Sukses

16 Destinasi Wisata Dekat Jakarta yang Wajib untuk Dikunjungi

Beragam destinasi wisata dekat Jakarta ini bisa menjadi tujuan untuk berlibur untuk melepas penat.

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata dekat Jakarta ini bisa dijadikan alternatif pelepas penat setelah berhari-hari melakukan rutinitas yang sangat padat. Ada berbagai macam destinasi wisata dekat Jakarta yang ternyata sangat menarik untuk dikunjungi.

Namun, uniknya destinasi wisata dekat Jakarta ini lebih banyak berada di Bogor. Ya, memang lokasi Bogor tidak terlalu jauh dari ibu kota. Jenis destinasi wisata dekat Jakarta ini mulai dari wisata perkebunan hingga pegunungan.

Bahkan beberapa destinasi wisata dekat Jakarta tersebut sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan. Jadi sangat rugi jika tidak kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan saat berlibur.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai destinasi wisata dekat Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama teman, pasangan, dan tentunya keluarga saat sedang berlibur, Kamis (14/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Destinasi Wisata Dekat Jakarta: Gunung dan Perkebunan

1. Argowisata Gunung Mas

Masih dari sekitar Puncak, lokasi ini merupakan destinasi yang cocok jika kamu ingin menikmati kesejukan alam sembari berfoto di hamparan kebun teh yang sangat asri. Dan memang tempat ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk melepas penat juga stres dari padatnya kehidupan perkotaan.

2. Kebun Raya Bogor

Masih di daerah sekitar Bogor, tepatnya di salah satu objek wisata yang terkenal yaitu Kebun Raya Bogor. Lokasi dari Kebun Raya Bogor ini ada di Jalan Ir. H. Juanda nomor 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Di area Kebun Raya Bogor ini terdapat sangat banyak jenis tumbuhan yang beberapa di antaranya cukup langka. Bahkan, Kebun Raya Bogor ini menyimpan lebih dari 15.000 spesies pohon. Dengan beraneka ragamnya kekayaan alam yang ada di Kebun Raya Bogor, maka tidak ada salahnya jika lokasi ini dijadikan destinasi wisata di hari libur bersama keluarga.

3. Taman Wisata Mekarsari

Salah satu lokasi yang cukup dekat dengan Jakarta adalah Taman Wisata Mekarsari. Lokasi Taman Wisata Mekarsari ini tepatnya berada di Cileungsi, Bogor. Di Taman Wisata Mekarsari ini terdapat lebih dari 1.400 jenis tanaman buah yang memang sengaja dibiarkan tumbuh dan dijadikan objek wisata utamanya. Di taman ini kamu bisa berfoto-foto sekaligus menikmati pemandangan pepohonan yang ada di taman ini.

4. Kebun Raya Cibodas

Bergeser dari Bogor, lokasi wisata ini juga masih ada di wilayah Jawa Barat tepatnya di Cianjur. Destinasi wisata dekat Jakarta ini menawarkan berbagai macam koleksi lumut. Lumut di Kebun Raya Cibodas ini memang sengaja di kembang biakkan.

5. Bukit Kapur Ciampea

Selain beberapa tempat di atas, saat liburan akhir pekan di Bogor kamu juga bisa mengunjungi Bukit Kapur Ciampea. Bukit ini menawarkan pesona berupa pemandangan indah dan menakjubkan yang menyegarkan mata.

6. Gunung Pancar

Salah satu wisata berupa gunung ini bisa kamu kunjungi bersama teman-teman dan keluarga saat liburan. Di Gunung Pancar ada beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke lokasi tersebut, seperti kegiatan outbound dan juga berfoto.

3 dari 5 halaman

Destinasi Wisata Dekat Jakarta: Penangkaran Hewan

7. Taman Safari Bogor

Selanjutnya ada kebun binatang Taman Safari Bogor yang menjadi tempat untuk melindungi berbagai satwa seperti gajah, harimau, singa, panda, hingga simpanse. Disini kamu bisa melihat hewan-hewan tersebut langsung dari mobilmu.

8. Penangkaran Rusa Cariu

Salah satu lokasi penangkaran rusa di Bogor ini juga menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan untuk berlibur. Ya, di lokasi ini kamu akan menemukan sangat banyak rusa yang dibiarkan hidup di alam bebas, yang tentunya kamu juga bisa berinteraksi dengan mereka seperti memberi makan hingga berfoto bersama dengan rusa.

4 dari 5 halaman

Destinasi Wisata Dekat Jakarta: Objek Wisata Air

9. Telaga Warna

Mugkin nama tempat wisata Telaga Warna ini juga populer di salah satu daerah di Jawa Tengah, yaitu Dieng. Ternyata Telaga Warna ini juga terdapat di Kawasan Puncak, Bogor. Telaga Warna ini memiliki pemandangan alam yang sangat menawan dan juga dikelilingi oleh banyak pepohonan yang sangat rindang.

10. Air Terjun Bidadari

Seakan tidak ada habisnya Bogor menghadirkan tempat-tempat wisata indahnya, salah satunya yaitu Air Terjun Bidadari. Lokasi Air Terjun Bidadari ini sering menjadi tujuan wisata keluarga untuk berlibur.

Air Terjun Bidadari ini dikelilingi oleh pepohonan yang menimbulkan suasana yang asri dan tenang. Debit air di Air Terjun Bidadari ini juga tidak terlalu deras, sehingga sangat aman jika ingin berenang di sekitarnya.

11. Little Venice

Lokasi dari Little Venice ini berada di Cianjur, Jawa Barat. Little Venice memiliki nuansa yang sangat kental seperti di luar negeri. Memang Little Venice ini merupakan replica dari Kota Venesia di Italia yang terkenal akan Kota Kanal. Disini kamu juga bisa menaiki kapal-kapal layaknya di Venesia, Italia.

5 dari 5 halaman

Destinasi Wisata Dekat Jakarta: Curug

12. Curug Cibaliung

Masih dari sekitar Bogor, Curug Cibaliung ini memiliki air yang sangat jernih dan juga bersuhu dingin. Selain menyegarkan untuk dipandang, kamu juga bsa berenang di curug ini sembari berfoto-foto mengabadikan momen berliburmu.

13. Curug Leuwi Hejo

Dan masih dari daerah Bogor, destinasi wisata ini bernama Curug Leuwi Hejo. Lokasi wisata ini memiliki air yang cukup jernih dan aman untuk digunakan berenang karena curug ini tidak terlalu dalam. Selain itu, pemandangan sekitarnya juga sangat menyejukka mata dan membuat pikiran menjadi segar.

14. Curug Cigamea

Curug ini juga masih berada di daerah Bogor, memang Bogor sangat kaya akan destinasi wisata alamnya. Salah satu wisata curug ini menawarkan pengalaman seru untuk menuruni anak tangga yang cukup banyak. Dan hampir sama dengan curug lainnya, curug ini sarat akan keindahan pemandangan di sekitarnya.

15. Curug Love

Curug Love berlokasi di Desa Bantar Karet, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Objek wisata yang disuguhkan di Curug Love ini yaitu berupa pemandangan alam yang begitu asri dan menawan. Ciri khas dari Curug Love ini karena dikelilingi oleh bebatuan besar yang dialiri air jernih, dimana air ini juga bisa kamu jadikan lokasi untuk berenang.

16. Curug Ciherang

Destinasi wisata dekat Jakarta ini masih termasuk destinasi wiasata yang cukup baru dan belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Lokasi curug yang masih masuk di daerah Bogor ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat memesona.

Di Curug Ciherang juga di lengkapi berbagai fasilitas berupa jembatan yang bisa di lewati pengunjung jika ingin mengambil foto di atas rumah pohon. Selain itu, dari kejauhan, kamu juga bisa melihat indahnya air terjun yang menyejukkan mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.