Sukses

6 Potret Makam Para Nabi sebagai Utusan Allah SWT, Jadi Tempat yang Disucikan

Liputan6.com, Jakarta Nabi adalah manusia yang memperoleh wahyu dari Tuhan tentang agama dan misinya. Lebih khusus lagi terdapat istilah rasul yang dalam agama Islam dibedakan bahwa rasul memiliki kewajiban untuk menyampaikan ajaran yang diterima dari Allah SWT.  

Dalam ajaran agama Islam, Nabi ialah seorang yang diberi wahyu oleh Allah SWT untuk melanjutkan syari'at yang diemban oleh rasul sebelumnya. Berbeda dengan Rasul yang membawa risalah (syari'at) baru. Al Quran menyebut beberapa orang sebagai nabi. Nabi pertama adalah Adam, sedangkan nabi sekaligus rasul terakhir ialah Nabi Muhammad. Percaya kepada para nabi dan para rasul merupakan salah satu Rukun Iman dalam Islam.

Jumlah nabi yang harus diketahui sesuai yang disebut dalam Al Quran adalah 25 nabi. Menjadi utusan Allah SWT, tak heran jika berbagai loksi yang dijadikan makam para nabi selalu ramai dikunjungi banyak orang di seluruh dunia. 

Berikut ini 6 potret makam para nabi sebagai utusan Allah SWT yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (22/5/2020). 

2 dari 7 halaman

1. Salah satu makam yang paling banyak dikunjungi oleh orang di dunia yakni makam Rasulullah SAW di Madinah, Arab Saudi.

3 dari 7 halaman

2. Makam Nabi Ibrahim yang berlokasi di Hebron, Palestina juga menjadi lokasi yang banyak dikunjungi.

4 dari 7 halaman

3. Berada di Bukit Zion, Yerusalem, yang menyatu dengan sebuah masjid, makam Nabi Daud diklaim sebagai situs suci umat Yahudi.

5 dari 7 halaman

4. Makam Nabi Nuh juga sering dikunjungi yang berada di Lebanon.

6 dari 7 halaman

5. Makam Nabi Harun yang tampak sederhana ini kabarnya berlokasi di Puncak Jabal Harun, Yordania.

7 dari 7 halaman

6. Sedangkan makam Nabi Musa berada di Gunung Nebo, Palestina. Dari gunung itu dapat melihat Laut Mati, Kota Hebron, Ramallah dan Jericho.