Sukses

13 Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan, Jaga Kekebalan Tubuh

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan didapat berkat kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang populer di dunia. Buah berwarna kuning cerah ini memiliki rasa yang sangat masam dibanding jenis jeruk lainnya. 

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan banyak digunakan dalam campuran minuman dan makanan. Lemon mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, serat larut, dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan adalah sumber vitamin C dan flavonoid yang merupakan antioksidan.

Antioksidan penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan dapat dikonsumsi secara aman dalam porsi yang wajar. Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan bisa dikonsumsi air bahkan kulitnya.

Berikut 13 manfaat jeruk lemon bagi kesehatan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(18/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan

Turunkan risiko stroke

Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi 2012, flavonoid dalam buah jeruk dapat membantu menurunkan risiko stroke iskemik pada wanita. Vitamin C pada lemon dapat membantu mencegah risiko stroke. Kadar vitamin C yang rendah dalam darah juga dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke, terutama di antara orang yang kelebihan berat badan atau memiliki tekanan darah tinggi.

Bantu kontrol tekanan darah

Mengonsumsi jeruk lemon juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Serat dan minyak esensial pada lemon juga dapat mengontrol kadar kolesterol darah.

3 dari 7 halaman

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan

Sehatkan kulit

Vitamin C pada lemon telah lama digunakan dalam produk perawatan kulit. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit. Pembentukan kolagen yang sehat dapat mencegah proses penuaan dini. Mengonsumsi vitamin C dalam bentuk alami juga dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, polusi, usia, dan faktor lain dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Menyegarkan napas

Anda bisa menghindari bau mulut dengan minum segelas air lemon setelah makan dan ketika bangun di pagi hari. Lemon dianggap merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

4 dari 7 halaman

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan

Cegah anemia

Memasangkan makanan yang tinggi vitamin C seperti lemon dengan makanan kaya zat besi mampu memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Zat besi sangat penting untuk mencegah anemia. Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, mereka dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa Anda menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan.

 Cegah kanker

Buah jeruk seperti lemon kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Antioksidan dapat membantu mencegah radikal bebas dari menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa penelitian jua mengungkapkan bahwa senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon - seperti limonene dan naringenin - dapat memiliki efek antikanker.

5 dari 7 halaman

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan

Tingkatkan kekebalan tubuh

Makanan yang tinggi vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi lemon dapat membantu mencegah bakteri dan virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Konsumsi buah-buahan jeruk sudah lama dikaitkan dengan peningkatan daya tahan tubuh. Minum air lemon dapat membantu mencegah pilek dan flu.

Bantu penurunan berat badan

Lemon juga dikenal sebagai buah yang dapat membantu penurunan berat badan. Ini dikaitikan dengan kandungan serat larut pektinnya yang dapat meningkatkan rasa kenyang. Konsumsi lemon diyakini dapat mengontrol resistensi insulin, lemak tubuh, indeks massa tubuh, berat badan.

6 dari 7 halaman

Manfaat jeruk lemon bagi kesehatan

Cegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin, menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan untuk pembentukan batu ginjal. Minum jus lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu pada orang yang sudah memilikinya.

Sehatkan pencernaan

Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, suatu bentuk serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek-efek ini dapat menurunkan kadar gula darah.

7 dari 7 halaman

Manfaat kulit lemon

Kuatkan tulang

Kulit lemon membantu meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan vitamin C dalam jumlah tinggi. Nutrisi ini merupakan komponen penting tulang dan struktur kerangka. Kulit lemon yang kaya akan asam askorbat memiliki potensi untuk mengelola penyakit tulang dan meningkatkan kesehatan tulang.

Antibakteri dan antijamur

Kulit lemon memiliki beberapa sifat antimikroba dan antijamur. Penelitian telah menemukan bahwa kulit lemon mengurangi pertumbuhan bakteri yang resisten antibiotik dan jamur yang resistan terhadap obat. Antibakteri dan antijamur pada kulit lemon ini mampu melindungi kulit dari berbagai masalah seperti jerawat.

Jaga kesehatan mulut

Kulit lemon mengandung zat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme berbahaya. Kulit lemon yang memiliki sifat antibakteri yang kuat dan efektif melawan bakteri penyebab penyakit mulut.

Gigi berlubang dan infeksi gusi adalah penyakit mulut yang umum muncul. Masalah ini disebabkan oleh bakteri seperti Streptococcus mutans. Sebuah penelitian tabung menemukan bahwa ekstrak kulit lemon memerangi aktivitas Streptococcus mutans.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini