Sukses

6 Manfaat Alpukat untuk Buka Puasa, Baik untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat alpukat untuk buka puasa bisa menjadi alasan untuk menambahkan buah tersebut ke dalam menu berbuka Anda. Manfaat alpukat ini sangat baik bagi meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, rasa buah ini memang nikmat dan mudah diolah menjadi makanan berbuka.

Saat berpuasa tubuh akan kekurangan nutrisi yang cukup banyak, di mana hal ini akan berpotensi terhadap serangan berbagai penyakit. Penyakit yang bisa menyerang juga cukup beragam, mulai dari yang ringan hingga yang berat dan butuh penanganan serius.

Manfaat alpukat untuk buka puasa tentu bisa Anda dapatkan, namun perlu mengonsumsinya dengan bijak. Karena walau banyak sekali manfaat alpukat untuk buka puasa tersebut, kandungan dalam alpukat seperti lemak dan kalorinya cukup tinggi.

Dan ketika membuat menu berbuka dengan bahan alpukat, ada baiknya jika Anda tidak menambahkan berbagai jenis bahan yang justru akan menambah kalori pada tubuh, seperti gula dan susu kental manis. Selain berbahaya bagi gula darah, juga mampu meningkatkan risiko obesitas.

Jadi, apa saja manfaat alpukat untuk buka puasa yang bisa didapatkan? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat alpukat untuk buka puasa yang sangat baik bagi tubuh tentunya, Senin (18/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat alpukat untuk buka puasa yang pertama yaitu kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini bermanfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang tentu akan menekan jumlah dari kolesterol jahat (LDL).

Buah alpukat juga sangat kaya akan kandungan sterol tumbuhan. Jenis senyawa ini telah terbukti sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol dengan menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Selain itu, alpukat juga memiliki beragam vitamin serta mineral, seperti vitamin E, magnesium, vitamin C, folat, seng, serta potassium.

Tentunya hal ini akan berguna untuk mengimbangi konsumsi berbagai jenis makanan yang sarat akan kolesterol dan lemak pada waktu buka puasa, seperti gorengan dengan tepung. Akan tetapi, meski manfaat alpukat untuk buka puasa bisa didapatkan dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya, Anda tetap saja tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

3 dari 7 halaman

2. Baik untuk Pencernaan

Alpukat memiliki kandungan serat yang sangat banyak. Serat sendiri merupakan jenis kandungan yang baik untuk menyehatkan pencernaan. Saat buka puasa asupan makanan sering berlebihan dan cenderung mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan kalori tinggi.

Biasanya asupan tersebut sangat mengganggu proses pengeluran feses dari dalam tubuh atau dengan kata lain sulit buang air besar. Oleh karena itu kandungan serat pada alpukat akan membantu mengencerkan feses tersebut agar mudah dikeluarkan tubuh.

Selain itu, serat dapat berkontribusi dalam membantu penurunan berat badan, dan juga mengurangi lonjakan gula darah. Alpukat, juga memiliki kandungan antioksidan dan juga dapat menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus.

4 dari 7 halaman

3. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Saat buka puasa, selain harus memperhatikan jenis makanan yang masuk ke dalam pencernaan, Anda juga setidaknya harus memperhatikan bagaimana nutrisi tersebut dapat terserap dengan baik seluruhnya oleh tubuh.

Ada beberapa jenis nutrisi yang mampu larut dalam lemak. Maksudnya adalah nutrisi tersebut sangat perlu dikombinasikan dengan lemak, agar tubuh mampu mendapatkan berbagai manfaat nutrisi yang telah dikonsumsi tersebut dengan maksimal.

Dengan megonsumsi alpukat, maka besar kemungkinan jika penyerapan antioksidan dalam tubuh dapat meningkat hingga 15 kali lipat. Itulah mengapa dengan mengonsumsi alpukat akan meningkatkan dan berpengaruh besar dalam penyerapan gizi makanan lain yang Anda santap saat berbuka puasa.

5 dari 7 halaman

4. Menurunkan Stres

Walaupun sedang berpuasa, biasanya aktivitas tetap saja dalam intensitas yang tinggi. Hal tersebut tidak jarang justru menimbulkan stres yang merugikan tubuh. Dan tentu saat berbuka puasa ada baiknya Anda mengonsumsi alpukat untuk membantu dalam menurunkan stres karena kegiatan sehari-hari.

Alpukat mampu menurunkan stres tentu bukan tanpa sebab. Buah alpukat memang diketahui memiliki kandungan yang mampu membantu tubuh mencegah kelebihan kadar homosistein. Kadar homosistein yang terlalu banyak merupakan salah satu penyebab mengapa Anda bisa dengan mudah terkena stres.

6 dari 7 halaman

5. Menurunkan Berat Badan

Biasanya banyak orang yang memanfaatkan momen puasa untuk mendapatkan hasil berat badan yang ideal. Tentu saja hal tersebut dapat terbantu dengan konsumsi alpukat saat buka puasa. Alpukat memang terbukti merupakan makanan yang mampu menurunkan berat badan.

Hal tersebut karena alpukat dapat membuat orang menjadi merasa kenyang lebih lama dan menekan keinginan untuk makan berlebih. Tentu saja karena kandungan serat dalam alpukat memang sangat banyak, itulah mengapa Anda bisa menekan keinginan untuk makan berlebih.

Jadi, akan sangat baik jika Anda mengonsumsi alpukat tersebut saat berbuka puasa, mengingat makanan yang dihidangkan saat berbuka biasanya beragam dan jumlahnya banyak.

7 dari 7 halaman

6. Membantu Detoksifikasi

Sempat disinggung pada beberapa poin sebelumnya jika alpukat memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan tersebut tentu sangat berguna dalam mempercepat detoksifikasi pada tubuh. dengan antioksidan tersebut, juga berguna dalam menjaga kesehatan kulit dalam mencegah penuaan dan menjaga kesehatan mata.

Jadi, selain rasanya yang lezat dan mudah dalam mengolahnya, itu tadi berbagai manfaat alpukat untuk buka puasa yang bisa Anda dapatkan terutama bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba ya!