Sukses

6 Manfaat Gunung Berapi bagi Kehidupan Manusia, Jaga Kelestariannya

Manfaat gunung berapi bagi manusia bisa membantu berbagai lini kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat gunung berapi bagi kehidupan sangatlah besar, apalagi untuk orang-orang yang tinggal di sekitar gunung tersebut. Gunung berapi bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan banyak makhluk hidup, tidak hanya manusia namun juga hewan dan tumbuhan.

Saat terjadi erupsi gunung berapi yang letusannya cukup dahsyat, tentu bisa membuat orang-orang di sekitarnya cemas dan ketakutan. Hal ini memang tidak jarang terjadi di Indonesia yang memiliki begitu banyak gunung berapi.

Manfaat gunung berapi bagi manusia bisa membantu berbagai lini kehidupan. Oleh karena itu, untuk terus mendapatkan manfaat dari gunung berapi ini, setiap manusia harus menjaga kelestariannya dan tidak semabarangan merusak alam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020) tentang manfaat gunung berapi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sumber Penyimpan Air

Manfaat gunung berapi yang pertama dan paling penting adalah sebagai sumber air. Saat kamu mendaki gunung atau berada di wilayah pegunungan, tentunya kamu akan banyak menemui mata air atau sumber air.

Sebagai tempat penyimpanan air, gunung mengalirkan airnya ke tempat yang lebih rendah hingga bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari manusia. Air inilah yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk minum, mandi, mencuci, dan melakukan kegiatan lainnya.

Jika tidak ada air sehari saja, tentunya kamu tidak bisa hidup sebagaimana biasanya. Air merupakan salah satu sumber utama kehidupan. Jika tidak ada air, semua makhluk hidup tidak dapat hidup dan menjalankan aktivitasnya.

3 dari 7 halaman

Menyuburkan Tanah

Manfaat gunung berapi yang kedua adalah menyuburkan tanah. Abu vulkanis yang dikeluarkan gunung api saat terjadi erupsi atau letusan dapat menyuburkan tanah pertanian karena banyak mengandung unsur hara tanaman.

Jadi tidak mengherankan kalau daerah sekitar gunung api biasanya sangat subur dan cocok untuk tempat tumbuh banyak tanaman. Tanah subur dihasilkan dari pencampuran material vulkanik dengan tanah. Tanah yang tercampur materi vulkanik menyimpan banyak nutrisi yang diperlukan tumbuhan, dan bermanfaat untuk bidang pertanian.

Tanah dari letusan gunung berapi juga bisa menghasilkan habitat baru bagi hewan dan tumbuhan. Selain itu, adanya gunung api yang tinggi menyebabkan terjadinya hujan orografis, sehingga daerah itu menjadi daerah yang banyak hujan.

4 dari 7 halaman

Menghasilkan Bahan Mentah

Manfaat gunung berapi selanjutnya adalah untuk menghasilkan bahan mentah. Gunung api terbentuk dari keluarnya magma dari dalam bumi. Magma yang menuju permukaan bumi banyak membawa mineral logam, dan barang tambang lainnya.

Bahan mentah seperti sulfur, emas, dan tembaga tersedia berkat adanya aktivitas vulkanik gunung berapi. Batu permata di dalam perut bumi bisa dibawa ke permukaan oleh jenis magma yang disebut kimberlite. Oleh karena itu di daerah pegunungan dan gunung api banyak ditemukan bahan tambang.

5 dari 7 halaman

Menghasilkan Material untuk Bangunan

Berbagai bahan bagunan juga bisa didapatkan dari hasil erupsi gunung berapi. Material yang dikeluarkan gunung api saat terjadi letusan yang berupa pasir, kerikil, batu-batu besar, semuanya merupakan mineral industri yang dapat digunakan untuk bahan bangunan.

Batu-batuan yang dikeluarkan gunung berapi saat erupsi sangat bermanfaat untuk penduduk sekitar. Pasalnya penduduk sekitar dapat mengambilnya dan menjualnya ke daerah-daerah yang membutuhkan untuk membangun rumah atau gedung.

Apalagi, berbeda dengan batu-batuan lainnya, batu hasil dari erupsi gunung berapi dikenal sangat kuat dan tahan lama. Manfaat gunung berapi satu ini tentunya sangat besar untuk kehidupan pembangunan.

6 dari 7 halaman

Objek Wisata

Salah satu manfaat gunung berapi yang sedang hangat-hangatnya beberapa tahun belakangan tentunya adalah sebagai objek wisata. Manfaat gunung berapi satu ini sangat dirasakan oleh orang-orang yang tinggal di sekitar pegunungan. Mereka bisa membuka usaha yang cocok diberikan untuk para pendaki gunung atau wisatawan.

Bahkan tak sedikit turis mancanegara yang datang ke Indonesia hanya untuk menikmati keindahan gunung. Salah satu primadona tentunya Gunung Semeru di Jawa Timur. Semua orang Indonesia tentu tau keindahan Semeru yang menawan. Tidak jarang kamu bertemu dengan turis mancanegara saat mendaki gunung ini, karena alamnya yang indah memang tidak perlu diragukan lagi.

Selain Semeru, Gunung Rinjani juga memiliki daya tarik tersendiri di mata turis mancanegara. Selain memiliki pesona alam yang menakjubkan, penduduk di sekitar gunung yang ramah menyambut para wisatawan menjadi nilai tambah yang tentunya membuat gunung ini semakin populer.

7 dari 7 halaman

Menjalankan Usaha Perkebunan

Daerah yang bergunung api biasanya merupakan daerah tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai daerah hutan, perkebunan, dan daerah pariwisata. Manfaat gunung berapi satu ini sangat baik untuk menjalankan usaha perkebunan. Apalagi dengan tanahnya yang subur.

Banyak tanaman yang tumbuh subur di daerah pegunungan. Hal tersebut disebabkan kondisi tanah di pegunungan sangat bagus. Bahkan saat ini cukup banyak petani yang berhasil menggarap perkebunannya dengan baik dan menuai hasil yang besar.

Itulah beberapa manfaat gunung berapi bagi kehidupan manusia. Dengan mengenali berbagai manfaat gunung berapi ini, diharapkan kamu bisa lebih menjaga kelestarian dan keasrian gunung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini