Sukses

Cara Membuat Google Form yang Cepat, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat Google Form akan berguna bagi banyak orang. Pasalnya, interaksi virtual secara formal tidak bisa dilakukan di sosial media. Google Form inilah yang biasa digunakan untuk melakukan polling quick count.

Bagi pengajar, Google Form bisa digunakan untuk ujian online. Bagi mahasiswa, Google Form bisa digunakan untuk penelitian. Bagi pekerja kantoran, Google Form bisa digunakan untuk wadah survei karyawannya. Banyak sekali kegunaannya. Cara membuat Google Form juga mudah dan cepat dilakukan.

Sebelum mengetahui cara membuat Google Form, ada tiga serangkaian aplikasi online yang akan berkaitan. Saat mencoba menggunakan dan membuat Google Form, pengguna akan dihadapkan dengan aplikasi Documents, Spreadsheet, dan Slide. Namun, tidak perlu khawatir karena ketiga aplikasi ini yang akan semakin mempermudah penggunaannya.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat Google Form dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020).

2 dari 5 halaman

Google Form

Google Forms merupakan salah satu fitur Google Spreadsheet pada tahun 2008. Tepat setelah dua tahun peluncuran asli Sheets. Gunanya, yakni untuk menambahkan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir pada halaman lain. Google Spreadsheet ini yang akan mempermudah cara membuat Google Form.

Kini, Google terus menambah fitur ke Forms. Sampai akhirnya Google mengubahnya menjadi aplikasi mandiri pada awal tahun 2016. Sekarang untuk membuat dan mengelola formulir bisa diakses melalu docs.google.com/forms, yakni dengan template dan akses cepat ke semua formulir pada satu tempat saja.

Google Forms saat ini berfungsi sebagai alat formulir berfitur lengkap yang tersedia dengan gratis. Google Form bisa dibuat hanya dengan akun Google saja. Pengguna juga bisa menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag and Drop sesuai urutan, menyesuaikan bentuk dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Google Form

1. Dari forms.google.com, klik Blank atau pilih template.

2. Dari drive.google.com, klik New > Lainnya. Di samping Google Forms, arahkan ke Panah kanan dan klik Blank form or From a template.

3. Beri Nama formulir Anda: Di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru.

4. Tambahkan deskripsi: Di bawah nama form, tambahkan teks Anda.

5. Ubah warna latar belakang atau tema: Klik palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau tema.

Form Editor

Forms Editor bagian dari cara membuat Google Form ini sangat mudah dipelajari. Setelah membuat, formulir akan memenuhi bagian tengah layar, dengan ruang judul dan deskripsi diikuti kolom formulir. Pengguna bisa meng-klik bidang formulir untuk mengeditnya dan menambah sebuah pertanyaan.

Bisa juga menggunakan kotak dropdown di sebelah lapangan untuk memilih jenis bidang, misalnya bentuk pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan sebagainya. Pada Google Forms juga menawarkan beberapa opsi pengaturan. Toolbar, digunakan untuk menambahkan lebih banyak bidang formulir.

Pada menu kanan atas pengguna bisa mengubah skema warna form, melihat pratinjau formulir. Menggunakan tombol Send untuk berbagi formulir dan akses opsi tambahan lain seperti menginstal add-on untuk Forms.

Tab Responses digunakan editor formulir untuk melihat tanggapan terhadap formulir dan bisa ditautkan ke spreadsheet. Pengguna hanya perlu menambahkan pertanyaan dan mengirimkan formulirnya.

4 dari 5 halaman

Cara Menambahkan Pertanyaan

1. Klik Untitled question dan masukkan pertanyaan. Akan ada saran berdasarkan jenis pertanyaan pengguna.

2. Mengubah jenis pertanyaan bisa klik panah ke bawah.

3. Tambahkan opsi respons (berlaku untuk jenis pertanyaan).

4. Kemudian untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required.

5. Selanjutnya untuk menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.

6. Untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, klik ‘Duplicate’.

Perubahan dalam cara membuat Google Form ini akan disimpan secara otomatis. Pratinjau perubahan bisa dilihat kapan saja, di kanan atas, klik ‘Pratinjau’.

Fitur Google Form

Google Forms memiliki 12 jenis fitur, yakni 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang teks, foto, dan video. Cukup klik ikon pada side bar kanan untuk menambahkan pertanyaan baru. Bisa klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media pada formulir pengguna.

Setiap fitur terdapat tombol salin untuk menduplikat cepat. Cara yang cukup sederhana untuk menambahkan pertanyaan serupa ke formulir pengguna. Ada tombol hapus, pilihan untuk membuat lapangan dibutuhkan, dan menu dengan pilihan tambahan di sisi kanan.

Jenis pertanyaan bisa diganti kapan saja, tetapi perhatikan bahwa pengaturan lapangan dan pertanyaan akan diatur ulang jika pengguna beralih dari pilihan ganda, kotak centang, atau menu ke jenis pertanyaan lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengirim Google Form

Bila cara membuat Google Form sudah selesai. Google Form juga siap dikirim, pengguna bisa menggunakan fitur email, menyalin, dan menempelkan tautan dalam pesan chat atau email, menyematkannya pada situs web, atau berbagi tautan di sosial media. Berikut cara Mengirim Forms:

1. Dikanan atas, klik Kirim.

2. Mengumpulkan alamat email: Jika pendengar formulir terbatas pada organisasi, periksa secara otomatis kumpulkan alamat email organisasi responden. Jika ingin mendistribusikan formulir secara eksternal, periksa kumpulkan alamat email.

3. Pilih bagaimana ingin mengirim formulir.

4. Masukkan alamat email di kolom Kepada. Sesuaikan saja konten subjek dan pesan.

5. Link-Klik Link ‘insert link’. URL dapat dipersingkat. Klik Salin dan tempel tautan ke obrolan, percakapan, atau email.

6. Konten situs web-Klik kode Embed. Dimensi bingkai sebaris juga bisa ditemukan. Klik Copy dan paste HTML ke dalam website atau blog.

7. Mengirim Form ke sosial media, tinggal Klik salah satu ikon sosial media.