Sukses

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar serta Langkah Penulisannya

Liputan6.com, Jakarta Contoh kata pengantar bisa kamu jadikan pedoman yang akan membantu dalam membuat kata pengantar yang baik dan benar. Dengan memahami contoh kata pengantar tersebut, maka akan membuat tujuan dari makalah atau sebuah tulisan ilmiah menjadi tersampaikan maksud dan tujuannya.

Di dalam contoh kata pengantar itu sendiri, terdapat beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Tahapan tersebut yang akan menyebabkan efektif tidaknya sebuah kata pengantar. Umumnya, kata pengantar tersebut bertujuan untuk mengucapkan rasa terima kasih.

Ucapan terima kasih itu juga beragam, namun biasanya berupa ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang membantu dalam kelancaran sebuah penelitian. Selain itu, pada beberapa contoh kata pengantar juga terdapat berbagai ucapan rasa syukur atas selesainya sebuah karya tulis.

Selain berbagai ucapan terima kasih, pada beberapa contoh kata pengantar juga tertulis deskripsi singkat tentang isi dari karya tulis. Dan pada kata penutup dari kata pengantar terdapat terdapat permohonan maaf karena kekurangan serta kesalahan yang mungkin dilakukan penulis pada karya tulis tersebut.

Namun, satu hal yang terpenting ketika membuat sebuah kata pengantar, usahakan bahasa yang digunakan jangan bertele-tele dan tidak perlu terlalu panjang. Usahakan kata pengantar cukup singakat namun informatif mengenai berbagai poin penting yang ada di dalam makalah.

Agar kamu tidak bingung saat membuat kata pengantar, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum contoh kata pengantar yang umum digunakan, serta apa saja langkah dalam menulis kata pengantar tersebut, Rabu (27/5/2020).

2 dari 4 halaman

Contoh Kata Pengantar Versi 1

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh”.

Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas dari Ibu Karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah mempercayakan tugas ini kepada penulis, sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

 

Yogyakarta, 19 April 2018

 

 

Penulis

3 dari 4 halaman

Contoh Kata Pengantar Versi 2

Kata Pengantar

Rasa syukur senantiasa kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman serta kesehatan, sehingga penulis diberi waktu dalam menyelesaikan karya tulis dengan judul “Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja”.

Tidak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini. Ucapan terima kasih ini penulis sampaikan kepada:

 

1. Bapak Drs. Achmad Zuliani M.B.A., Ph.D. selaku dosen yang mempercayakan penulisan topik karya tulis tersebut.

2. Bapak Suriyatno Handoko B.Eng selaku narasumber pada karya tulis tersebut.

3. Tidak lupa, kedua orang tua yang telah memberikan dukungan serta doa yang tidak henti-hentinya kepada penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini.

4. Rekan kerja yang membantu terlaksananya penelitian dari karya tulis ini.

 

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dan pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan juga masih banyak kesalahan yang penulis yakini ada di luar batas kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima kritik serta saran dari para pembaca.

 

Jakarta, 8 Agustus 2017

 

Penulis

4 dari 4 halaman

Langkah yang Harus Diperhatikan

1. Paragraf Pembuka

Biasanya, pembuka terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Paragraf pembuka umumnya berisi ucapan syukur penulis karena karya tulisnya telah selesai. Setelah ucapan syukur lalu dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu proses penulisan. Dan biasanya urutan penulisan pihak yang terlibat berdasar seberapa besar keterlibatan pihak tersebut saat proses penulisan.

2. Isi

Bagian isi biasanya akan dijelaskan beberapa hal singkat mengenai karya tulismu. Umumnya akan ada beberapa poin seperti judul karya tulis serta alasan mengapa menulis topik tersebut. Namun, kamu tidak perlu menjelaskan karya tulismu secara rinci dan detail. Cukup jelaskan garis besarnya saja.

3. Penutup

Bagian ini merupakan bagian yang biasanya berisi harapan dari penulis. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan apa saja harapanmu melalui karya tulis ini.

Lalu, pada penutup ini juga bisa dijelaskan sedikit apa saja manfaat yang bisa diberikan dari karya tulis yang telah kamu buat. Dan biasanya, pada bagian penutup juga terdapat beberapa hal seperti permohonan maaf kepada beberapa pihak yang telah membaca karya tulis tersebut, baik kesalahan penulisan seperti gelar, istilah, dan nama.

Bagian penutup yang disertai dengan permintaan maaf ini penting untuk dicantumkan, karena kondisi penulis yang mungkin tidak dapat bertemu langsung dengan para pembacanya, maka bisa melampirkan permohonan maaf tersebut di kata pengantar.

Cukup mudah bukan untuk memhami contoh kata pengantar dan langkah-langkahnya di atas? Nah, jadi selamat mencoba dan jangan lupa untuk memperhatikan tiap ejaan yang ada pada tulisan tersebut.