Sukses

6 Manfaat Mandi Air Dingin bagi Tubuh, Bisa Tingkatkan Metabolisme

Liputan6.com, Jakarta Manfaat mandi air dingin bagi tubuh ternyata cukup banyak. Selain menyegarkan, mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Bahkan, manfaat mandi air dingin bagi tubuh ini tidak kalah dengan ketika mandi menggunakan air hangat. Selain itu, mandi menggunakan air dingin sangat cocok jika dilakukan pada  daerah yang memiliki iklim tropis hingga panas seperti di Indonesia.

Namun, bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin cukup menjadi hal yang menantang, terutama jika dilakukan pada pagi hari. Karena memang suhu dari air di pagi hari cenderung sangat dingin setelah melawati udara malam berjam-jam.

Namun, walaupun membuat tubuh menjadi menggigil, mandi menggunakan air dingin justru memberi manfaat yang tidak terduga. Manfaat mandi air dingin bagi tubuh ini bahkan digunakan para atlet olahraga untuk mengkondisikan tubuhnya setelah latihan berat.

Lalu, seperti apa manfaat mandi air dingin bagi tubuh tersebut? Untuk menjawab rasa penasaran mengenai manfaat mandi air dingin bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan, maka dibawah ini Liputan6.com telah merangkum beberapa manfaat mandi air dingin bagi tubuh jika rutin dalam melakukannya, Kamis (26/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Mengatasi Kelelahan

Munculnya rasa lelah setelah melakukan aktivitas yang cukup pada seharian tentu akan sangat membuat tidak nyaman. Dan apabila sudah datang saatnya waktu untuk mandi, maka tidak ada salahnya Anda mencoba mandi dengan menggunakan air dingin.

Karena, mandi menggunakan air dingin dipercaya akan dapat membantu dalam mengurangi rasa lelah yang sedang dialami tubuh. Hal ini karena air yang dingin bermanfaat dalam meredakan nyeri dan inflamasi pada otot. Inilah mengapa jika Anda merupakan orang yang suka dan memang rutin olahraga atau mungkin sangat intens dalam melakukan aktivitas yang berat, sangat disarankan jika Anda mandi dengan air dingin.

3 dari 7 halaman

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu respon yang akan muncul ketika Anda mandi air dingin pasti adalah respons berupa kaget. Respons kaget ini dapat memicu kerja jantung agar bekerja lebih efisien untuk memompa darah ke seluruh tubuh,

Dengan jantung yang bekerja lebih efisien, maka sirkulasi darah akan sangat lancar sehingga akan berguna dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, dengan sirkulasi darah yang lancar juga akan membantu tubuh dalam membilas plak yang menempel di area dinding pembuluh darah.

Tidak hanya sampai di situ saja, sirkulasi yang lancar tersebut juga mendorong kerja sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Dan dampak jangka panjang yang paling menguntungkan adalah akan membantu menurunkankadar asam urat.

4 dari 7 halaman

3. Meredakan Stres

Ternyata, mandi dengan menggunakan air dingin dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik yang berguna untuk meningkatkan tersedianya neurotransmiter seperti norepinefrin dan endorfin. Dan seperti yang sudah umum diketahui, kandungan endorfin merupakan jenis zat yang dapat memberikan efek berupa rasa bahagia. Itulah mengapa dengan mandi air dingin dapat menjaga suasana hati serta dapat meredakan stres yang dialami.

5 dari 7 halaman

4. Membantu Melawan Infeksi

Salah satu manfaat mandi air dingin bagi tubuh yaitu mampu untuk merangsang sel darah putih yang ada di dalam aliran darah. Sel darah putih atau leukosit ini memiliki fungsi untuk melawan infeksi yang dapat muncul di dalam tubuh. Itulah mengapa, dengan mandi menggunakan air dingin justru dapat menekan risiko Anda untuk terkena flu dan juga pilek. Namun, tetap saja jangan terlalu lama saat mandi air dingin, cukup 10-15 menit saja.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat mandi air dingin bagi tubuh selanjutnya yaitu kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh. Hal ini karena paparan air dingin tersebut akan membuat tubuh bekerja lebih keras agar dapat mempertahankan suhunya yang stabil. Namun, dengan meningkatnya metabolisme ini buka berarti Anda bisa begitu saja menjadikan metode mandi air dingin sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

Karena, untuk menurunkan lemak dibutuhkan waktu yang cukup panjang agar metabolisme berhasil membakar lemak. Sedangkan mandi hanya dilakukan selama 10-15 menit saja, selebihnya justru akan membuat Anda menjadi sakit.

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Salah satu manfaat mandi air dingin bagi tubuh yang terakhir yaitu kemampuannya dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Dapat dikatakan jika mandi air dingin merupakan cara yang memang dipercaya menjadi salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Mandi dengan air dingin dipercaya dapat mengencangkan kutikula pada rambut serta kulit melalui pengerutan pembuluh darah sementara yang diakibatkan sebagai respon dari perubahan suhu mendadak saat tubuh terkena air dingin.

Dan ketika kutikula serta pori pada kulit mengencang, maka hal tersebut akan mencegah kotoran serta elemen berbahaya lainnya yang berpotensi menyumbat pori-pori pada kulit serta kulit kepala.

Itulah tadi beberapa manfaat mandi air dingin bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan apabila rutin dalam melakukannya, namun jangan terlalu lama dalam mandi dengan air dingin ya, karena justru akan membuat tubuh menjadi berisiko tinggi terkena penyakit akibat kedinginan seperti hipotermia.