Sukses

9 Manfaat Kapulaga untuk Pria, Bantu Jaga Kesehatan Ginjal

Ketahui manfaat kapulaga untuk pria agar bisa memaksimalkan konsumsinya.

Liputan6.com, Jakarta Kapulaga termasuk dalam jenis rempah yang bisa dijadikan bumbu dan obat-obatan herbal. Bahkan, tidak banyak yang mengetahui bahwa manfaat kapulaga untuk pria mampu cegah penyakit ginjal juga.

Terutama bagi perokok aktif, manfaat kapulaga untuk pria bisa bantu menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Meski begitu, membatasi konsumsi rokok juga masih harus diperhatikan. 

Sebelum membahas mengenai manfaat kapulaga untuk pria, sejenis rempah, ketahui dulu jenis kapulaga di Indonesia. Ada kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga India atau kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum).

Buah kapulaga Jawa berwarna merah dan berbentuk bulat, sedangkan kapulaga India memiliki warna hijau, dengan tekstur berserat, dan bentuk lonjong. Dan kapulaga ini masih termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Jadi, tidak heran jika begitu banyak manfaat kapulaga untuk kesehatan. Apalagi rempah di Indonesia cukup banyak.

Berikut ulasan mengenai manfaat kapulaga untuk pria yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Pria

Anti-Inflamasi

Anti inflamasi yang dimiliki kapulaga ini sangat baik untuk mencegah peradangan. Hal ini perlu sekali dilakukan karena dalam jangka panjang, peradangan bisa menyebabkan penyakit kronis. Beruntung efek anti-inflamasi dalam kapulaga ini sangat ampuh digunakan untuk melawan peradangan.

Jadi, tidak heran jika kapulaga dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya penyakit kronis, seperti kanker, penumpukan lemak di pembuluh darah (aterosklerosis), diabetes melitus, dan hipertensi yang juga sering dialami pria. Kemudian sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Termasuk antioksidan dalam kapulaga, dipercaya mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menghentikan terjadinya peradangan.

Melancarkan Pencernaan

Kapulaga ternyata sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan, entah pria maupun wanita. Kapulaga ini termasuk dari salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Pada setiap sendok kapulaga, terdapat kandungan 2 gram serat. Maka dari itu, kapulaga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan pria.

Terutama bagi pria yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Termasuk membantu mencegah pembengkakan pembuluh darah di dubur, yang sering dialami pria karena sembelit. Bahkan kapulaga juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lain, seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Pria

Menjaga Kesehatan Ginjal dan Saluran Kencing

Masalah kesehatan ginjal dan saluran kencing yang sering dialami oleh pria, kini bisa diatasi dengan kapulaga. Hal ini disebabkan karena kapulaga memiliki sifat diuretik yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal.

Bahkan, kapulaga juga sangat ampuh digunakan untuk mencegah penyakit infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi manusia, terutama pria.

Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Kapulaga sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Terutama bagi pria perokok aktif yang selalu dihadapkan dengan permasalahan mulut dan tenggorokkan. Sifat antiinflamasi yang dimiliki kapulaga bisa membantu meredakan gejala seperti sariawan, radang tenggorokan, sakit gigi, hingga gusi bengkak. Kapulaga juga dipercaya ampuh untuk meredakan napas tidak sedap dan membuat napas kembali lebih segar.

Mengurangi Stres

Bagi pria yang gila kerja atau sedang dihadapkan dengan pekerjaan berat, kapulaga ini bisa dijadikan obatnya. Sifat antidepresan yang dimiliki kapulaga sangat efektif untuk membantu mengurangi stres. Begitu juga dengan mengonsumsi dan menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Pria

Melegakan Pernapasan

Kapulaga ternyata juga efektif untuk melegakan pernapasan. Hal ini disebabkan karena kandungan minyak atsiri pada kapulaga, yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Begitu juga kapulaga, sangat baik untuk penderita bronkitis karena dapat membantu melancarnya sirkulasi darah ke paru-paru. Kemudian penyakit asma dengan membuat jaringan trakea menjadi tenang.

Seksualitas Pria

Ejakulasi dini masalah yang kerap dialami oleh pria. Namun tidak perlu khawatir karena kapulaga bisa membantu mengatasinya. Sifat afrosidiak pada kapulaga ternyata mampu meningkatkan gairah seksual pada pria, mencegah ejakulasi dini, hingga penyakit impotensi.

Cara mengolahnya cukup mudah, gabungkan saja kapulaga dengan jahe dan cabai menjadi menu makanan. Kemudian dihidangkan dengan Wedang Cengkeh Kapulaga dan Wedang Rempah. Dibuat kue kering yang digabungkan dengan rempah-rempah lain seperti cengkeh, jahe, kayumanis, dan pala.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Pria

Baik untuk Tulang

Kapuaga juga efektif menjaga kesehatan tulang pria yang lebih banyak melakukan aktivitas fisik, jika dibandingkan dengan wanita. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi dalam kapulaga seperti vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan tubuh dari penyakit osteoporosis.

Anti-Mikroba

Kaulaga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat ampuh membantu mencegah masalah infeksi. Infeksi yang biasa disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur utamanya. Bisa dikatakan juga bahwa kapulaga termasuk jenis obat herbal yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.