Sukses

9 Jenis-Jenis Pameran Seni Rupa, Berdasar Karya hingga Jumlah Seniman

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis pameran seni rupa sebenarnya sangatlah beragam. Berbagai jenis-jenis pameran seni rupa ini bisa dibedakan berdasar beberapa kategori, mulai dari jenis karya yang ditampilkan, hingga banyaknya jumlah seniman yang menampilkan karya mereka. 

Sebelum lebih jauh membahas jenis-jenis pameran seni rupa, pameran sendiri merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh satu atau lebih seniman, dengan tujuan untuk menunjukkan atau menyampaikan karya seni mereka kepada masyarakat umum.

Pameran menjadi sebuah kegiatan yang menjadi alat komunikasi antara seniman kepada orang yang menikmati karya seni mereka. Dengan adanya jenis-jenis pameran seni rupa tersebut, karya seni yang dihasilkan para seniman dapat dinikmati.

Bahkan, karya seni tersebut dapat dinilai, diberi penghargaan bahkan sangat terbuka untuk mendapat kritik dari para penikmatnya. Dan, berbagai bentuk apresiasi tersebut membuat seniman belajar untuk meningkatkan hasil karyanya.

Lalu, apa saja jenis-jenis pameran seni rupa tersebut? Dibawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai jenis-jenis pameran seni rupa disertai dengan unsur dari pameran juga tujuan diadaknnya pameran tersebut, Rabu (13/5/2020).

2 dari 4 halaman

Tujuan Pameran

Dimulai dari membahas mengenai apa sebenarnya tujuan dari diadakannya pameran seni rupa tersebut. Karena, setiap pameran yang diadakan pastinya memiliki tujuannya masing-masing. Atau, dalam beberapa hal, tujuan dari adanya pameran ini karena bisa berhubungan dengan urgensi tentang adanya isu tertentu. Namun, secara umum tujuan diadakannya sebuah pameran antara lain:

1. Tujuan Komersil

Pameran dengan tujuan komersil ini memang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan bagi seniman serta pihak penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pada pameran ini seniman bisa membuka penawaran khusus terhadap karyawanya, dan tidak jarang yang membuka lelang terhadap suatu karya.

2. Tujuan Sosial

Dalam prosesnya sebenarnya hampir sama, yaitu dengan menawarkan sebuah karya seni untuk dijual kepada penikmat karya tersebut. Namun, yang membedakan adalah keuntungan tersebut akan disalurkan untuk kegiatan sosial seperti, untuk membantu korban bencana alam dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Jenis Jenis Pameran

Jenis pameran seni rupa ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori yang didasarkan waktu penyelenggaraan, berdasar jumlah seniman yang tampil, berdasar ragam jenis karya, dan juga berdasar faktor lainnya. Berikut penjelasannya:

A. Berdasar waktu penyelenggaraan:

1. Periodik, yaitu sebuah pameran yang diselenggarakan secara berkala pada periode tertentu, misalkan setahun sekali atau pameran yang merupakan event tahunan.

2. Insidental, merupakan jenis pameran yang diselenggarakan karena memang diperlukan dan pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja.

3. Permanen, pameran ini diadakan pada tempat yang tetap dan tidak akan berubah serta biasanya buka hampir setiap hari pada jam-jam tertentu. Biasanya jenis pameran permanen seperti di musem.

 

B. Pameran berdasarkan jumlah seniman yang tampil:

4. Pameran tunggal, pameran ini diselenggarakan oleh satu orang dan biasanya hanya terdapat satu jenis karya seni yang ditampilkan.

5. Kelompok, jenis pameran ini diselenggarakan oleh sebuah kelompok atau komunitas seni. Biasanya, pada jenis pameran ini akan ditampilkan banyak karya seni yang diciptakan oleh berbagai seniman.

 

C. Pameran dilihat dari ragam jenis karya:

6. Homogen, pameran ini dimaksudkan untuk menampilkan satu jenis karya seni.

7. Heterogen, jenis karya di pameran ini ada beragam jenisnya.

 

D. Sedangkan jenis pameran karena faktor lainnya:

8. Pameran restospeksi, merupakan jenis pameran yang merupakan turunan dari pameran perorangan. Biasanya, pameran restospeksi ini diadakan oleh perorangan. Isi dari pameran ini biasanya mengenai perjalanan karir atau hidup dari seniman tersebut.

9. Pameran desain, pameran ini khusus untuk menampilkan produk misalnya produk elektronik, kerajinan tangan, furnitur, otomotif, dan lain sebagainya.

4 dari 4 halaman

Unsur Pameran

Unsur pameran ini meliputi konsep, pendanaan, hingga karya seni rupa yang akan di pertunjukkan. Lebih lengkapnya mengenai unsur-unsur pameran tersebut adalah berikut ini:

1. Usur Penyelenggara

Penyelenggara pameran merupakan sekelompok orang yang akan mengatur dan bertanggung jawab terhadap kelancaran dari kegiatan pameran. Penyelenggara pameran biasanya akan menjadi penyambung lidah antara seniman dan pengunjung pameran tersebut. 

2. Unsur Karya Seni

Unsur ini menjadi salah satu hal yang harus dengan matang dipikirkan dan dipersiapkan. Jenis dari karya seni tersebut bisa berupa karya seni 2 dimensi atau 3 dimensi. Biasanya, semakin banyak karya seni yang di tampilkan, akan semakin beragam nilai yang dapat diambil oleh pengunjung pada sebuah kegiatan pameran. 

3. Unsur Tempat

Setelah mempertimbangkan jenis dari karya seni, maka selanjutnya dengan menetapkan baik ruang atau tempat yang dijadikan lokasi pameran. Sebagai contoh, seni rupa berupa lukisan atau karya fotografi akan lebih baik jika dilaksanakan di dalam ruangan agar terhindar dari risiko terjadinya hujan atau hal lain yang dapat merusak karya seni tersebut. Intinya adalah bagaimana untuk memberi estetika yang baik namun tetap memikirkan kemanan dari karya seni tersebut. 

4. Unsur Peralatan

Setelah tempat ditentukan, maka sepantasnya sebuah karya seni rupa di display dengan sangat menarik, bisa dengan memberi sentuhan pencahayaan atau lain sebagainya. Serta, unsur ini harus dapat memberi nilai estetika serta menonjolkan keindahan dari karya seni tersebut. 

5. Unsur Pengunjung

Unsur ini bisanya menjadi unsur yang dapat menunjang dari pameran tersebut. Untuk menarik pengunjung tidak jarang para penyelenggara mengadakan tambahan acara seperti penampilan musik atau workshop yang menarik bagi maryarakat untuk mengunjungi kegiatan pameran ini. 

Itulah tadi jenis-jenis pameran seni rupa beserta segala unsur serta tujuannya yang bisa menambah wawasan Anda pada bidang kesenian.