Sukses

8 Manfaat Buah Nangka bagi Tubuh, Perhatikan Jumlah Konsumsinya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah nangka ternyata cukup banyak dan sangat baik bagi tubuh. Jenis buah yang hidup di daerah tropis ini juga sering dijadikan salah satu buah yang dikonsumsi saat diet sehat. Hal tersebut tidak terlepas dari manfaat buah nangka yang memang memiliki banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh.

Bagi masyarakat yang tinggak di daerah tropis seperti Indonesia, tentu tidak akan kesulit dalam memperoleh manfaat buah nangka. Karena, memang buah nangka sangat mudah untuk ditemukan. 

Agar bisa mendapat manfaat buah nangka ini, banyak cara mengolah yang bisa dicoba, salah satunya di jus. Rasa segar dari nangka memang akan cocok jika dibuat minuman berupa olahan jus ini. Selain itu, Anda bisa mendapatkan manfaat buah nangka hanya dengan memakannya langsung.

Karena sangat beragamnya manfaat buah nangka yang bisa didapatkan, maka tidak ada salahnya jika buah nangka dijadikan menu bahan makanan wajib yang dikonsumsi sehari-hari.

Agar semakin jelas apa saja manfaat buah nangka yang sebenarnya bisa Anda dapatkan, dibawah ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020).

2 dari 5 halaman

Menjaga Tekanan Darah dan Mengontrol Gula Darah

1. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat buah nangka yang pertama yaitu mampu untuk menjaga tekanan darah. Manfaat buah nangka ini bersumber dari kandungan kalium yang terdapat pada buah nangka. Merujuk American Heart Association (AHA), jenis makanan yang memiliki kandungan kalium akan mampu untuk membantu seseorang dalam menurunkan tekanan darah.

Cara kerja kalium untuk menurunkan tekanan darah tersebut dengan menangkal efek natrium dan mengurangi adanya ketegangan pada dinding di sekitar pembuluh darah.

2. Mengontrol Gula Darah

Buah nangka merupakan jenis buah yang memiliki kandungan indeks glikemik rendah. Indeks glikemkk sendiri merupakan sebuah ukuran seberapa cepat terpengaruhnya gula darah untuk naik setelah mengonsumsi makanan. Alasan mengapa buah nangka memiliki indeks glikemik rendah, karena adanya serat yang cukup banyak.

Serat ini memperlambat proses mencerna makanan sehingga gula yang terdapat pada makanan tidak terlalu mempengaruhi naiknya kondisi gula darah tubuh. Makanan dengan kandungan indeks glikemik rendah juga menjadi salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3 dari 5 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Menjaga Kesehatan Tulang

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah nangka yang bisa didapatkan adalah dalam hal peningkatan kekebalan tubuh. Antioksidan dan vitamin yang ada di buah nangka dapat menjadi penunjang dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh. Maka ada baiknya Anda yang memang memiliki masalah dengan kekebalan tubuh, bisa mengonsumsi buah nangka secara rutin. Karena dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda akan terlindungi dari serangan virus dan bakteri.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah nangka selanjutnya yaitu membantu tubuh dalam memperkuat dan menjaga kesehatan tulang. Nangka memiliki kandungan magnesium yang merupakan salah satu nutrisi penting dalam penguatan tulang. Selain itu beragam jenis vitamin yang ada pada nangka juga turut membantu dalam meningkatkan kualitas tulang Anda.

Tidak ada salahnya juga Anda memberikan buah nangka ini untuk anak-anak. Karena, selama masih dalam masa pertumbuhan, akan sangat baik jika asupan yang membantu pertumbuhan tulang diperbanyak.

4 dari 5 halaman

Sebagai Sumber Energi dan Percepat Penyembuhan Luka

5. Sebagai Sumber Energi

Nangka memang memiliki rasa yang manis. Rasa manis pada nangka tersebut berasal dari kandungan sukrosa dan fruktosa yang ada pada nangka. Kedua jenis bahan tersebut merupakan jenis gula alami yang dapat memberi tubuh asupan tenaga.

Namun, karena adanya kandungan gula tersebut, Anda perlu membatasi konsumsinya. Karena justru akan ditakutkan jika dimakan berlebihan akan menimbulkan kelebihan kalori di tubuh Anda.

6. Percepat Penyembuhan Luka

Nangka ternyata memiliki manfaat yang cukup baik bagi penyembuhan berbagai macam luka pada tubuh. Hal ini karena nangka kaya akan kandungan dari vitamin C. Kandungan vitamin C ini sangat membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya sampai disitiu, ternyata karena vitamin C inilah proses pembentukan kolagen dapat lebih cepat.

Kolagen ini juga merupakan zat yang sangat penting dalam membantu tubuh untuk menjaga kesehatan kulit, tulang, pembuluh darah, serta bagian tulang rawan. Oleh karena itu, dengan rutin mengonsumsi nangka maka bisa membuat penyembuhan jika terjadi luka jadi lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Cegah Sembelit dan Menjaga Kesehatan Mata

7. Cegah Sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi pada nangka dapat membantu Anda terhindar dari masalah sembelit. Serat memang sangat berguna dalam mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti susah buang air besar.

Dengan mengonsumsi nangka dalam jumlah yang cukup, maka akan mampu melunakkan feses dan akan membuat feses lebih lancar untuk keluar dari tubuh. Dan tentunya dengan pencernaan yang lancar akan membuat tubuh juga semakin sehat.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Buah nangka memiliki kandungan vitamin A Beta-Karoten yang sangat berlimpah. Kandungan tersebut dapat memberikan nutrisi yang sangat sehat untuk mata. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut dapat melindungi mata dari infeksii karena virus dan bakteri. Dan, dengan mengonsumsi nangka ternyata juga sangat efektif dalam mencegah terjadinya degenerasi retina dan dapat mengurangi risiko timbulnya katarak pada mata.

Walaupun manfaat buah nangka sangat beragam, bukan berarti Anda bisa berlebihan dalam mengonsumsinya. Jadi, tetap konsumsi buah nangka dengan sewajarnya saja.