Sukses

10 Penyebab Kulit Wajah Kering, Kenali Faktor Risikonya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kulit wajah kering perlu dikenali dengan tepat. Kulit kering pada wajah bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Penyebab kulit wajah kering secara umum disebabkan kerena kulit tidak memiliki cukup minyak untuk menjaga kelembapannya.

Kulit kering bisa terasa gatal, terlihat bersisik, bergelombang atau bercak merah. Kulit kering dapat diatasi dengan beberapa metode berbeda. Opsi perawatan terbaik akan tergantung pada penyebab kulit wajah kering dan tingkat keparahannya.

Penyebab kulit wajah kering bisa dipicu banyak hal. Seseorang mungkin memiliki tipe kulit wajah kering sejak lahir. Namun, beberapa faktor juga dapat menjadi Penyebab kulit wajah kering. Penyebab kulit wajah kering dapat diklasifikasikan dalam faktor eksternal dan internal.

Faktor eksternal adalah penyebab kulit wajah kering mendasar yang paling umum dan paling mudah ditangani. Sementara faktor internal meliputi kesehatan secara keseluruhan seperti usia, genetika, riwayat medis keluarga, dan riwayat pribadi.

Berikut penyebab kulit wajah kering seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/5/2020).

2 dari 6 halaman

Penyebab kulit wajah kering mendasar

Dilansir dari Medical News Today, kulit secara alami menghasilkan minyak yang disebut sebum. Sebum pada kulit penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi. Ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak, ia dapat menyebabkan jerawat. Namun, jika kulit tidak memiliki cukup sebum, ia akan menyebabkan kekeringan.

Penyebab kulit wajah kering terjadi ketika kulit tidak memiliki cukup sebum untuk menjaga kelembapannya. Kulit kering dapat menyerang siapa saja kapan saja, meski faktor genetik juga bisa berpengaruh.

Kulit kering yang parah bisa menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Kulit yang pecah dapat memungkinkan bakteri masuk ke dalam tubuh, menyebabkan infeksi.

3 dari 6 halaman

Penyebab kulit wajah kering eksternal

Faktor eksternal merupakan penyebab kulit wajah kering yang paling umum terjadi. Faktor eksternal termasuk suhu dingin, kelembapan udara, cara perawatan kulit, hingga penggunaan produk perawatan yang salah. Berikut faktor eksternal penyebab kulit wajah kering:

Suhu dan kelembapan udara

Orang yang tinggal pada daerah dengan suhu dan kelembapan rendah cenderung memiliki kulit kering. Kondisi ini tak hanya terjadi pada orang yang hidup pada wilayah empat musim. Di negara tropis seperti Indonesia, seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara, risiko kulit kering semakin meningkat. Penggunaan AC yang terlalu sering juga bisa menjadi faktor penyebab kulit kering.

Cuci muka dengan air terlalu panas

Sering mencuci muka dengan air panas juga dapat mengangkat kelembapan alami kulit. Ini membuat kulit cenderung kering setelah mencuci muka.

4 dari 6 halaman

Penyebab kulit wajah kering eksternal

Penggunaan sabun atau bahan antiseptik berlebihan

Sering mencuci muka dengan sabun juga dapat menghilangkan kelembapan alami kulit. Semakin sering terkena sabun, semakin banyak lapisan minyak pada kulit yang hilang. Hal yang sama juga terjadi ketika kamu berlebihan menggunakan bahan antiseptik.

Terlalu sering scrubbing

Scrubbing penting untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Namun melakukannya terlalu sering justru dapat merusak kulit. Terlalu sering menggosok kulit dapat menipiskan sebum dan menyebabkan kulit kering.

Penggunaan perawatan wajah yang mengandung parfum dan alkohol

Perawatan wajah yang mengandung parfum dan alkohol dapat menyebabkan wajah kering. Parfum juga memiliki kecenderungan untuk mengiritasi kulit kering atau memperburuknya. Baca label dengan cermat. Pastikan memilih produk perawatan wajah bebas alkohol dan parfum.

5 dari 6 halaman

Penyebab kulit wajah kering internal

Penyebab kulit wajah kering internal meliputi kesehatan secara keseluruhan, usia, genetika, riwayat keluarga, dan riwayat pribadi dari kondisi medis lainnya seperti dermatitis atopik. Penyebab kulit wajah kering internal lebih sulit diatasi karena merupakan kondisi bawaan seseorang. Berikut penyebab kulit wajah kering internal:

Usia

Menurut Mayo Clinic, seseorang yang berusia 40 tahun atau lebih memiliki risiko tinggi terhadap kulit kering. Lebih dari 50 persen orang dewasa yang lebih tua memiliki kulit kering. Seiring bertambahnya usia, kulit memang menghasilkan lebih sedikit minyak dan semakin kering.

Genetik

Kulit kering juga bisa diturunkan dari orang tua. Para peneliti mengatakan bahwa kulit kering dapat diwariskan. Orang tua yang memiliki kulit kering memiliki risiko menurunkannya pada anak.

Dermatitis

Dermatitis adalah istilah umum untuk peradangan kulit. Jenis dermatitis yang bisa menyebabkan kulit wajah kering diantaranya adalah dermatitis kontak, dermatitis seboroik, dan dermatitis atopik. Masalah kulit seperti psoriasis dan eksim juga dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kekeringan.

6 dari 6 halaman

Penyebab kulit wajah kering eksternal

Penyakit tiroid

Penyakit tiroid seperti hipotiroidsme dapat menyebakan kulit kering. Tiroid yang kurang aktif memengaruhi kulit dengan berbagai cara dan dapat menyebabkan gejala seperti kulit kering dan kasar. Penderita hipotiroidisme juga dapat mengalami rambut kering, rapuh, dan kasar atau kuku tipis yang mudah patah.

Pengobatan tertentu

Kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh minum beberapa obat juga. Beberapa contoh adalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, alergi, dan obat jerawat.