Sukses

10 Tempat Wisata di Pulau Lombok Populer, Eksotis dan Menawan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Pulau Lombok menawarkan destinasi eksotis dan menawan. Pulau Lombok merupakan potensi wisata besar yang dimiliki Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki keindahan yang tak kalah dari Pulau Dewata Bali.

Ada banyak tempat wisata di pulau Lombok yang bisa dikunjungi. Pulau Lombok terkenal dengan gili atau pulau kecilnya yang sangat asri. Gili ini seperti Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Namun, sebelum mulai menjelajah gili-gili ini tak ada salahnya untuk menikmati tempat wisata di Pulau Lombok terlebih dahulu.

Tempat wisata di Pulau Lombok didominasi oleh jajaran pantai yang indah. Di Pulau Lombok juga terdapat Gunung Rinjani yang jadi destinasi favorit wisatawan. Tempat wisata di Pulau Lombok kini sudah terkenal hingga mancanegara.

Tempat wisata di Pulau Lombok juga menjadi sumber perekonomian masyarakat Lombok. Berikut 10 tempat wisata di Pulau Lombok terpopuler, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

2 dari 6 halaman

Tempat wisata di Pulau Lombok

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi destinasi pulau Lombok yang paling populer selain jajaran pantainya. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Gunung Rinjani menjadi favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Di Gunung Rinjani pengunjung dapat menikmati keindahan alam seperti Danau Segara Anak, Goa Susu, Goa Manik, Goa Payung, sumber air panas, serta tempat perkemahan.

Taman wisata Pusuk Sembalun

Taman wisata Pusuk Sembalun merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Gunung Rinjani. Dari ketinggian 1.250 m dpl kamu bisa melihat indahnya Gunung Rinjani, perbukitan hijau, dan hamparan petakan sawah bak permadani.

3 dari 6 halaman

Tempat wisata di pulau Lombok

Pantai Tangsi

Pantai Tangsi kerap juga disebut sebagai Pantai Pink. Terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Pantai Tangsi memiliki pasir pantai berwarna pink. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang berwarna pink.

Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan dikenal dengan kegiatan seremonialnya yaitu upacara Bau Nyale oleh suku Sasak. Bau Nyale merupakan sebuah acara perburuan cacing laut. Acara ini diselenggarakan sekitar bulan Februari dan Maret. Pusat dari upacara ini berada di Pantai Kuta Lombok dan Pantai Kaliantan.

4 dari 6 halaman

Tempat wisata di Pulau Lombok

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit memiliki pantai pasir putih dan tebing karst putih. Di sini terdapat sebuah gua yang sempat digunakan tentara Jepang di Perang Dunia II.

Kawasan di sekitar Tanjung Ringgit merupakan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan Indonesia. Tanjung Ringgit berlokasi di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan tempat wisata di pulau Lombok yang paling terkenal. Pantai ini bahkan serupa dengan pantai Kuta di Bali. Lokasi Pantai Senggigi cukup strategis, karena cukup dekat dengan pusat Kota Mataram.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih dengan garis pantai yang cukup panjang. Di pantai ini wisatawan bisa bersantai, memancing, snorkling, berselancar, hingga berwisata kuliner.

5 dari 6 halaman

Tempat wisata di Pulau Lombok

Narmada

Narmada merupakan kecamatan yang berada di kaki Gunung Rinjani. Daerah ini terkenal karena adanya taman raja yang dinamai Taman Narmada. Taman ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Di dalamnya, terdapat kolam tirta dan pura yang dibangun sebagai replika dari keagungan Rinjani. Dulunya, selain sebagai tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

Mandalika

Mandalika merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berfokus pada sektor pariwisata. Spot andalah di wilaya ini di antaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung, dan Pantai Gerupuk

6 dari 6 halaman

Tempat wisata di Pulau Lombok

Air Terjun Mangkusakti

Air Terjun Mangku Sakti terletak di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Aliran air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak di atas Gunung Rinjani.

Air Terjun Mangku Sakti dikelilingi oleh berbagai jenis batuan yang unik dan khas. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Mangku Sakti, pengunjung juga dapat menemukan dua air terjun kecil yang tak kalah indah yaitu ir Terjun Mangku Kodek dan Air Terjun Kuda Sembrani.

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun yang tak kalah indah di Lombok adalah Benang Kelambu. Air Terjun Benang Kelambu terbagi atas beberapa aliran yang bersebelahan dan jatuh di antara hutan belantara. Air yang mengalir di antara tebing hijau ini tipis dan kecil bak benang kelambu yang menjuntai.

Air terjun ini memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, dan memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 Meter.