Sukses

6 Gerakan Yoga Sederhana Agar Bisa Kentut, Mudah Dilakukan

Ketahui cara agar bisa kentut dengan melakukan gerakan yoga yang mudah dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Kentut memang seringkali dianggap hal yang memalukan. Kentut juga dianggap najis karena bau gasnya yang tidak sedap. Namun, perlu diketahui juga jika tidak bisa kentut atau sering menahan kentut justru akan menyakitkan. Tidak hanya menyakitkan tetapi mengganggu kesehatan pada saluran pencernaan. Hingga ada yang harus berupaya dengan cara agar bisa kentut.

 

Sebelum membicarakan cara agar bisa kentut, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Kentut ini dihasilkan dari gas pada saluran pencernaan yang sudah menumpuk. Gas ini bisa berasal dari permen karet, merokok, dan minuman soda. Semakin banyak menelan udara, maka akan semakin banyak pula gas dalam perut yang akan memicu sensasi panas dan kembung.

Selain kentut, gas ini juga bisa dikeluarkan melalui sendawa. Namun, ketika tidak bisa mengeluarkan gas melalui kentut dapat berarti pula ada masalah pada sistem pencernaan. Masalah ini sering disebut sebagai obstruksi perut. Obstruksi merupakan kondisi penyumbatan usus yang disebabkan oleh tinja, benda asing dari luar, atau kanker. Di sini pentingnya mengetahui cara agar bisa kentut yang mudah dilakukan.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menggosok perut dengan gerakan searah jarum jam selama beberapa saat dan mengonsumsi sayur, kacang-kacangan, produk susu, karbonasi, serta serat tinggi. Namun, teknik yoga juga termasuk cara agar bisa kentut yang efektif dilakukan. Berikut ulasan mengenai cara agar bisa kentut yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Child’s Pose

Child’s pose atau pose anak kecil merupakan salah satu cara agar bisa kentut dari gerakan dasar yoga. Posisi child’s pose ini akan sangat membantu untuk melemaskan pinggul dan punggung pada bagian bawah. Jika pinggul dan punggung bagian bawah berhasil dilemaskan, maka akan sangat membantu proses pemindahan gas melalui usus.

Bisa mulai dengan ambil posisi merangkak, kemudian tarik bokong ke arah belakang hingga duduk di atas tumit. Regangkan lengan ke arah depan tubuh dan usahakan sampai menyentuh matras. Selanjutnya, tempelkan dahi pada lantai, sedangkan tubuh menumpu pada kaki. Lakukan gerakan ini sembari menarik napas dalam-dalam dan tetap dalam keadaan rileks. Lakukan secara rutin untuk mempercepat pelepasan gas di perut yang sudah menumpuk.

3 dari 7 halaman

Knee To Chest Pose

Pose knee to chest disebut juga dengan “apanasana”. Gerakan yoga yang satu ini merupakan bagian dari cara agar bisa kentut yang cukup efektif dilakukan. Pose ini bisa mulai dilakukan dengan berbaring dan mengangkat kaki. Tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat. Kemudian tarik lutut ke arah dada hingga menempel pada dahi.

Pastikan juga bahwa pada bagian lutut dan mata kaki kanan dan kiri menempel. Pertahankan posisi ini selama 15 sampai 60 detik untuk memberikan tekanan pada perut. Dengan demikian, tubuh akan mencoba mengeluarkan angin melalui kentut.

4 dari 7 halaman

Happy Baby Pose

Pose ini biasa dilakukan oleh bayi yang sering menggenggam kaki mereka saat berbaring. Pose yoga ini termasuk bagian dari cara agar bisa kentut, yang mudah dilakukan. Selain dapat memicu kentut, gerakan yoga ini juga dapat membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiran.

Mulai dengan mengambil posisi berbaring dan angkat lutut ke sisi tubuh. Tekuk lutut menggunakan telapak kaki yang mengarah ke langit-langit. Jika memungkinkan, pegang kaki dengan kedua tangan dan tarik secara perlahan untuk menciptakan tarikan pada otot kaki dan tangan. Tahan posisi yoga ini selama satu menit dan rasakan aliran gas dari perut. Maka secara perlahan, udara yang menumpuk di perut akan keluar secara perlahan.

5 dari 7 halaman

Seated Forward Fold

Pose yoga yang satu ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan melemaskan tubuh. Bahkan juga bagian dari cara agar bisa kentut yang bisa dilakukan. Dapat berati pula bahwa gerakan ini bisa digunakan sebagai “obat” saat tidak bisa kentut.

Caranya memulainya cukup mudah, yakni dengan duduk tegak di atas lantai dengan kaki lurus ke depan tubuh, kemudian bungkukkan tubuh ke arah depan. Rentangkan tangan juga ke arah depan sejauh yang bisa dilakukan. Bila memungkinkan, tempelkan dahi ke lutut tanpa harus menekukkan kaki. Hal inilah yang nantinya bisa membantu memberikan tekanan pada perut dan mendorong gas keluar.

6 dari 7 halaman

Squat

Posisi squat adalah salah satu pose yang paling sederhana untuk mengeluarkan gas dalam perut. Sebut saja ini bagian dari pose cara agar bisa kentut dari yoga. Gerakan yoga ini bisa diawali dengan posisi berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul.

Kemudian, turunkan tubuh sejauh yang bisa dilakuan yakni dengan mendorong punggung ke belakang. Lakukan gerakan ini sambil naikkan lengan lurus ke depan untuk menjaga keseimbangan. Lalu turunkan tubuh seperti ingin duduk atau jongkok, angkat sebentar dan kembali ke posisi awal.

7 dari 7 halaman

Twist

Tidak sedikit pose yoga yang menggunakan gerakan memutar atau twist. Ternyata, gerakan ini termasuk pada bagian cara agar bisa kentut pada yoga. Kamu bisa melakukan gerakan memutar saat berdiri tegak, lalu memberikan tekanan pada sumbu tubuh dan membantu melepaskan gas.

Gerakan ini bisa dilakukan sambil berbaring, kemudian menggerakkan lutut yang ditekuk ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini dianggap dapat meregangkan dan mengencangkan organ dalam yang mudah dilakukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini