Sukses

10 Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jambu biji merah dapat dinikmati setiap hari. Jambu biji merupakan buah tropis berkulit hijau muda atau kuning dengan daging buah berwarna putih, pink, atau merah. Manfaat jambu biji merah lebih banyak mengandung anthocyanin dan likopen, antioksidan kuat yang memberi warna merah pada buah.

Manfaat jambu biji merah memang sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat. Dalam keadaan matang, buah ini sangat manis namun cukup rendah indeks glikemik. Manfaat jambu biji merah juga mengandung mangan, folat, dan vitamin A yang mendukung fungsi tubuh.

Rendah kalori dan tinggi serat membuat manfaat jambu biji merah baik untuk menurunkan berat badan. Vitamin dan mineralnya membantu meningkatkan kesehatan. Manfaat jambu biji merah yang sangat penting di antaranya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut manfaat jambu biji merah seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/5/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat jambu biji merah

Bantu turunkan gula darah

Beberapa bukti menunjukkan bahwa jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Jambu biji kaya akan serat sehat dan indeks glikemik yang rendah. Ini membuat jambu biji mampu mencegah perkembangan diabetes. Makanan dengan indeks glikemik rendah akan menghambat lonjakan tiba-tiba kadar gula, sementara kadar serat memastikan kadar gula diatur dengan baik.

Sehatkan jantung

Kandungan antioksidan dalam jambu biji merah mampu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah jambu biji membantu meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium tubuh yanh baik untuk penderita hipertensi. Konsumsi jambu biji merah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan kolesterol yang sangat erat hubungannya dengan penyakit jantung.

3 dari 6 halaman

Manfaat jambu biji merah

Bantu redakan stres

Jambu biji kaya akan magnesium yang dikenal dapat menghilangkan stres. Konsumsi jambu biji mampu melemaskan saraf dan otot tubuh, memberi dorongan energi baik, dan melawan stres. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meringankan kecemasan seseorang. Jambu biji adalah camilan yang tepat setelah selesai bekerja atau beraktivitas.

Lancarkan pencernaan

Jambu biji adalah sumber serat makanan yang sangat baik. Konsumsi jambu biji merah mampu meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit serta diare. Biji jambu biji, jika dicerna utuh atau dikunyah, berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik, membantu pembentukan gerakan usus yang sehat. ifat antimikroba jambu biji juga dapat melawan mikroba usus berbahaya yang berpotensi mencegah infeksi pencernaan.

4 dari 6 halaman

Manfaat jambu biji merah

Bantu turunkan berat badan

Jambu biji rendah kalori dan tinggi serat yang dapat mendukung penurunan berat badan. Jambu biji merah bisa menjadi camilan sehat yang dikemas dengan vitamin dan mineral. Tanpa mengurangi asupan protein, vitamin, dan serat, jambu biji membantu menurunkan berat badan dengan mengatur metabolisme.

Tingkatkan kekebalan tubuh

Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C tertinggi. Buah jambu biji bahkan mengandung 4 kali lipat kandungan vitamin C dalam jeruk. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh terhadap infeksi. Memenuhi asupan vitamin C dapat membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi. Salah satu manfaat kekebalan tubuh dari jambu biji adalah mempercepat penyembuhan dan mencegah flu.

5 dari 6 halaman

Manfaat jambu biji merah

Cegah kanker

Lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya dalam jambu biji merah bertindak sebagai antioksidan kuat yang menetralkan radikal bebas, mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah jambu biji telah terbukti berhasil secara luas dalam mengurangi risiko kanker prostat dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena adanya likopen. Likopen lebih terkonsentrasi pada jambu biji berwarna merah.

Sehatkan kulit

Berbagai macam vitamin dan antioksidan yang dikemas dalam jambu biji dapat bekerja sangat baik untuk kulit. Jambu biji dapat menjaga kulit tetap segar dan meningkatkan kecerahan kulit. Antioksidan dalam jambu biji dapat melindungi kulit dari kerusakan dan dapat memperlambat proses penuaan serta mencegah keriput. Jambu biji juga bisa membantu mengencangkan kulit wajah.

6 dari 6 halaman

Manfaat jambu biji merah

Sehatkan mata

Vitamin A dalam jambu biji juga dapat meningkatkan penglihatan. Likopen yang terkandung dalam jambu biji merah merupakan jenis karotenoid yang dikenal baik untuk kesehatan mata. Antioksidan dalam jambu biji ini mampu mengahambat perkembangan katarak dan degenerasi makula terkait usia. Vitamin C yang berlimpah dalam jambu biji merah juga mendukung kesehatan penglihatan yang lebih baik.

Baik untuk kehamilan

Jambu biji merah aman dan sehat dikonsumsi selama kehamilan. Buah dengan aroma khas ini mengandung folat atau vitamin B-9 yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Folat dapat membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan melindungi bayi baru lahir dari gangguan neurologis. Folat sangat penting untuk mengurangi risiko cacat lahir selama kehamilan. Jambu biji juga mengandung vitamin B6 dan B3 yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan kognitif. Serat dalam jambu biji merah juga dapat mencegah sembelit, masalah umum yang dihadapi selama kehamilan.