Sukses

11 Manfaat Buah Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah jambu biji merah dapat mencegah berbagai macam penyakit. Apalagi buah ini memiliki rasa manis yang digemari banyak orang. Cukup mudah ditemukan di Indonesia, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan tidak terlepas dari kandungan nutrisinya. Beberapa kandungan penting di dalam jambu biji seperti mineral dan vitamin mampu menyehatkan tubuh. Bahkan jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan.

Jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang tidak begitu banyak. Dengan berbagai kandungan tersebut, manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020) tentang manfaat buah jambu biji merah

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Melancarkan Saluran Pencernaan

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jambu biji merupakan buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab jambu biji mengandung vitamin C tinggi yang bisa mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk.

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini salah satunya adalah dapat mengurangi risiko terkena penyakit infeksi. Selain itu, vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam penyembuhan luka, meningkatkan fungsi otak, serta membantu tubuh menyerap zat besi.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan berikutnya adalah untuk melancarkan saluran pencernaan. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

Kandungan serat dalam satu buah jambu ini dapat memenuhi kurang lebih 12% kebutuhan serat harian. Selain itu, efek antimikroba yang ada dalam jambu juga mampu untuk mengatasi gangguan seperti diare. Risiko berbagai infeksi saluran pencernaan juga akan menurun dengan konsumsi jambu biji secara rutin.

3 dari 6 halaman

Mencegah Demam Berdarah dan Mengurangi Gejala Diabetes

Mencegah Demam Berdarah

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan yang satu ini mungkin sudah populer terdengar, yaitu untuk mencegah demam berdarah. Menurut penelitian, ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus dengue.

Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko pendarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue. Namun hal ini masih sebatas pengobatan herbal. Sebaiknya kamu selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait kondisi kesehatan dan dalam menggunakan berbagai obat-obatan alternatif.

Mengurangi Gejala Diabetes

Masih berkaitan dengan kandungan seratnya, manfaat buah jambu biji merah juga bisa dijadikan obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa jambu biji diduga secara signifikan dapat mengurangi gejala diabetes, serta mengurangi kerusakan akibat proses peradangan dan oksidasi pada penderita diabetes. Kamu bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

4 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol serta Mencegah Kanker

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat buah jambu biji merah juga dapat menjaga tekanan darah, sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah. Jambu biji merupakan buah yang sebaiknya kamu konsumsi jika menderita darah tinggi.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa didapatkan karena kandungan vitamin C dan serat dalam jambu biji. 

Mencegah Kanker

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

Kandungan vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.

5 dari 6 halaman

Menyehatkan Mata dan Kulit

Menyehatkan Mata

Manfaat buah jambu biji merah berikutnya adalah untuk menyehatkan mata. Kandungan vitamin A dalam jambu biji mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat. Jadi, kamu bisa mengonsumsi jambu biji secara teratur setiap harinya.

Menyehatkan Kulit

Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulit kamu terlihat segar kembali.

Selain itu, kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu juga mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.

6 dari 6 halaman

Mencegah Stres dan Meningkatkan Kemampuan Otak

Mencegah Stres

Jambu memilki kandungan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah magnesium. Kekurangan magenesium diduga dapat menyebabkan stres dan depresi. Hal ini karena magnesium memiliki peran dalam fungsi otak dalam mengatur suasana hati. Megnesium juga dapat membantu relaksasi saraf dan otot sehingga membuat seseorang lebih tenang.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfaat buah jambu biji merah berikutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan otak. Kemapuan kognitif otak umumnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang, terutama jika kita tidak dapat menjaga asuran nutrisi untuk otak.

Jambu memiliki kandungan sejumlah vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dan vitamin B3. Kedua vitamin ini merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kemampuan kognitif otak.

Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan makanan yang tinggi asam folat untuk membantu perkembangan janin. Asupan asam folat yang cukup sangat dibutuhkan dalam perkembangan otak dan sum-sum tulang belakang pada janin. Manfaat buah jambu biji merah untuk ibu hamil ini tentu sangat membantu bagi kehamilan.