Sukses

16 Manfaat Taoge Bagi Pria dan Wanita, Turunkan Risiko Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat taoge bagi pria dikenal mampu tingkatkan kesuburan. Tak terkecuali bagi wanita, taoge ampuh cegah gangguan menstruasi dan menopause. Salah satu sayuran yang sedap dan kaya manfaat.

Kecambah kecil ini biasa dijadikan campuran soto, gado-gado, dan kari. Mudah juga cara membuatnya. Hanya perlu merendam benih kacang hijau dengan kombinasi suhu dan kelembaban yang tepat. Setelah itu tinggal diolah agar manfaat taoge bagi pria dan wanita bisa dirasakan dengan sempurna.

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Kebanyakan taoge yang dijual di pasaran diduga mengandung bakteri Salmonella. Bakteri penyebab infeksi berbahaya. Agar aman, hindari konsumsi taoge mentah, cium bau taoge, dan cuci bersih sebelum mengolah. Jika sudah, maka manfaat taoge bagi pria dan wanita akan menjadi lebih maksimal.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat taoge bagi pria dan wanita dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Taoge Bagi Pria untuk Kesuburan

Tingkatkan Kualitas Sperma

Konsumsi taoge dapat meningkatkan kualitas sperma bagi pria. Terutama taoge yang dikonsumsi bersama makanan bergizi. Konsumsi juga sumber makanan kaya antioksidan selain taoge. Antioksidan ini dapat membentuk sperma yang sehat, sehingga meningkatkan potensi pembuahan.

Seimbangkan Hormon

Konsumsi taoge dapat membantu menyeimbangkan hormon. Terutama membantu meningkatkan kadar hormon testosteron dan menurunkan kadar estrogen. Peningkatan kadar testosteron dapat mengembalikan massa otot, menurunkan berat badan, lebih berstamina, dan meningkatkan gairah seks.

Antioksidan

Taoge memang mengandung vitamin E yang kaya antioksidan. Antioksidan dalam taoge akan melindungi sel-sel dari radikal bebas, termasuk sel telur dan sperma. Begitu juga akan memperbaiki pergerakan sperma dan mengoptimalkan jumlahnya.

3 dari 7 halaman

Manfaat Taoge Bagi Wanita untuk Kesuburan

Cegah Kanker Payudara

Kandungan vitamin E dalam taoge berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini sangat ampuh menangkal radikal bebas. Jadi, tidak heran jika pemicu penyakit kanker payudara dapat dihindarkan. Konsumsi taoge lebih rutin agar manfaatnya lebih maksimal.

Cegah Gangguan Menstruasi

Taoge termasuk jenis sayuran yang membantu lancarkan menstruasi. Kandungan antiosidan dalam taoge inilah penyebabnya. Dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga menstruasi lebih lancar dan teratur.

Cegah Gangguan Menopause

Kandungan antioksidan dalam taoge dapat cegah gangguan menopase. Kemampuannya meningkatkan aliran darah mampu hindarkan faktor berbagai macam penyakit. Termasuk menghindarkan wanita dari gangguan pada masa pra-menopause.

4 dari 7 halaman

Manfaat Taoge Bagi Wanita untuk Kecantikan

Perawatan Kulit dari Dalam

Kandungan vitamin E dalam taoge ada banyak sekali. Kabar baik bagi wanita karena vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Rajin mengonsumsi taoge  akan membuat kulit lebih sehat secara alami. Bahkan, kulit menjadi lebih halus, kenyal, dan lembab.

Merawat Kuku dan Rambut

Selain bagus untuk kulit, vitamin E dalam taoge juga bagus untuk kuku dan rambut. Rutin mengonsumsi taoge akan membuat kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah. Termasuk, rambut akan terhindar dari masalah kerontokan.

5 dari 7 halaman

Manfaat Taoge Bagi Pria dan Wanita

Kontrol Gula Darah

Taoge dapat membantu mengendalikan gula darah. Terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Konsumsi taoge ini akan lebih mengontrol gula darahnya. Kandungan antioksidan sulforaphane dalam taogelah penyebabnya. Kedua kandungan ini dapat mengontrol kadar insulin menjadi lebih normal.

Lancarkan Pencernaan

Taoge juga dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih mudah. Enzim dan serat dalam taoge inilah penyebabnya. Keduanya dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Proses pemecahan makanan juga menjadi lebih efektif, begitu juga penyerapan nutrisi dalam saluran pencernaan.

Sehatkan Jantung

Konsumsi taoge dapat mengurangi risiko penyakit jantung, seperti kadar kolesterol darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kecambah efektif tingkatkan kolesterol HDL "baik" dan kurangi kadar kolesterol LDL "buruk".

6 dari 7 halaman

Manfaat Taoge Bagi Pria dan Wanita

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Taoge ini memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A cukup tinggi. Sehingga dapat menguatkan stimulan bagi sel darah putih dalam tubuh. Stimulan yang kuat akan mempermudah tubuh lawan infeksi dan penyakit.

Bantu Penurunan Berat Badan

Taoge dikenal sebagai sayuran yang rendah kalori dan tinggi nutrisi. Sehingga konsumsi taoge dapat membantu menurunkan berat badan lebih optimal. Kandungan serat yang tinggi juga bantu perut terasa kenyang lebih lama. Menghambat pelepasan ghrelin, yakni hormon lapar yang mengindikasikan untuk makan berlebihan.

Lancarkan Sirkulasi Darah

Kecambah seperti taoge ampuh meningkatkan sirkulasi darah. Taoge akan membantu mempertahankan jumlah sel darah merah dengan jumlah besar. Termasuk zat besi dan tembaga.

Vitamin K yang dimilikinya juga mendukung pembekuan darah lebih cepat. Membantu memperbaiki kapiler sehingga membuat rambut lebih kuat dan tebal. Suplai darah yang sehat merupakan stimulan yang baik untuk pertumbuhan rambut.

7 dari 7 halaman

Manfaat Taoge Bagi Pria dan Wanita

Tingkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A dalam taoge sangat mendukung kesehatan mata. Begitu juga agen antioksidan di dalamnya mampu melindungi sel-sel mata dari radikal bebas. Lutein dan zeaxanthin dalam taoge telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia.

Atasi Anemia

Penyerapan zat besi bisa dipermudah dengan kandungan vitamin C dalam taoge. Zat besi dalam darah juga menjadi lebih baik dengan vitamin ini. Efeknya akan mempermudah pengobatan anemia dan mengurangi gejala anemia defisiensi besi.