Sukses

5 Manfaat Air Garam untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat, Kulit Tetap Cantik

Manfaat air garam untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan mineralnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air garam untuk wajah mungkin masih jarang diketahui. Padahal bahan alami satu ini dapat dijadikan sebagai perawatan wajah yang tidak kalah baik dengan bahan lainnya. Bahkan, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan garam untuk kesehatan wajah. 

Manfaat air garam untuk wajah ini dapat dijadikan berbagai perawatan kecantikan. Kamu bisa menjadikannya sebagai masker, toner, hingga scrub untuk wajah. Hal ini dapat mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti jerawat hingga sel kulit mati.

Manfaat air garam untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan mineralnya. Berbagai kandungan garam, seperti magnesium, zat besi, natrium, kalium, serta kalsium yang terdapat di dalam air garam ternyata sangat baik untuk wajah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/5/2020) tentang manfaat air garam untuk wajah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat air garam untuk wajah adalah mengatasi jerawat. Hal ini berkaitan dengan air garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, manfaat air garam juga mampu mengontrol produksi minyak (sebum) di kulit wajah kamu.

Caranya menerapakannjua juga cukup mudah, tinggal melarutkan ½ sendok garam ke dalam wadah yang berisi air hangat. Selanjutnya, kamu bisa mendapatkan manfaat air garam untuk wajah ini dengan menerapkannya pada wajah.

Caranya, pastikan wajah kamu sudah bersih dari sisa kotoran yang masih menempel di permukaan kulit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air garam, lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih.

3 dari 6 halaman

Menenangkan Kulit dan Mengatasi Iritasi

Manfaat air garam untuk wajah selanjutnya adalah dapat menenangkan kulit dan mengatasi iritasi kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat air garam untuk wajah ini dengan membuatnya menjadi masker.

Kamu bisa menggunakan garam dan madu sebagai campuran untuk masker. Campuran ini bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk menenangkan kulit, mengatasi iritasi, dan bahkan juga mengatasi jerawat. Campuran garam dan madu ini juga dapat menyeimbangkan produksi minyak dan mempertahankan hidrasi dalam lapisan kulit yang memang sangat diperlukan.

Cara membuat masker garam dan madu adalah dengan mencampurkan dua sendok teh garam laut halus dengan empat sendok teh madu mentah dan murni. Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Lalu, oleskan hingga merata untuk hasil membersihkan kulit wajah, mengatasi kulit kering. Diamkan selama 10-15 menit.

Sebelum membilas masker, rendam kain lap dalam air hangat dan peras kemudian. Terapkan dan diamkan handuk hangat di wajah kamu selama 30 detik. Kemudian usap pelan agar masker terkelupas lembut dengan melakukan gerakan melingkar. Setelah itu bilas kulit wajah secara menyeluruh menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil optimal.

4 dari 6 halaman

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Manfaat air garam untuk wajah berikutnya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Hal ini bisa didapatkan dengan menjadikan garam sebagai scrub wajah alami. Garam memiliki tesktur seperti butiran-butiran kecil yang jika digunakan sebagai scrub, bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Melakukan eksfoliasi dengan scrub akan membuat kotoran dan sel-sel kulit mati akan luruh. Cara ini akan membuat wajah kamu tampak lebih bersih, bersinar, dan sehat. Bila ingin hasil yang optimal, kamu bisa menambahkan lidah buaya, minyak almond, atau bahan alami lainnya sesuai selera.

Cara membuat scrub garam ini cukup mudah, cukup dengan menuangkan cuka apel secukupnya ke sebuah wadah dan tambahkan 1/8 cangkir garam. Potong 1-2 tangkai daun mint segar. Masukkan potongan daun tadi ke dalam campuran garam dan cuka apel. Aduk semua bahan tersebut hingga berbentuk seperti pasta kental.

Cara menggunakannya, oleskan scrub garam ke permukaan kulit seperti kamu biasanya memakai scrub wajah. Pijat lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat. Agar manfaat air garam untuk wajah bisa maksimal dan tidak malah menimbulkan masalah kulit, selalu gunakan peralatan yang bersih ketika membuat perawatan kulit ini.

5 dari 6 halaman

Membersihkan Pori-pori

Manfaat air garam untuk wajah selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai toner atau penyegar. Garam berfungsi untuk membantu membersihkan pori-pori secara mendalam untuk menyeimbangkan produksi minyak dan menghalau bakteri pamicu jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat air garam untuk wajah ini kamu perlu mencampurkan garam laut sebanyak satu sendok makan dengan empat ons air hangat ke dalam botol semprot. Setelah itu gunakan campuran ini untuk mengatasi kulit kering dan membersihkan wajah sekaligus penyegar.

6 dari 6 halaman

Mengontrol Kadar Minyak Berlebih

Manfaat air garam untuk wajah juga bisa kamu gunakan sebagai sabun cuci muka. Bahkan, berbagai produk kecantikan pun sudah mulai mengeluarkan sabun cuci muka yang berbahan dasar garam laut.

Alasannya, karena garam mengandung berbagai nutrisi penting sebagai kunci untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kemampuan alami garam laut yang bisa mencegah timbulnya jerawat serta mengontrol kadar minyak berlebih di wajah, juga menjadi alasan lain pemilihan garam sebagai bahan alami sabun cuci muka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini