sangat baik bagi pencernaan dan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang sehat dikaitkan dengan berat badan yang ideal. Konsumsi ubi ungu juga bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan yang memicu kenaikan berat badan.

5 dari 6 halaman

Manfaat ubi ungu

Sehatkan jantung

Ubi ungu mengandung serat, antioksidan, mineral, dan vitamin B yang membantu mengendalikan peradangan pada jantung dan pembuluh darah. Konsumsi ubi ungu dapat membantu mencegah risiko tekanan darah tinggi, arteriosklerosis, stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Cegah kanker

Penelitian menunjukkan bahwa antosianin pada ubi ungu dapat mengurangi risiko pengembangan berbagai jenis kanker karena efek antioksidan, anticarcinogenik dan anti-inflamasi. Ini telah dibuktikan dalam percobaan penelitian in vitro dan in vivo pada manusia dan hewan. Studi menunjukkan bahwa anthocyanin memiliki kemampuan untuk melawan kanker secara alami dengan menghalangi proliferasi sel dan menghambat pembentukan tumor dengan mengganggu proses karsinogenesis.

6 dari 6 halaman

Manfaat ubi ungu

Sehatkan mata

Ubi ungu adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Antosianin pada ubi ungu juga bermanfaat bagi fungsi penglihatan. Kedua nutrsi ini melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan proses penuaan.

Tingkatkan fungsi kognitif

Manfaat ubi ungu juga dapat meningkatkan fungsi otak. Kandungan antioksidan dalam ubi ungu membantu mencegah kerusakan oksidatif pada otak yang bisa menimbulkan penyakit otak seperti alzheimer. Antosianin dalam ubi ungu juga telah dikaitkan dengan perlindungan memori, koordinasi dan fungsi saraf pada populasi yang lebih tua.

Juga, pati dalam ubi jalar adalah sumber energi yang sempurna untuk otak. Mereka juga mengandung vitamin B, satu set nutrisi penting untuk kesehatan otak. Vitamin ini juga dapat menurunkan tingkat stres.