Sukses

13 Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Diet serta Kecantikan Alami

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang indah memang idaman banyak wanita. Begitu juga dengan kecantikan alaminya. Ternyata, kedunya bisa didapat dari manfaat kayu manis dan madu untuk diet serta kecantikan alami. Kandungan kayu manis dan madulah penyebabnya. 

Kayu manis memiliki antioksidan cukup tinggi, seperti polifenol dengan sifat antimikroba dan antiparasit. Sedangkan madu, memiliki kandungan gula alami yang sangat cocok untuk diet. Termasuk memiliki asam amino, antioksidan, vitamin, dan mineral. Perpaduan keduanya sangat bisa diandalkan untuk perawatan tubuh. Sehingga tidak heran, jika banyak manfaat kayu manis dan madu untuk diet serta kecantikan.

Meski sangat bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif. Namun, sebelum menggunakan manfaat kayu manis dan madu untuk diet serta kecantikan, konsultasikan dahulu. Konsultasikan dulu dengan dokter agar lebih aman penggunaannya.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat kayu manis dan madu untuk diet serta kecantikan alami dari berbagai sumber, Jumat (22/5/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Diet

Diet atau Turunkan Berat Badan

Manfaat kayu manis dan madu untuk diet ternyata bisa sangat diandalkan. Keduanya diyakini bisa membantu penurunan lemak/pengurangan lingkar pinggang. Kayu manis juga bisa membantu mengurangi respons negatif tubuh terhadap makanan berlemak tinggi. Hal ini disebabkan karena kayu manis memiliki zat Cinnamaldehyde. Zat ini berguna membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Menurut Journal of Diabetes Science and Technology, kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula. Sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes tipe 2. Terutama untuk mengontrol kondisi dan kenaikan berat badannya

Cara pertama, agar bisa merasakan manfaat kayu manis dan madu untuk diet, yakni dengan merebus keduanya. Rebuslah kayu manis dan minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.

Cara kedua, agar bisa merasakan manfaat kayu manis dan madu untuk diet, yakni meminumnya saat perut kosong. Masukkan kayu manis batangan atau bubuk ke dalam air panas selama setengah jam. Pastikan juga air telah mendingin sebelum menambahkan madu.

Sebab suhu tinggi dapat menonaktifkan enzim nutrisi madu. Disarankan rasio kayu manis dengan madu adalah dua banding satu. Serta, minum perpaduan keduanya saat perut kosong sebelum sarapan. 

3 dari 7 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kecantikan

Mencegah Penuaan

Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan pembentukan kolagen, meningkatkan elastisitas, dan hidrasi kulit. Bisa mencegah kerutan, penggelapan, dan tampilan penuaan kulit.

Jadi, minum air rebusan kayu manis juga bisa melawan penuaan kulit. Efek antibakteri pada kayu manis juga dapat menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Masker Jerawat

Kayu manis telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Berupa sinar UV matahari dan polusi udara. Penyebab penuaan dini dan jerawat yang meradang.

Kayu manis juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiparasit. Ampuh melawan bakteri penyebab jerawat. Memiliki sifat penyembuh luka yang bisa mencegah pada bekas jerawat. 

Cara penggunaannya, campur tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

4 dari 7 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kecantikan

Pelembab Bibir Alami

Selain itu, bisa digunakan untuk pelembap bibir alami. Pelembab bibir dengan kayu manis mungkin terdengar aneh. Namun, pelembab ini cocok untuk bibir kering dan pecah-pecah.

Penggunaannya mudah, hanya perlu mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak kelapa/madu. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir secara rutin.

Melembabkan Kulit

Selain untuk mengatasi jerawat, bisa juga untuk melembabkan kulit. Kulit kering dan bersisik terutama. Kulit bersisik dapat mengurangi rasa percaya diri. Bahkan, bisa menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Gunakanlah lulur untuk mengatasinya. Campurkan garam laut, minyak almond, minyak zaitun, madu, dan kayu manis.

5 dari 7 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kecantikan

Kulit Bercahaya

Kayu manis juga bisa digunakan sebagai foundation. Foundation agar kulit nampak bercahaya. Wajah glowing bisa dengan bantuan bubuk kayu manis ini. Caranya, bubuhkan bubuk kayu manis ke dalam foundation atau loose powder. Oleskan pada wajah untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Masker Rambut

Kayu manis bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Ampuh mengurangi risiko rambut rontok. Gunakanlah kayu manis sebagai campuran masker rambut agar bisa maksimal.

Cara membuat maskernya juga sangat mudah. Siapkan satu sendok kayu manis dan madu. Kemudian, campur dengan setengah cangkir minyak zaitun.

Tambahkan satu butir telur sebagai perekat. Lalu oleskan ke seluruh rambut. Diamkan 10 sampai 15 menit dan bilas dengan shampo sampai bersih. Rambut akan kembali sehat dan lebat.

6 dari 7 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kesehatan

Meringankan Kram Menstruasi

Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa kram menstruasi bisa diringankan dengan minum air kayu manis. Sebab, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi. Efektif membantu mengurangi rasa nyeri ini.

Meningkatkan Imunitas

Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Sifat antijamur, antibakteri, dan antivirusnya juga bisa menurunkan risiko penyakit. Terkait masalah jantung dan penyakit pernapasan.

Meredakan Sakit Gigi

Nyeri karena sakit gigi amatlah menyiksa. Sakit ini bisa diobati dengan minum air rebusan kayu manis. Terutama untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan gusinya.

7 dari 7 halaman

Manfaat Kayu Manis dan Madu untuk Kesehatan

Meningkatkan Pendengaran

Lansia bisa menjaga kesehatan pendengaran dengan kayu manis. Terutama dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab, tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran.

Mengobati Flu

Flu dan pilek adalah penyakit ringan yang bisa diobati dengan air hangat. Terutama air hangat yang dicampur dengan bubuk kayu manis dan madu. Minuman alami ini bisa membasmi virus penyebab flu. Serta, meluruhkan lendir-lendir di saluran pernapasan.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Selain manfaat kayu manis dan madu untuk diet, ternyata keduanya ampuh untuk mengobati infeksi. Terutama mengobati infeksi saluran kemih ini. Sifat antibakteri kayu manis penyebabnya. Caranya, dengan mencampurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan madu. Campurkan keduanya dalam segelas air hangat dan kemudian diminum secara rutin.