Sukses

7 Langkah Kecil untuk Mengubah Kamu Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan merasakan manfaat bulan ramadan sepenuhnya, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan sebentar lagi berakhir, jangan sia-siakan bulan suci penuh berkah ini. Terlebih masih ada malam seribu bulan, lailatur qadar yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Ingat resolusi-resolusi yang kamu buat di awal ramadan, jangan sampai itu tinggal kenangan.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan merasakan manfaat bulan ramadan sepenuhnya, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah:

1. Bersyukur atas apa yang dimiliki

Di luar sana banyak orang yang masih harus berjuang melawan wabah dan berjuang mempertahankan hidup. Kita yang berada di rumah sudah selayaknya bersyukur masih diberi kesehatan, tidur nyenyak, berkumpul bersama keluarga dan banyak hal lainnya. Jangan fokus apa yang tidak kita miliki, tetapi bersyukurlah apa yang sudah dimiliki.

2. Menyegerakan ibadah

Berada di rumah dan mudah menjangkau air wudhu, tak ada alasan lagi untuk menunda melaksanakan ibadah sholat begitu adzan telah berkumandang. Banyak sekali keutamaannya, dari jaminan masuk surga hingga mendapatkan pahala yang sangat besar. Selain menyegerakan sholat, kamu pun bisa meningkatkan ibadah lain seperti rajin sholat sunnah, dzikir dan mengaji.

3. Produktif dan kerja keras

Suasana kerja memang tak sama seperti sebelumnya. Namun jangan jadikan alasan untuk malas bekerja. Justru di saat seperti ini, bagi kamu yang karyawan kamu harus tetap produktif untuk mendukung perusahaan untuk bertahan melewati krisis. Sementara kamu yang pengusaha dan pedagang, justru punya tanggung jawab lebih besar karena harus menghidupi karyawan dan keluarga sendiri.

Sebaliknya bagi para pelajar dan mahasiswa, berada di rumah aja bukan berarti banyak bermain dan bersantai. Justru kamu harus semakin giat belajar karena banyak pelajaran yang tidak bisa diberikan secara langsung oleh guru maupun dosen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pola hidup sehat

Berada di rumah membuat kamu lebih mudah menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari istirahat cukup dan tepat waktu, karena tidak ada lagi cerita harus pulang malam karena lembur dan macet-macet. Itu baru soal istirahat, untuk pola makanan pun jadi lebih sehat karena tidak jajan sembarang dan bisa menikmati makanan rumahan.

5. Mempererat kebersamaan keluarga

Situasi physical distancing ditambah suasana ramadan menjadi momen bagi kita untuk meningkatkan kebersamaan keluarga, mempererat silaturahmi dengan saudara-saudara, tetangga dan lainnya. Jangan biarkan momen ini berlalu begitu saja tanpa kesan yang mendalam.

6. Mencoba hal baru

Ramadan selalu di rumah menjadi momen yang tepat untuk mencoba hal baru. Daripada kamu menghabiskan waktu untuk tidur dan bermain saja, lebih baik mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan kamu. Terlebih banyak hal yang bisa dipelajari dari internet dan media sosial. Mulai dari memasak, melukis, menulis, mendesain, mengedit foto dan video serta banyak hal lainnya.

7. Berjanji untuk lebih baik

Langkah kecil selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat janji. Bikin janji yang kecil-kecil aja dulu, jangka pendek yang kemungkinan besar bisa kita wujudkan. Dengan begitu kamu tetap bisa memiliki tanggung jawab tanpa harus memikul beban berat.

Selagi ramadan masih ada beberapa hari, ini saatnya kamu berjanji untuk lebih baik. Biar tidak sendirian, yuk bikin Janji #RamadanBarengDANA. Tak hanya bisa mengobarkan semangat dan meneguhkan komitmen, kamu juga berkesempatan memenangkan Samsung Galaxy S10+. Caranya gampang banget, segampang kamu update status di media sosial.

Selengkapnya ikuti panduan Bikin Janji #RamadanBarengDANA berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini