Sukses

8 Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan saat Puasa

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan terutama saat puasa memang tidak perlu diragukan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat habbatussauda bagi kesehatan memang sudah cukup terkenal di masyarakat. Habbatussauda atau yang lebih umum dikenal dengan jintan hitam, sebenarnya merupakan jenis dari tumbuhan rempah yang biasa digunakan sebagai tanaman untuk bahan obat.

Jenis rempah ini memiliki bentuk berupa butiran biji yang memiliki warna hitam. Sudah lebih dari 2.000 tahun, jenis rempah ini digunakan menjadi jenis obat dari kategori herbal. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya ramuan dari habbatussauda di dalam makam Raja Mesir yaitu Tutankhamun.

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan untuk mengonsumsi habbatussauda. Tentu karena jenis rempah ini memang dipercaya sangat manjur dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Itulah mengapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Untuk mendapatkan manfaat habbastusaauda bagi kesehatan bisa dengan mengonsumsinya dalam bentuk kapsul atau minyak. Salah satu senyawa yang bermanfaat dalam habbatussauda ini adalah thymoquinone. Senyawa tersebut adalah jenis senyawa yang memiliki sifat antioksidan baik bagi tubuh.

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan, baik dari jenis kapsul maupun minyak, banyak digunakan dalam menangani kondisi penyakit seperti alergi, asma, gangguan pada pencernaan, sakit kepala, dan lain sebagainya. Bahkan untuk jenis minyaknya, juga bermanfaat jika dioleskan ke kulit atau rambut.

Selain manfaat habbatussauda bagi kesehatan di atas, masih ada banyak manfaat lainnya. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum manfaat habbatusauda bagi kesehatan dari berbagai sumber, Senin (18/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meredakan Alergi dan Meringankan Asma

1. Meredakan Alergi

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan yang pertama yaitu kemampuannya dalam meredakan alergi. Habbatussauda memang sudah cukup umum untuk digunakan dalam menangani jenis alergi seperti rhinitis.

Bukan tanpa dasar yang jelas pastinya, karena manfaat habbatussauda bagi kesehatan ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011. Hasil dari studi tersebut diterbitkan oleh American Journal of Otolaryngology.

Pada studi tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa manfaat habbatussauda bagi kesehatan yaitu berguna untuk mengurangi gejala alergi seperti hidung gatal, meler, tersumbat, serta bersin-bersin. Gejala tersebut dapat mereda setelah dua minggu konsumsi rutin habbatussauda.

2. Meringankan Asma

Selanjutnya, manfaat habbatussauda bagi kesehatan yaitu mampu untuk meringankan penyakit asma. Manfaat habbatussauda tersebut telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan oleh jurnal Phytotheraphy Research pada tahun 2017 lalu. Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan mengenai uji coba konsumsi habbatussauda pada penderita asma ternyata lebih baik dalam mengontrol penyakit asmanya dan tidak mudah kambuh jika dibandingkan dengan penderita asma yang hanya mengonsumsi pil plasebo.

3 dari 5 halaman

Mengontrol Tekanan Darah dan Menurunkan Risiko Obesitas

3. Mengontrol Tekanan Darah

Ketika sedang dalam bulan puasa biasanya kondisi badan akan sedikit terganggu karena kurangnya istirahat. Selain itu konsumsi makanan sarat lemak dan kolesterol tinggi juga sangat rentan menaikkan tekanan darah.

Salah satu manfaat dari habbatussauda bagi kesehatan yaitu dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal tersebut telah di buktikan melalui beberapa studi berskala kecil. Studi tersebut menghasilkan sebuah kesimpulan jika habbatussauda memang berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Adanya penurunan tekanan darah pada subjek yang diteliti tersebut, didapatkan setelah rutin mengonsumsi ekstrak habbatussauda selama delapan minggu.

4. Menurunkan Risiko Obesitas

Manfaat habbatussauda bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat menurunkan risiko obesitas. Hal tersebut telah dibuktikan melalui sebuah studi yang telah diterbitkan oleh jurnal Food & Function pada tahun 2015 lalu. Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa terjadi penurunan berat badan, lingkar pinggang, dan kadar trigliserida pada subjek penelitian yang mengonsumsi habbatussauda.

Hal tersebut akan sangat berguna mengingat ketika puasa terkadang konsumsi makanan selama berbuka atau sahur tidak jarang berlebihan dan tidak terkontrol. Itulah mengapa dengan mengonsumsi habbatussauda yang dikombinasikan dengan diet rendah kalori saat bulan puasa, tentu akan meningkatkan efektivitas dari habbatussauda tersebut.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dan Mengontrol Kadar Gula Darah

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Tidak dapat dipungkiri jika tubuh memang sangat membutuhkan kolesterol. Akan tetapi, jika kadar kolesterol dalam tubuh tersebut terlalu berlebihan, justru akan berpotensi meningkatkan risiko untuk timbulnya berbagai jenis penyakit, seperti stroke serta penyakit jantung.

Hasil dari beberapa studi menemukan bahwa, habbatussauda atau jintan hitam ini dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida, dan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu penyebab penyakit diabetes adalah adanya kandungan gula darah tinggi. Biasanya gejala dari penyakit tersebut dapat berupa rasa haus yang sering muncul, mudah lelah, serta mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Apabila terkena diabetes dan tidak diobati, makan akan sangat rentan mengakibatkan kerusakan pada saraf, terkena gangguan penglihatan, dan melambatnya penyembuhan pada luka.

Ketika berpuasa, kadar gula darah sebenarnya cukup stabil cenderung rendah. Namun, ketika momen buka puasa tiba, biasanya konsumsi akan makanan manis justru sering kelewat batas. Itulah mengapa sangat berisiko untuk terjadinya peningkatan pada kandungan gula darah tubuh.

Dengan mengonsumsi habbatussauda selama beberapa minggu, akan membantu tubuh dalam mengurangi kadar gula darah serta resistensi insulin. Itulah mengapa, dengan mengonsumsi habbatussauda dengan rutin maka sangat mampu dalam menjaga kesehatan tubuh.

5 dari 5 halaman

Melawan Infeksi dan Menjaga Kesehatan Jantung

7. Melawan infeksi

Salah satu manfaat habbatussauda yang sangat berguna bagi tubuh yaitu kemampuannya dalam melawan infeksi yang bisa menjangkiti tubuh. Habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus. Dan memang obat herbal ini sangat mampu membasmi virus penyebab penyakit hepatitis C, HIV, dan flu. Selain itu, habbatussauda juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur

Hal tersebut akan sangat berguna dalam membantu tubuh terutama saat puasa, di mana asupan nutrisi sangat berkurang dan tubuh akan rentan terkena penyakit. Maka, ada baiknya jika konsumsi habbatussauda ini secara rutin.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sempat dibahas pada beberapa poin di atas, habbatusaauda berguna dalam menutunkan  kadar kolesterol jahat dan juga mengontrol tekanan darah. Selain itu, habbatussauda juga telah terbukti dapat menurunkan darah trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

Maka, hal tersebut juga mampu dalam menjaga kesehatan jantung tentunya. Karena, dengan mengonsumsi habbatussauda maka akan mencegah aliran darah tersumbat karena lemak. Namun, tetap saja harus diimbangin dengan konsumsi makanan sehat dan kurangi asupan lemak berlebih.

Jadi, itulah beberapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan saat puasa yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin dan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini