Sukses

8 Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak, Bebas dari Insomnia

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak mungkin sangat dibutuhkan penderita insomnia. Apalagi, insomnia atau sulit tidur ini tidak bisa dianggap sepele, karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kurang tidur tidak hanya memberi rasa lelah, melainkan memberi efek berantai seperti mood yang buruk, kurang fokus, hingga menimbulkan penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Singkatnya, kurang tidur tidak hanya berefek pada aktivitas keesokan harinya, tapi juga memperpendek harapan hidup seseorang. 

Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak bisa jadi solusi mengatasi insomnia. Biasanya berbagai aplikasi di ponsel ini menawarkan suara yang memberikan efek relaksasi bagi pendengarnya. Sehingga kamu menjadi lebih mudah untuk tidur dengan nyenyak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) tentang aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak

2 dari 5 halaman

Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak

Relax Melodies

Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak pertama adalah Relax Melodies. Relax Melodies menawarkan lebih dari 100 suara pengantar tidur untuk relaksasi bagi kamu yang terserang insomnia.

Selain ada banyak suara seperti suara air, gemerisik daun, burung, angin, dan lain sebagainya, aplikasi ini juga menawarkan meditasi yang bisa kamu lakukan sendiri untuk membantu menghilangkan insomnia, stres, mimpi buruk dan lain-lain.

White Noise ~ Sleeping Sounds

White noise adalah sebutan jenis suara yang dapat membuat orang lebih tenang dan fokus. Suara-suara tersebut biasanya menyerupai suara hujan atau arus. Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak selanjutnya adalah White Noise – Sleeping Sounds ini.

Aplikasi White Noise ~ Sleeping Sounds menyediakan suara-suara tersebut.  Suara-suara yang dihasilkan aplikasi ini adalah suara-suara alami yang akan membawa pikiran menjadi tenang dan menghilangkan suara-suara bising yang membuat kamu semakin susah tidur.

Baiknya lagi, kamu bisa mengatur waktu kapan suara pengantar tidur akan dimulai dan kapan pula akan berhenti tanpa khawatir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

3 dari 5 halaman

Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak

Nature Sounds Relax & Sleep

Aplikasi Nature Sounds Relax and Sleep bisa membantumu tidur lebih nyenyak dengan suara-suara alam, supaya kamu lebih tenang dan rileks. Ada berbagai jenis suara yang bisa kamu pilih, mulai dari suara lautan, hujan, rerumputan, hutan di pegunungan ataupun padang yang luas.

Tiap suara bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhanmu, jadi kamu bisa memilih mana suara yang paling menenangkan bagimu untuk kamu dengarkan tiap menjelang tidur. Kamu bisa menggunakan aplikasi smartphone yang bisa membuat tidur nyenyak ini untuk mengusir insomnia.

Calm Meditate

Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak berikutnya adalah calm meditate. Calm Meditate adalah aplikasi meditasi yang memiliki ratusan program untuk meditasi bagi pemula, menengah, dan lanjutan. Tersedia beberapa sesi meditasi dengan durasi yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari 3, 5, 10, 15, 20, sampai 25 menit.

Kamu juga bisa memilih topik meditasi sesuai yang kamu butuhkan termasuk susah tidur, stres, kecemasan, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga akan menunjukkan kemajuan kamu selama melakukan meditasi.

4 dari 5 halaman

Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak

Sleepo

Aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak selanjutnya adalah Sleepo. Sleepo menyajikan koleksi beragam suara HD yang dapat dicampurkan untuk menciptakan suasanan menenangkan yang sempurna.

Kamu bisa memilih sendiri berbagai suara seperti suara hujan, suara alam hingga instrumen musik yang menghanyutkan. Kamu juga bisa menjadwalkan pengatur waktu untuk menghentikan aplikasi ini secara otomatis. Selain untuk relaksasi dan pengantar tidur, Sleepo juga bisa digunakan sebagai media meditasi.

Rain Rain Sleep Sounds

Suara hujan memang menenangkan dan bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak. Hujan di malam hari sangatlah menenangkan pikiran, sayangnya kita tidak bisa memilih kapan hujan turun.

Sekarang kamu bisa mendegngar suara hujan dengan aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak ini, yaitu Rain Rain Sleep Sounds. Aplikasi ini akan menghasilkan suara hujan yang alami dan menenangkan dengan kualitas suara yang jernih. Selain suara hujan, aplikasi ini juga dapat menghasilkan suara-suara alami lainnya seperti gelombang laut hingga petir.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa suara sesuai keinginan untuk membuat tidur semakin nyaman.

5 dari 5 halaman

Aplikasi Smartphone yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak

Pzizz

Pzizz merupakan aplikasi smartphone yang bisa membantu tidur nyenyak berikutnya. Aplikasi ini membantu meredam insomnia melalui penggunaan urutan suara yang membantu mengoptimalkan tidur penggunanya.

Jadi pengguna aplikasi ini bisa tertidur dengan perasaan istirahat yang rileks. Aplikasi ini dapat diunduh gratis untuk iOS atau Android, dan juga menawarkan opsi pembelian dalam aplikasi.

Power Nap App 

Aplikasi ini mungkin cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan Power Nap di sela-sela kesibukan setiap hari. Aplikasi yang bebas diunduh secara gratis di perangkat IOS ini, memiliki built-in calming sounds yang mampu merelaksasi pikiran, hingga membantu terlelap. Tak lupa beberapa pilihan timer kapan kamu ingin bangun, akan membuat power nap lebih terjadwal. 

Namun perlu diingat juga, jangan sampai meletakkan smartphone di dekat kepala atau dekat dengan tubuhmu saat tidur, karena bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.