Sukses

Ini Cara Tetap Meningkatkan Keimanan Usai Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan telah usai. Bulan penuh keberkahan ini selalu dirindukan oleh kaum muslimin. Banyak kaum muslimin berlomba-lomba meraih amal selama bulan Ramadan. Namun, saat usai, tak jarang dari mereka yang menurunkan ketakwaanya. 

Padahal alangkah baiknya usai bulan Ramadan kita tetap mempertahankan tingkat keimanan dengan beberapa amalan. Dilansir Liputan6.com, berikut amalan yang baik dilakukan untuk mempertahakan iman usai bulan Ramadan. 

Puasa di bulan Syawal

Setelah menjalankan puasa sebulan penuh pada bulan Ramadan, kamu bisa melanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal. Hal ini merupakan bentuk amalan setelah melaksanakan bulan Ramadan. Dimana bagi umat muslim yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala seperti berpuasa setahun penuh. Hal ini sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW, berbunyi: 

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan, kemudian ia ikuti dengan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapat pahala seperti puasa setahun penih.” (HR Muslim).

Puasa sunah

Selain puasa di bulan Syawal, amalan lain yang bisa kamu lakukan ialah melaksanakan puasa sunah. Salah satu yang bisa kamu lakukan ialah puasa Senin Kamis. Untuk melaksanakannya tidak jauh berbeda dengan saat bulan Ramadan. 

Perlu diketahui manfaat puasa sunah satu ini tidak hanya sebagai bekal untuk di akhirat kelak, namun juga bisa menjaga kesehatan fisik dan mental.

Salat lima waktu dan salat malam 

Saat bulan Ramadan tahun ini kita diwajibkan beraktivitas di rumah saja. Hal itu dimanfaatkan untuk semangat tetap menjalankan salat lima waktu dan salat malam selama bulan Ramadan. Namun, acapkali usai bulan Ramadan, beberapa orang meninggalkan ibadah itu. 

Nah, usai bulan Ramadan tak ada salahnya kamu lebih giat lagi untuk menjalankan ibadah ini. Kamu bisa lebih on time untuk salat lima waktu dan untuk salat malam kamu bisa gunakan alarm agar menjadi penngingat. Berat mungkin, tetapi jika dilaksanakan sebagai rutinitas akan terasa mudah. 

Baca Al-Qur'an

Terakhir kamu bisa melaksanakan amalan setelah bulan puasa ialah rutin membaca Al-Qur'an. Biasanya, banyak kaum muslim semangat membaca Al-Qur'an selama bulan Ramadan. Nah, hal itu bisa terus ditingkatkan setelah bulan Ramadan. 

Kebiasaan baik ini tentunya tak ingin hanya dirasakan saat bulan Ramadan saja, bukan? Ya, semangat membaca Al-Qur'an bisa terus kamu terapkan walaupun bulan Ramadan telah berakhir. Begitu banyak keutamaan yang bisa kamu peroleh jika berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Nah, dengan kemajuan zaman, kamu bisa membaca Al Quran melalui smartphone atau aplikasi seperti di Tokopedia. Kamu cukup membuka ponsel dan memilih surat yang ingin kamu baca. Di sana, kamu juga bisa membaca arti dari ayat-ayat Al-Qur'an yang kamu baca. 

Selain itu, Tokopedia juga dilengkapi dengan jadwal sholat hari ini. kamu tinggal membukanya dan melihat kapan waktu salat. Tokopedia juga menyediakan bayar Zakat Maal. Di sana, kamu bisa membayar secara online dan mengetahui perhitungannya. 

Kalau sudah begitu, sudah mudah bukan menjalankan kebiasaan baik usai bulan Ramadan. 

Yuk, tingkatkan keimananmu dengan amalan ini. 

 

(*)