Sukses

6 Cara Hindarkan Pikiran Negatif Sebelum Tidur Agar Tidak Mimpi Buruk

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu cara untuk istirahat total setelah beraktivitas seharian. Namun, mimpi buruk seringkali menjadi penghalangnya. Alih-alih esok hari pikiran sudah kembali segar, tetapi karena mimpi buruk justru menjadi beban tambahan. Di sini pentingnya mengetahui cara hindarkan pikiran negatif sebelum tidur, karena sering kali sumber mimpi buruk berasal dari pikiran negatif.

 

Tubuh sudah mulai lemas dan mata ingin terpejam, tetapi pikiran masih melanglang buana entah ke mana. Walaupun mimpi memiliki dampak positif, tetapi tidak semua mimpi bernilai demikian. Cara hindarkan pikiran negatif sebelum tidur bukan sekadar untuk mencegah mimpi buruk, tetapi juga mencegah terjadinya stres yang berkepanjangan.

Cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur juga perlu sekali dilakukan karena umumnya, manusia akan selalu mendapatkan mimpi pada ditidurnya. Manusiawai karena memang beberapa mimpi yang dialami, merepresentasikan hal-hal yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata. Meskipun terkadang hal-hal seperti ini cukup melegakan, tetapi terkadang pula cukup mengganggu keseharian.

Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur agar tidak mimpi buruk, Selasa (12/5/2020).

2 dari 7 halaman

Tidur Lebih Awal

Binghamton University melakukan sebuah penelitian kepada beberapa responden. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa kebanyakan para responden yang diteliti memiliki kecenderungan pada kekhawatiran dan stres. Hasilnya pun mengatakan hal seperti ini disebabkan karena masih adanya pikiran negatif sebelum tidur.

Mereka juga menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur larut malam, memiliki kadar pikiran negatif lebih banyak. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang memiliki kebiasaan tidur lebih awal dan memiliki jam tidur ideal. Pikiran dan mimpi buruk ini juga erat kaitannya dengan orang yang memiliki kebiasaan tidur dengan waktu yang tidak ideal atau lebih singkat.

Nah, hal seperti ini bisa diatasi dengan cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur yakni tidur lebih awal. Bisa dengan mulai membangun kebiasaan baru untuk tidur lebih awal agar waktu tidur yang didapat ideal, yakni 7-8 jam.

Membangun kebiasaan seperti ini memang cukup sulit, apalagi bagi orang yang sudah menderita insomnia. Namun, semua orang bisa memulainya dengan secara bertahap. Misal dengan majukan jam tidur menjadi 15 sampai 30 menit lebih awal dari biasanya.

3 dari 7 halaman

Pikirkan Hal Positif

Salah satu cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur yakni dengan berlatih positif self-talk atau memikirkan hal positif. Bisa dengan segera mengalihkannya kepada doa, kata-kata motivasi penyemangat, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga bahwa pikiran negatif atau negatif selftalk muncul ketika situasi sedang memburuk. Selain situasi yang buruk, bisa juga berkaitan dengan toxic atau racun orang-orang sekitar yang tidak menyenangkan.

Bagi yang tidak sanggup menghadapi, akan berujung pada kepasrahan, menyalahkan diri sendiri, hingga mencemaskan masa depan, dan hubungan dengan lingkungan sekitar. Hal seperti ini bukanlah kebiasaan yang baik untuk diteruskan, justru akan membuat waktu istirahat semakin kacau karena mimpi buruk dan stres berlebihan.

4 dari 7 halaman

Relaksasi

Relaksasi merupakan salah satu cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena relaksasilah yang akan membersihkan pikiran negatif dalam otak. Relaksasi ini dapat dilakukan dengan bantuan psikolog, terapis, atau juga bantuan teknologi.

Bisa dengan mencoba menonton video tentang panduan relaksasi yang dapat diakses melalui internet. Kemudian bisa juga dengan mengikuti program pelatihan meditasi atau yoga dengan dipandu oleh instruktur yang profesional sebagai terapi mengatasi permasalahan tidur ini.

5 dari 7 halaman

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan menjadi salah satu cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengurangi stres seseorang. Hampir mirip dengan relaksasi yang dipandu oleh ahli profesional, latihan pernafasan juga sangat ampuh menghalau segala pikiran negatif yang mengganggu dan akan menjadi mimpi buruk.

Latihan pernapasan juga bisa membuat seseorang merasa lebih santai dan tenang saat tidur. Ada beberapa teknik atau latihan pernapasan yang bisa dilakukan, yakni pernapasan diagframa (bernapas dalam-dalam melalui perut dan embuskan secara perlahan), equal breathing (menghirup dan mengembuskan pernapasan secara bersamaan dalam hitungan 4-6 detik), dan resistance breathing (hirup napas dan keluarkan dari bibir atau hidung).

6 dari 7 halaman

Mendengar Musik

Mendengarkan musik terutama musik favorit termasuk cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur. Biasa disebut pula dengan terapi musik. Terapi ini, jika bisa dilakukan secara konsisten akan sangat membantu menyembuhkan gangguan tidur. Pilihlah jenis musik yang menenangkan, seperti musik instrumen, musik klasik, dan suara alam.

Jenis musik tanpa lirik ini dipilih karena dipercaya dapat membuat siapa saja yang mendengarkan, menjadi terfokus mengikuti irama serta lebih mahir mengatur laju nafasnya. Bahkan dengan mendengarkan musik atau lagu dengan lirik yang positif, dapat mengubah pola pikir menjadi lebih jernih.

7 dari 7 halaman

Bayangkan Peristiwa Membahagiakan

Membayangkan sebuah peristiwa yang membahagiakan untuk membangkitkan mood, menjadi cara hilangkan pikiran negatif sebelum tidur yang bisa dicoba. Bisa dengan membayangkan liburan ke negara impian atau masa-masa bahagia bersama pasangan.