Sukses

Hasil Panen Tak Laku Akibat Pandemi, Aksi Petani Bagi-bagi Sayuran Ini Viral

Sejumlah petani bagikan hasil panen sayuran secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta Wabah pandemi Corona Covid-19 di Indonesia membuat sejumlah aktivitas masyarakat terganggu. Terlebih lagi pemerintah memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di sejumlah wilayah. Cara ini pun diharapkan dapat mengatasi dan memutus penyebaran Corona Covid-19. Namun tak sedikit mata pencaharian warga juga turut berdampak. 

Meskipun pemerintah telah memberikan bantuan kepada warga yang berdampak akibat pandemi tersebut, masyarakat sendiri pun melakukan aksi saling bantu untuk orang yang lebih membutuhkan. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah petan di Malang ini. 

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan aksi para petani di Malang membagikan komoditi hasil panen mereka. Akibat wabah Corona Covid-19 yang merebak di Indonesia tak terkecuali Jawa Timur, membuat keuntungan dari hasil panen menurun.

Maka dari itu, para petani ini membagikan hasil komiditi mereka berupa sayuran ke pengguna jalan secara gratis. Video itu pun diunggah di laman akun Twitter @cholikk yang kemudian viral serta dikomentari banyak netizen. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Video Petani Bagikan Hasil Panen

Dilansir dari akun Twitter @cholikk oleh Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020) sebuah video diunggah pada Jumat (15/5/2020) yang memperlihatkan aksi para petani membagikan hasil panen mereka. Sejumlah petani itu tampak membagikan sayuran kepada para pengguna jalan yang melintas di jalan raya. 

Diketahui jika kejadian itu terjadi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Malang, Jawa Timur. Kabarnya para petani di Desa Kedungrejo terdampak virus Corona Covid-19 secara ekonomi. Akibatnya mereka tak dapat mendistribusikan hasil panen mereka. 

"Para petani di Desa Kedungrejo, Pakis - Malang ini juga terdampak pandemi shg komoditi hasil panen tdk bisa terdistribusi. Tp mereka mengajarkan empati, meskipun kondisi mereka tdk lebih baik dari yg mereka bantu." tulis pemilik akun. 

3 dari 3 halaman

Bagikan ke Pengendara Motor dan Mobil

Dalam video berdurasi 14 detik itu memperlihatkan beberapa petani saling melempar gulungan sayur lalu dibagikan kepada pengguna sepeda motor dan mobil. Petani yang memarkirkan kenderaan mereka di pinggir jalan tampak tumpukan sayur yang tak bisa didistribusikan sehingga mengalami kerugian. Agar tak sia-sia, petani di Malang ini pun memberikannya secara gratis kepada pengguna jalan yang lewat. 

Dari akun @cholikk ia menuliskan pula jika petani-petani tersebut sebelumnya membuang hasil panen mereka ke sungai. Hal itu lantaran mereka mengalami kerugian akibat pandemi Corona Covid-19. 

Unggahan video oleh @cholikk sudah diretweets sebanyak 6,5 ribu dan disukai lebih dari 11 ribu pengguna Twitter. Tak sedikit netizen memberikan komentarnya dari postingan video tersebut. 

"Tidak dapat dipungkiri, dalam video ini terdapat dua hal, empati pada sesama, dan juga mungkin rasa sdkit putus asa karena apa yg mereka jual menurun drastis entah harga atau daya belinya. Smoga lekas pulih semua ekonomi dn kesehatan, Indonesia." tulis @ryanhendraawan. 

"Emang bener yang namanya pahlawan tu ya salah satunya para petani." imbuh @luxefaaa.

"Semoga panjang rejekinya buat para pak tani bu tani yaa" timpal @DestianaMp. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini