Sukses

3 Resep Menu Buka Puasa dengan Olahan Labu Siam, Menggugah Selera

Labu siam merupakan salah satu sayuran yang bisa menemani waktu buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Buka puasa merupakan momen yang selalu dirindukan ketika bulan Ramadhan sudah berakhir. Ragam persiapan pun dilakukan seseorang untuk menikmati buka puasa bersama sahabat bahkan keluarga. Salah satu yang kerap dipersiapkan saat buka puasa adalah menu buka puasa yang menggugah selera untuk menemani waktu buka puasa bersama keluarga.

Menu buka puasa yang sehat tentunya menjadi pilihan untuk buka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, penting untuk menjaga asupan makanan yang bergizi agar stamina tubuh tetap terjaga. Salah satu menu sehat yang bisa menemani waktu buka puasa kamu adalah menu buka puasa dengan olahan labu siam.

Sayuran labu siam merupakan salah satu sayuran yang kerap menjadi komponen utama dalam sayuran. Tektsturnya yang lembut dan mudah diolah, membuat sayuran satu ini bisa disajikan dengan menu yang bervariasi. Salah satu manfaat labu siam adalah membantu sistem metabolisme tubuh. Sayuran yang berbentuk unik satu ini juga menyimpan ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ragam nutrisi yang terkandung dalam sayur labu siam cocok untuk dikonsumsi ketika buka puasa. Labu siam dapat membantu memenuhi kebutuhan energi kamu setelah seharian berpuasa. Labu siam bisa dijadikan ragam menu buka puasa dengan resep yang praktis dan mudah dipraktikkan.

Bikin Ramadanmu Tak Terlupakan, Buka Puasa Ditemani Artis. Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Pandji Pragiwaksono dan Tasya Farasya 16 Mei ini. Bakal ada Chef Vania Wibisono, band Reality Club dan HIVI! juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 3 resep menu buka puasa dengan olahan labu siam, Sabtu (16/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Resep Menu Buka Puasa: Tumis Labu Siam Tongkol

Resep menu buka puasa pertama yang bisa dicoba adalah tumis labu siam tongkol. Bagi kamu pecinta ikan tongkol, kamu bisa memadukan labu siam dan tongkol dalam satu menu olahan. Resep menu buka puasa satu ini bisa mejadi pilihan untuk menemani waktu buka puasa kamu bersama keluarga.

Bahan:

1. 600 g labu-siam, kupas, iris korek api

2. 250 g ikan-tongkol pindang

3. 1 bungkus royco bumbu nasi goreng cabe hijau

 

Bumbu yang Harus Disiapkan:

1. 2 sdm minyak

2. 5 buah cabai keriting hijau, iris miring

3. 5 buah cabai-rawit-merah, iris

4. 5 butir bawang-merah, iris

5. 3 siung bawang-putih, iris

6. 3 cm lengkuas, memarkan

7. 2 lembar daun-jeruk, buang tulangnya

 

Cara Membuat:

1. Blansir labu siam. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.

2. Tumis bumbu hingga harum. Masukkan labu siam dan ikan tongkol, aduk rata.

3. Tuang penyedap rasa

4. Sajikan sebagai lauk dengan taburan.

 

3 dari 4 halaman

2. Resep Menu Buka Puasa: Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur lodeh labu siam ialah resep menu buka puasa selanjutnya yang bisa kamu coba untuk dinikmati bersama keluarga. Resep menu buka puasa satu ini bisa dinikmati bersama nasi hangat. Kenikmatan pun semakin bertambah jika kamu menambahkan ikanb goreng sebagai pelengkap.

Bahan:

1. 2 buah labu siam

2. 100 gram jagung muda

3. 100 gram kacang panjang

4. 200 gram tahu putih

5. 2 buah wortel

6. 700 ml santan

7. 2 lembar daun salam

8. 2 cm lengkuas

9. Gula merah secukupnya

10. Garam secukupnya

11. 4 siung bawang putih

12. 5 siung bawang merah

13. 6 buah cabai merah

14. 1 sdt ketumbar

 

Cara Membuat:

1. Haluskan bumbu yang telah disiapkan seperti bawang merah, bawang puting, cabai merah dan ketumbar.

2. Memarkan lengkuas yang telah disiapkan.

3. Panaskan minyak secukupnya dan tumis seluruh bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.

4. Setelah itu, masukan lengkuas yang telah dimemarkan dan aduk hingga bumbu tercampur merata.

5. Selanjutnya masukan santan, gula merah dan garam.

6. Lalu masak hingga santan mendidih. Setelah santan mendidih, masukan semua potongan tahu goreng, wortel serta putren atau jagung muda.

7. Tunggu hingga sayuran menjadi lebih lunak. Baru kemudian, tambahkan kacang panjang dan aduk kembali hingga semua sayuran benar-benar matang.

4 dari 4 halaman

3. Resep Menu Buka Puasa: Labu Siam Kuah Bening

Resep menu buka puasa selanjutnya yang bisa kamu coba buat adalah labu siam kuah bening. Selain bayam ataupun sawi, kamu juga bisa mengolah labu siam dengan kuah bening. Cara membuatnya cjuga cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan sayur bayam bening. Resep menu satu ini bisa menemani waktu buka puasa kamu bersama keluarga.

Bahan:

1. 1 buah atau 200 gram labu siam

2. 100 gram tahu cina

3. 100 gram wortel

4. 1 tangkai daun seledri

5. 2.000 ml air

6. 1 lembar daun salam

7. 6 cm temu kunci

8. 1 ½ sendok makan garam

9. 2 sendok teh gula pasir

10. 2 buah cabai merah

11. 8 butir bawang merah

12. 1 buah tomat

 

Cara Membuat:

1. Jika bahan dan bumbu telah siap, maka sekarang anda bisa melanjutkan pada tahap atau proses memasak. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, masukan air yang telah disiapkan ke dalam panci. Lalu simpan di atas kompor, rebus air tersebut. Kemudian masukan daun salam dan temukunci. Biarkan hingga air mendidih.

2. Apabila air telah mendidih, ambil semua bumbu yang telah anda iris pada tahap sebelumnya. Setelah itu masukan ke dalam rebusan air yang telah mendidih. Diamkan beberapa saat hingga bumbu tersebut menjadi layu dan mengeluarkan aroma harum.

3. Apabila telah mengeluarkan aroma harum, anda bisa menambahkan labu siam yang telah dipotong dadu dan wortel yang telah dipotong bulat. Aduk sampai merata. Tambahkan pula bumbu-bumbu seperti garam dan gula. Diamkan hingga semua bahan matang dan bumbu meresap sempurna.

4. Menjelang diangkat, tambahkan potongan daun seledri. Diamkan sebentar, lalu setelah itu anda bisa mengangkatnya dan menyajikan pada piring saji yang telah anda siapkan.

Itulah beberapa resep mnu buka puasa yang bisa kamu coba untuk dinikmati bersama keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.