Sukses

6 Penyebab Penyakit Kanker Hati yang Harus Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit kanker hati akan lebih baik jika Anda waspadai. Mungkin Anda tidak menyadarinya, namun, ternyata berbagai penyebab penyakit kanker hati bisa ditimbulkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Mengapa Anda harus mewaspadai penyebab penyakit kanker hati tersebut? Tentunya karena fungsi dari hati cukup vital pada tubuh manusia.

Hati sendri merupakan organ vital pada tubuh manusia yang letaknya ada di sisi kanan perut bagian atas. Hati memegang peran penting dalam mendukung dan memaksimalkan kinerja dari tubuh. Dan ketika fungsii hati ini telah terganggu, maka akan sangat fatal akibatnya, karena bisa saja menyebabkan kematian. Banyak kasus yang telah merenggut nyawa orang yang terkena kanker hati.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan dari hati, baik jika Anda berusia muda maupun tua. Pasalnya, kanker hati ini tidak hanya menyerang orang-orang yang memiliki umur lanjut saja, bahkan orang-orang yang masih berumur cukup muda juga tidak luput dari ganasnya penyakit kanker hati ini. Maka dari itu perlu untuk mengenali penyebab penyakit kanker hati sejak dini.

Sebenarnya penyebab penyakit kanker hati ini juga terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari penyebab karena genetik, gaya hidup, bahkan karena memiliki penyakit lainnya. Namun, bukan berarti jika Anda memiliki risiko bawaan seperti genetika, Anda akan positif terkena kanker hati. Mengingat pengaruh terbesar juga ada pada gaya hidup yang dijalani, sehingga menjadi penyebab penyakit kanker hati.

Agar Anda lebih waspada terhadap penyebab penyakit kanker hati tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum apa saja yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker hati, baik dari faktor genetika, gaya hidup dan lain sebagainya, Sabtu (30/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Gangguan Metabolik Turunan

Dimulai dari penyebab penyakit kanker hati karena faktor keturunan. Dimana faktor ini yang mungkin cukup perlu diwaspadai sejak usia muda.  Apabila Anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kanker hati, tentu Anda perlu waspada dan rutin melakukan cek kesehatan ke dokter.

Beberapa jenis gangguan metabolik turunan tersebut seperti hemokromatosis. Penyakit tersebut akan menyebabkan tubuh Anda  terlalu banyak menyerap kandungan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Dan apabila zat besi banyak menumpuk dalam tubuh, maka akan sangat meningkatkan risiko timbulnya kanker hati.

3 dari 7 halaman

2. Jenis Kelamin dan Usia

Penyebab penyakit kanker hati selanjutnya yaitu karena adanya faktor jenis kelamin dan usia. Jenis kelamin? Mungkin Anda cukip bertanya-tanya. Namun, ternyata orang-orang yang memiliki jenis kelamin pria justru lebih tinggi risikonya untuk terkena kanker hati. Bahkan beberapa kasus kanker hati umumnya dialami oleh para pria dibanding wanita.

Akan tetapi, hal ini sebenarnya bisa di minimalisir, apabila ada perbaikan dari gaya hidup sehari-hari. Mengingat gaya hidup sendiri yang tidak sehat akan menjadi penyebab penyakit kanker hati paling besar, bahkan bagi orang yang tidak berisiko sekalipun. Selain itu, semakin bertambahnya usia juga meningkatkan risiko dari penyakit kanker hati tersebut. oleh karena itu, usahakan selal menjaga kesehatan yang diawali dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

4 dari 7 halaman

3. Pil KB

Pil KB ternyata cukup berisiko meningkatkan timbulnya tumor jinak pada hati. Tumor ini memiliki sebutan adenoma hati. Namun, belum dapat dipastikan, apakah faktor pil KB ini merupakan faktor langsung yang dapat menyebabkan kanker hati tersebut, mengingat masih minimnya penelitian mengenai hal ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, selama konsumsi pil KB tersebut dalam takaran yang sesuai anjuran dokter, serta diimbangi dengan gaya hidup sehat, maka risiko munculnya penyakit kanker hati karena pil KB ini bisa ditekan.

5 dari 7 halaman

4. Steroid Anabolik

Salah satu penyebab yang cukup serius akibat penggunaan obat-obatan adalah penggunaan obat berjenis steroid anabolik. Steroid tersebut biasanya digunakan oleh atlet binaraga dengan tujuan meningkatkan massa otot. Padahal, steroid anabolik tersebut merupakan zat yang sangat ilegal. Dan apabila digunakan dalam jangka panjang maka dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker hati.

6 dari 7 halaman

5. Merokok

Merokok mungkin sangat sulit untuk dihilangkan dari kebiasaan sehari-hari, terutama di Indonesia, yang memang sebagian besar cukainya berasal dari tembakau. Padahal di bungkus rokok tersebut sudah terpampang jelas mengenai berbagai risiko kesehatan yang dapat timbul akibat merokok. Kandungan berbagai zat berbahay pada rokok sangat meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker hati.

Ada ribuan jenis racun berbahaya pada rokok tersebut. memang harga rokok sangat murah di Indonesia, namun hal tersebut tidak sebanding dengan biaya perawatan akibat kebiasaan merokok tersebut. Jadi, kurangi rokok dan mulailah mengonsumsi makanan sehat dan juga olahraga agar tubuh semakin kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.

7 dari 7 halaman

6. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Sebenarnya, konsumsi alkohol sendiri tidak lantas menjadi penyebab kanker hati. Namun, kanker hati akibat alkohol bisa muncul akibat adanya konsumsi alkohol yang berlebihan. Siriosis merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan kanker hati, dan siriosis ini akan semakin meningkat risikonya apabila konsumsi alkohol terlalu berlebihan. Oleh karena itu, selalu batasi konsumsi alkohol tersebut, dan akan lebih baik lagi jika Anda menghindarinya, karena selain berisiko menjadi penyebab penyakit kanker hati, alkohol juga meningkatkan risiko penyakit lain pada tubuh.