Sukses

7 Manfaat Bayam Merah untuk Bayi, Baik Dijadikan Makanan Pendamping ASI

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bayam merah untuk bayi dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisinya. Bayam dikenal mengandung banyak nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, fosfor, tiamin, folat, kalium, magnesium, natrium, asam pantotenat, niacin, riboflavin, besi, selenium, tembaga dan mangan. 

Bayam juga kaya antioksidan. Bahkan, khusus bayam merah, kandungan mineral kalsium, vitamin B3 (niasin) dan antosianin-pigmen alaminya lebih tinggi dibandingkan bayam hijau. Bayam merah tentunya baik dijadikan MPASI dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut.

Bahkan bayam merah memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin adalah jenis flavonoid, sejenis senyawa dengan efek antioksidan. Kandungan ini ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran dan memberi warna merah, ungu, dan biru.

Manfaat bayam merah untuk bayi bisa dijadikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Apalagi, daun dan batang bayam merah mengandung cairan merah. Sayuran sehat satu ini memiliki rasa manis dan teksturnya sangat halus.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/5/2020) tentang manfaat bayam merah untuk bayi

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menyehatkan Rambut

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat bayam merah untuk bayi yang pertama adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan tubuh bayi dalam masa perkembangan sangat rentan terkena berbagai penyakit jika kesehatannya tidak terjaga dengan baik.

Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi secara alami, kamu bisa menjadikan bayam merah sebagai MPASI.  Bayam merah memiliki beberapa jenis vitamin B yang baik untuk membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Beberapa jenis vitamin B tersebut adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6. Vitamin B6 dapat membantu memperbaiki kerja metabolisme tubuh dan sistem saraf agar bisa menjadi lebih baik dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih maksimal.

Menyehatkan Rambut

Manfaat bayam merah untuk bayi berikutnya adalah untuk menyehatkan rambut. Kandungan vitamin B dalam bayam merah dapat merangsang pertumbuhan rambut, baik pada bayi maupun orang dewasa.

Tidak hanya itu, dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi, membuat bayam merah bermanfaat untuk menguatkan akar dan membuat rambut lebih sehat.

3 dari 4 halaman

Membantu Pertumbuhan dan Mempercepat Penyembuhan Luka

Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Bayam merah mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk pertumbuhan anak dan bayi. Dengan kandungan kalsium tersebut, manfaat bayam merah untuk bayi dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain itu, bayam juga bisa membantu membuat struktur tulang menjadi lebih padat dan kuat. Memberikan bayam merah untuk bayi secara teratur sebagai Makanan Pendamping ASI dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Bayam merah bahkan berguna untuk mencegah osteoporosis pada orang dewasa. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan osteoporosis. Sehingga dengan mengonsumsi bayam merah dapat mencegah osteoporosis.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat bayam merah untuk bayi juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Dalam masa kembang bayi, seringkali bayi terkena sesuatu yang bisa menyakitkan dirinya sendiri. Hal ini karena bayi semakin berkembang, dari merangkak hingga nantinya bisa berjalan sendiri.

Dalam proses perkembangan ini, tubuh bayi sangat membutuhkan asupan vitamin yang bisa menjaga kondisi tubuh, terutama ketika bayi mengalami luka. Kandungan Vitamin C dalam bayam merah sangat membantu dalam masalah saat bayi mengalami luka.

4 dari 4 halaman

Menyehatkan Pencernaan, Mencegah Kanker, dan Baik untuk Ibu hamil

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat bayam merah untuk bayi berikutnya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Bayam merah sangat bermanfaat untuk proses pencernaan. Hal ini karena bayam merah kaya akan serat yang mampu melancarkan pencernaan.

Serat membantu mengatur pergerakan usus dengan membersihkan usus besar. Bayam merah akan mencegah berbagai masalah pencernaan seperti, sembelit, mencegah kanker usus besar, diabetes dan kolesterol.

Mencegah Kanker

Bayam merah memang memiliki kandungan nutrisi yang begitu melimpah. Bayam merah mengandung asam amino esensial, zat besi, magnesium, fosfor, Vitamin E, potasium dan Vitamin C.

Manfaat bayam merah untuk bayi dipengaruhi oleh berbagai kandungan tersebut, termasuk untuk mencegah kanker. Sayuran ini bahkan juga kaya akan antosianin yang memang bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker.

Nutrisi dalam bayam merah ini membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi bayam merah secara teratur dapat membantu mencegah kanker tidak hanya pada bayi.

Baik untuk Ibu hamil

Manfaat bayam merah untuk bayi berikutnya berkaitan dengan kesehatan ibu hamil. Mengonsumsi bayam merah tidak hanya meningkatkan kesehatan ibu, tetapi juga janin. Vitamin dan mineral yang terdapat pada bayam merah sangat penting bagi kehamilan.

Konsumsi bayam dua kali seminggu selama kehamilan dapat mengurangi risiko anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Ini juga membantu perkembangan otak janin dan kelancaran persalinan. Konsumsi bayam selama menyusui juga membantu meningkatkan kualitas ASI.

Itulah beberapa manfaat bayam merah untuk bayi yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menggunakan bayam merah sebagai Makanan Pendamping ASI.