Sukses

6 Manfaat Safron untuk Kecantikan Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat safron untuk kecantikan kulit wajah bisa diterapkan sebagai perawatan rutin. Rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus Sativus ini memang memiliki banyak manfaat, seperti untuk dijadikan bumbu masakan, sebagai obat tradisional untuk kesehatan, hingga perawatan kecantikan.

Dengan berbagai khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan, banyak yang mengatakan bahwa safron adalah rempah-rempah termahal di dunia. Harganya saja ditaksir bisa mencapai Rp 500 ribu per gramnya.

Manfaat safron untuk kecantikan bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Rempah-rempah berwarna merah kecokelatan ini bisa digunakan sebagai perawatan kulit wajah dengan cara mencampurnya dengan berbagai bahan lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020) tentang manfaat safron untuk kecantikan.

2 dari 7 halaman

Mencerahkan Kulit

Manfaat safron untuk kecantikan yang pertama adalah mencerahkan kulit. Menggunakan safron untuk perAwatan kecantikan kulit wajah dapat membuat rona alami kulit kembali bercahaya.

Jika kamu ingin memiliki kulit cerah, kamu bisa mencampurkan bunga safron, susu, dan kayu cendana. Campur hingga menjadi pasta dan aplikasikan pada wajah. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas hingga tuntas.

Kamu juga bisa mencoba cara berikutnya, yaitu dengan mencampurkan beberapa helai safron dengan susu yang belum dipasteurisasi dan perasan jeruk lemon. Diamkan selama satu jam hingga safron menyatu sempurna dengan susu kemudian terapkan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit.

Cara ini cukup efektif karena safron mengandung senyawa crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan menghidrasi kulit.

3 dari 7 halaman

Melawan Jerawat

Manfaat safron untuk kecantikan berikutnya adalah melawan jerawat. Punya khasiat anti-bakteri dan anti peradangan, safron dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi jerawat serta mencegah breakout yang lebih parah.

Cara menggunakan safron untuk kulit bebas jerawat adalah dengan merendam campuran 10 helai safron dengan 5-6 daun basil segar di air jernih, lalu tumbuk sampai menjadi krim dan gunakan di kulit yang berjerawat.

4 dari 7 halaman

Mengatasi Bekas Jerawat

Selain dapat melawan jerawat, manfaat safron untuk kecantikan juga dapat mengatasi bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan campuran safron dan daun basil seperti cara sebelumnya untuk mengatasi bekas jerawat. Setelah campuran tersebut berbentuk pasta, kamu bisa mengoleskannya pada wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Safron bersifat antifungal dan saat dipadukan dengan daun basil, maka akan menjadi agen antibakteri yang baik bagi kulit sekaligus mampu menghilangkan bekas jerawat secara efektif. Kamu juga bisa menambahkan bubuk kunyit yang bekerja sebagai antiseptik untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Manfaat safron untuk kecantikan kulit wajah berikutnya adalah mengatasi lingkar hitam di sekitar mata. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara menggunakan masker dari safron dan campuran beberapa bahan lainnya.

Lingkar hitam pada mata bisa diatasi dengan menggunakan safron yang dicampurkan dengan dua sendok teh air putih dan didiamkan selama satu malam. Jika sudah diekstraksi, kamu bisa menambahkan susu dan minyak zaitun, serta sedikit gula pada campuran tersebut dan aplikasikan sebagai masker pada area mata yang menghitam. Jika sudah, bilaslah dengan bersih.

Masker mata ini berfungsi untuk menghilangkan kulit kusam di area mata, mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan tekanan darah. Hasilnya, kulit terlihat lebih halus dan bercahaya.

6 dari 7 halaman

Menjadi Toner Wajah

Manfaat safron untuk kecantikan kulit juga bisa sebagai perawatan harian. Safron bisa digunakan sebagai toner wajah dengan cara memasukkan beberapa helai safron ke dalam air mawar. Diamkan selama 15 menit, kocok hingga merata dan terapkan ke wajah yang telah dibersihkan.

7 dari 7 halaman

Menjadi Masker Wajah

Manfaat safron untuk kecantikan kulit wajah berikutnya adalah sebagai bahan masker wajah. Hal ini bisa dijadikan perawatan rutin kamu. Safron mengandung senyawa bernama crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C.

Kamu bisa menggunakannya untuk membuat kulit lebih bersinar dengan cara mencampurkan beberapa helai safron dengan madu, kemudian pijat perlahan pada wajah. Selain untuk melancarkan peredaran darah di wajah, cara ini juga bisa menghidrasi serta menghaluskan kulit.

Kamu juga bisa membuat masker wajah dari susu, helaian safron dan bubuk cendana. Campurkan seluruh bahan hingga bertekstur seperti pasta kemudian terapkan pada wajah.