Sukses

3 Jenis Tepung Terigu dan Macam-macam Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Jenis tepung terigu biasanya disesuaikan dengan jenis olahan makanan yang akan dibuat. Karena dengan pemilihan jenis tepung terigu yang tepat akan membuat makanan yang dibuat memiliki rasa yang enak dan sesuai dengan keinginan.

Ada tida jenis tepung terigu yang umum digunakan. Tiap jenis tepung terigu tersebut memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Protein pada tepung terigu inilah yang akan sangat berpengaruh terhadap kerekatan dari adonan dari makanan tersebut.

Jenis protein yang ada di dalam tepung terigu adalah jenis gluten. Gluten tersebut merupakan salah satu jenis protein yang biasanya dapat ditemukan pada jenis gandum. Tepung terigu jelas memang terbuat dari biji gandum, sehingga tidak heran jika tepung terigu sarat akan kandungan gluten.

Namun, sayangnya ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap jenis gluten. Itulah mengapa terkadang tepung terigu diganti dengan jenis tepung bebas gluten lainnya seperti tepung beras atau tepung jagung.

Dari beberapa jenis tepung terigu, mungkin cukup sulit untuk membedakannya. Namun hal tersebut sangat penting, terutama jika Anda memiliki hobi memasak kue. Karena salah pemilihan jenis tepung terigu akan berpengaruh sangat besar terhadap hasil kue yang Anda buat.

Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum tiga jenis tepung terigu tersebut dan pastinya dengan penjelasan mengenai kegunaannya di setiap jenis masakan, Senin (18/5/2020).

2 dari 5 halaman

1. Jenis Tepung Terigu Protein Rendah

Jenis tepung terigu yang pertama yaitu jenis tepung terigu protein rendah. Tepung terigu dengan kandungan protein yang memiliki prosentase di bawah 10% ini akan lebih cocok apabila digunakan pada jenis makanan yang tidak perlu memiliki tekstur seperti kenyal dan elastis.

Jenis tepung terigu protein rendah ini biasanya digunakan pada kue-kue kering seperti kue cookies, biscuit, dan kue kering lainnya, karena memang tepung terigu protein rendah ini akan memberi tekstur yang sangat renyah pada kue-kue tersebut.

Dengan kandungan protein yang sangat rendah, maka kandungan glutennya juga sangat sedikit, dan memang hasil masakan yang dihasilkan dengan menggunakan tepung ini akan garing, rapuh, dan mudah patah.

Jenis tepung terigu protein rendah ini juga tidak terlalu banyak menyerap air. Hal ini karena kandungan gluten yang rendah pada jenis tepung ini, membuat daya serap air terhadap adonan kue atau makanan juga menjadi rendah. Dan keuntungannya, jenis makanan atau kue yang menggunakan tepung ini akan lebih tahan lama dalam penyimpanannya.

3 dari 5 halaman

2. Jenis Tepung Terigu Protein Sedang

Jenis tepung terigu yang selanjutnya yaitu jenis tepung terigu dengan kandungan protein di dalamnya sekitar 11%-13%. Karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibanding tepung sebelumnya, maka tepung protein sedang ini lebih banyak memiliki kandungan gluten di dalamnya.

Jenis tepung terigu ini sebenarnya juga dikenal luas sebagai jenis tepung terigu serbaguna. Karena memang kandungan protein yang sedang sehingga membuat teksturnya tidak terlalu lengket atau terlalu kering saat diterapkan ke masakan.

Biasanya jenis tepung ini banyak digunakan sebagai tepung untuk melapisi berbagai gorengan seperti tempe goreng dan pisang goreng.

Selain menjadi bahan pelapis dari masakan berupa gorengan, jenis tepung terigu ini juga sangat umum digunakan pada jenis makanan seperti cake, waffle, pancake, martabak, serta jenis kue-kue basah lainnya.

Namun, ada beberapa resep kue kering yang ternyata juga menggunakan jenis tepung terigu protein sedang ini sebagai bahan campurannya. Penggunaan tepung terigu jenis ini memang dimaksudkan agar mendapatkan struktur adonan kue yang lebih kokoh saat sudah jadi. Contoh kue tersebut seperti kue nastar atau kastangel.

4 dari 5 halaman

3. Jenis Tepung Terigu Protein Tinggi

Dan jenis tepung terigu yang terakhir yaitu jenis tepung terigu dengan kandungan protein tinggi. Pada tepung terigu protein tinggi ini, kandungan protein yang dimiliki sekitar 14%-16%. Sudah pasti tentunya, dengan kandungan protein yang tinggi tesebut maka kandungan glutennya juga sangat tinggi.

Dan dengan kandungan gluten yang tinggi tersebut dapat membuat adonan yang menggunakan tepung terigu ini menjadi lebih kenyal dan elastis. Biasanya jenis tepung terigu dengan prtein tinggi ini sangat cocok apabila digunakan dalam pembuatan mi yang memang akan sangat diperlukan tekstur adonan yang elastisitas.

Dan itulah alasan mengapa jenis makanan berupa mi dapat memanjang saat dibuat, karena memang hal tersebut dipengaruhi oleh tepung terigu dengan kandungan protein tinggi di dalamnya, sehingga tidak mudah kempis.

Selain untuk membuat mi, biasanya jenis tepung terigu berprotein tinggi juga digunakan dalam pembuatan jenis roti seperti donat, kue sus, roti manis, roti tawar, roti untuk burger, roti untuk hot dog, dan berbagai jenis makanan lain yang butuh tekstur kenyal yang tinggi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tepung Terigu bagi Kehidupan Sehari-hari

Selain menjadi bahan dalam pembuatan berbagai jenis makanan, tepung terigu juga berguna untuk memudahkan segala hal di kehidupan. Berikut ini beberapa manfaat tepung terigu bagi kehidupan sehari-hari yang mudah untuk dilakukan.

 

1. Kembalikan kilau barang logam

Untuk mengembalikan kilau pada bahan logam tersebut cukup menggunakan tepung terigu, garam, dan cuka. Ketiga bahan tersebut dicampur hingga menjadi pasta, lalu oleskan campuran tersebut pada barang logam yang akan dibersihkan, tunggu hingga kering dan bersihkan dengan kain lembut.

 

2. Masker pencerah kulit

Cukup dengan mencampur dua sendok makan tepung terigu dan satu sendok makan yogurt. Lalu, beri sedikit bubuk kunyit. Setelah itu oles pada kulit dan diamkan selama 25 menit. Jika sudah kering, cuci dengan air hangat.

 

3. Pengganti sampo

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menaburkan tepung terigu pada akar rambut lalu sisir rambut hingga merata. Tepung ini akan membuat rambutmu terlihat kering bebas minyak.

4. Percepat pematangan buah alpukat

Dengan menaruh buah alpukat ke dalam wadah berisi tepung terigu, maka tunggu selama 1 hari penuh, maka alpukat bisa lebih cepat matang.

5. Bersihkan stainless steel

Tepung terigu dapat Anda gunakan sebagai alat untuk membersihkan barang stainless steel. Caranya dengan menuangkan tepung terigu ke barang stainless, lalu gosok perlahan ke seluruh permukaan. Namun, sebelum di bersihkan hendaknya barang stainless di cuci terlebih dahulu.

Itu tadi tiga jenis tepung terigu beserta beberapa manfaat yang bisa didapatkan bagi kehidupan sehari-hari.