Sukses

7 Gua Terbesar di Dunia, Ada yang Bisa Dilihat Sambil Menyelam

Liputan6.com, Jakarta Gua merupakan lubang tanah yang terbentuk secara alami dengan ukuran yang besar. Memiliki pemandangan indah di dalamnya, tentu membuat gua semakin menarik untuk dikunjungi.

Di dalam gua terdapat batuan yang terbentuk dari mineral secara alami. Hal inilah yang membuat pemandangan di dalam gua menjadi semakin indah dan menarik.

Gua dapat diklasifikasikan dalam berbagai jenis, mulai dari batuan, jarak, ukuran, hingga jaringan. Untuk saat ini, gua terbesar di dunia merupakan Gua Hang Son Dong yang terletak di Vietnam.

Gua tersebut berdiri sendiri artinya tidak tergabung dalam sejumlah gua yang membentuk sistem jaringan. Maka dari itu, meski panjangnya hanya 9 km, namun gua ini dinobatkan sebagai yang terbesar di dunia. Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (26/5/2020). 

2 dari 8 halaman

1. Gua Hang Son Dong terletak di Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam. Gua ini merupakan yang terbesar di dunia. Meski hanya sepanjang 9 km, gua ini memiliki ketinggian hingga 180 m.

3 dari 8 halaman

2. Gua Sistema Ox Bel Ha di Meksiko memiliki panjang hingga 322.4 KM. Di dalam gua ini juga diperkenankan untuk menyelam dengan pendampingan dari ahli.

4 dari 8 halaman

3. Jewel Cave terletak di Dakota Selatan, Amerika Serikat. Di dalam gua ini terdapat stalaktit yang berbentuk kristal sehingga menyerupai permata. Gua ini diketahui merupakan gua terbesar nomer 3 di dunia.

5 dari 8 halaman

4. Mammoth Cave di Kentucky, Amerika Serikat adalah gua dengan jaringan terpanjang di dunia. Gua ini memiliki panjang hingga mencapai 640 KM dan di buka untuk umum pada tahun 1941.

6 dari 8 halaman

5. Shuanghedong Cave Network di China merupakan gua yang berbentuk jaringan. Terbentang sepanjang 238.4 KM, gua ini dinobatkan sebagai gua terpanjang nomer 6 di dunia.

7 dari 8 halaman

6. Gua Air Jernih terletak di Taman Nasional Gunung Mulu, Sarawak, Malaysia. Gua ini, merupakan salah satu gua dengan sistem jaringan terbesari di dunia. Terbentang sepanjang 224 KM, gua ini merupakan yang terpanjang ke-9 di dunia.

8 dari 8 halaman

7. Terletak di dalam pegunungan Abkhazia, New Athos Cave memiliki panjang 1,900 M dan kedalaman hingga 183 M. Di dalam goa ini uniknya terdapat stasiun kereta yang menghubungan dengan kota New Athos, Georgia.